Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ladies! Ini Cara Smart Cegah dan Atasi Kondisi Darurat Saat Berkendara

Termasuk jangan lupa untuk menjamin mobilmu, ya!

Ayu Utami

Berdasarkan pengalaman pribadi memiliki mobil, memang memiliki mobil gaya klasik, punya gayanya tersendiri. Namun sayangnya, semakin tua usia kendaraan, maka semakin banyak pula suku cadang yang mulai menua, harus diganti atau perlu perbaikan. Hal ini termasuk tidak bisanya kendaraan diasuransikan karena usianya yang terlalu tua.

Maka dari itu, ketika Hyunda memberikan beragam kemudahan pembelian mobil sekaligus perlindungannya, Popbela langsung meluncur ke GIIAS 2024 pada Rabu (25/07/2024). Selain melihat Hyundai Kona terbaru, Popbela juga mendapat tips apa saja cara efektif hadapi kondisi darurat saat berkendara.

1. Jangan langsung jalan, cek dulu kendaraanmu

Dok. Hyundai Motors Indonesia

Terutama buat kamu yang suka mengisi bahan bakar ketika garis di bawah E, ini penting sekali, ya. Untuk mencegah masalah pada mobil saat berkendara—misalnya mogok di tengah jalan—kamu memang perlu rutin mengecek kondisi kendaraan, khususnya saat akan dikendarai. Antara lain; cek kelengkapan surat, kondisi mesin, tekanan udara pada ban, air radiator, hingga mengatur jok, kaca spion, dan sabuk pengaman.

Lalu dalam memeriksa kesehatan kendaraan, pemilik kendaraan Hyundai bisa pakai aplikasi Hyundai Bluelink di smartphone. Fitur canggih Hyundai Bluelink didesain untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil lewat pemeriksaan mobil yang praktis, seperti Manual & Automatic Diagnostic Check, Driving Information, serta Active Vehicle Status Information. Khusus pemilik mobil listrik Hyundai, terdapat fitur Battery Charging Status untuk cek info-info penting seputar baterai kendaraan.

Nah, untuk menghindari berbagai masalah mobil dalam jangka panjang, termasuk mencegah mogok, jangan lupa untuk selalu rajin melakukan perawatan berkala tepat pada waktunya di bengkel-bengkel resmi. Pastikan juga untuk selalu menggunakan suku cadang asli dan resmi, agar kualitas komponen dan usia awet kendaraan tetap terjaga.

Hyundai sendiri memiliki layanan Service @myHyundai melalui aplikasi myHyundai Indonesia. Di sini, pelanggan bisa akses layanan aftersales dengan lebih praktis berkat fitur-fitur seperti Service Reminder, Booking Service, Service Payment, Service Process, dan Service History. Bahkan, kamu bisa beli aksesori langsung dari aplikasi myHyundai Indonesia, lho!

Namun, jika kamu terkendala jarak dan waktu untuk melakukan servis kendaraan, Hyundai juga punya Mobile Service yang mendatangkan berbagai layanan perawatan berkala dan servis kendaraan langsung ke lokasi pelanggan. Layanan ini bertujuan melayani pemilik kendaraan yang tidak dapat langsung datang ke dealer. Hyundai kini telah menyediakan 90 unit kendaraan Mobile Service yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tenang dalam menghadapi kondisi darurat

Dok. Hyundai Motors Indonesia

Oke, Popbela akui memang tidak mudah untuk bisa tetap tenang jika terjadi sesuatu dengan mobil kita saat posisi kita sedang mengendarainya. Namun, jika mobil tiba-tiba tersendat atau mogok di tengah jalan, atau ketika mobil menunjukkan keanehan seperti akselerasi yang tertahan atau transmisi yang tidak halus, langsung kurangi kecepatan kendaraan secara perlahan dan menepi ke pinggir jalan di lokasi yang aman.

Tekan juga tombol lampu hazard (segitiga warna merah) untuk menunjukkan bahwa mobil sedang mengalami masalah. Setelahnya, pengemudi bisa menghubungi layanan darurat agar mendapatkan bantuan yang diperlukan dalam mengatasi masalah pada mobil.

Memahami risiko berkendara ini, Hyundai hadir dengan inovasi aftersales ‘Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin’. Melalui Hyundai Jaga, Hyundai menghadirkan layanan aftersales yang lengkap untuk berbagai kendala yang dihadapi pelanggan.

Pelanggan Hyundai bisa memanfaatkan Call Center Hyundai di 0800-1-878-878 (bebas pulsa) kapan pun dan di mana pun untuk mendapatkan bantuan atas keluhan produk dan layanan. Pelanggan bisa menghubungi Call Center Hyundai untuk akses layanan Gratis 24 Jam Roadside Assistance di kondisi darurat hingga pesan layanan Mobile Charging Service (layanan darurat pengisian daya kendaraan listrik Hyundai).

No hoaks, real service only!

Dok. Hyundai Motors Indonesia

Nah, ladies, bagi kamu yang tidak familiar dengan kegiatan ke bengkel dan takut dibohongi, Hyundai termasuk merek kendaraan yang sadar betul dengan kebutuhan perempuan. Contohnya saja, Hyundai juga menghadirkan layanan aftersales lain yang meliputi body & paint service, garansi dasar, gratis biaya jasa perawatan, gratis suku cadang, serta ketersediaan Hyundai Genuine Accessories. Adapun detail layanannya sebagai berikut:

  • Body & Paint Service yang dimiliki Hyundai melalui jaringan bengkel Body & Paint dengan jangkauan yang luas dan dapat ditemukan di Authorized Body & Paint Workshop dan Appointed Body & Paint Workshop.
  • Garansi Dasar selama 3+1 tahun atau 100.000 KM (mana yang tercapai lebih dulu).
    Gratis biaya jasa perawatan selama 5 tahun atau 75.000 KM (mana yang tercapai lebih dulu).
  • Gratis suku cadang untuk perawatan berkala selama 3+1 tahun atau 60.000 KM (mana yang tercapai lebih dulu).
  • Ketersediaan Hyundai Genuine Accessories untuk 12 item aksesori.

Sekali lagi, hal ini bisa kamu dapatkan di bengkel resmi ya, biar tidak dibohongi, deh!

Asuransi jaminan ketenangan batin pemilik kendaraan

Tentu kamu tahu, ada kalanya kejadian yang tidak menyenangkan terjadi saat mengendarai kendaraan secara sengaja maupun tidak disengaja, salah satunya kecelakaan. Maka dari itu, Hyundai hadir dengan manfaat dari Hyundai Jamin yang mampu membantu pelanggan dalam menghadapi kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan.

Hyundai Jamin menawarkan sampai berbagai manfaat yang meliputi Jamin ganti mobil baru, Jamin pelunasan cicilan, Jamin biaya medis konsumen, dan Jamin penggantian biaya ban. Ragam manfaat ini sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh pengguna CRETA dan STARGAZER, namun kini cakupannya semakin luas untuk pemilik kendaraan IONIQ 5, IONIQ 5 Batik, dan IONIQ 6. Berikut detailnya:

  1. Jamin ganti mobil baru*, yaitu  jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil Anda mengalami nilai kerusakan minimal 50%. Berlaku sampai dengan 1 tahun setelah mobil dikirim.
  2. Jamin pelunasan cicilan*, yaitu jaminan pelunasan pembiayaan selama masa tenor bagi pemilik kendaraan apabila mengalami kecelakaan. Berlaku khusus bagi pelanggan Hyundai Finance.
  3. Jamin biaya medis konsumen*, yaitu jaminan biaya perawatan medis bagi pengendara dan penumpang apabila mengalami kecelakaan. Jaminan ini berlaku untuk maksimal 7 orang dengan biaya hingga Rp100.000.000 per individu. Program ini berlaku hingga 1 tahun setelah mobil diterima pelanggan.
  4. Jamin penggantian biaya ban*, yaitu jaminan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama bagi pelanggan. Manfaat ini berlaku selama 1 tahun setelah serah terima kendaraan dan diberikan bila ban yang rusak akibat kecelakaan sudah tidak dapat digunakan lagi.

Kesimpulannya, jangan lupa untuk selalu cek kendaraan sebelum mengendarainya, kelengkapan surat, tetap waspada saat berkendara, jamin mobil kamu, agar ketika hal buruk terjadi pada kendaraan, kamu terhindar dari ribetnya biaya besar perbaikan kendaraan.

IDN Channels

Latest from Inspiration