Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lirik "Di Ambang Karam"- Amigdala, Penuh Rasa Bimbang 

Makna lagu "Di Ambang Karam" yang viral di TikTok

Nindi Widya Wati

"Saat kau ragu arah tuju 

Disitulah kau mulai terbawa arus" 

Sepenggal lirik tersebut dari lagu "Di Ambang Karam" milik Amigdala yang belakangan ini terpantau viral di media sosial. Lagu yang masuk dalam mini album Balada Puan ini dirilis band Amigdala sedari tahun 2018. 

Meski keberadaan band Amigdala kini telah berganti menjadi Pendarra, ternyata lagu-lagu di awal terbentuknya band itu masih menjadi kesukaan para pendengar musik di Indonesia. Lantas, seperti apa makna dari lagu "Di Ambang Karam"? Mari simak ulasannya berikut ini, Bela! 

"Di Ambang Karam" sebagai lagu karya Amigdala

Dok. Istimewa

Bila melihat peluncuran lagu "Di Ambang Karam", dibawa oleh band beraliran musik folk-pop asal Bandung bernama Amigdala. Band ini dibentuk pada 2016, yang terdiri dari Aya Canina sebagai vokalis, Iqbal Nuriana sebagai bassist, Arjunet Abdi Nugraha sebagai drummer, dan Isa Maula Elfasya sebagai vokal dua dan gitaris. 

Selang dua tahun mulai berkarier di industri musik Indonesia, Amigdala akhirnya bisa merilis mini album bertajuk Balada Puan. EP tersebut berisi lima lagu, yang di antaranya berjudul "Balada Puan", "Belenggu", "Di Ambang Karam", "Tuhan Sebut Sia-Sia", dan "Kukira Kau Rumah". 

Namun, Amigdala pada tahun 2023 telah berganti nama menjadi Pendarra. Perubahan tersebut akibat konflik internal yang muncul di antara personelnya. Meski begitu, lagu di album Balada Puan bisa didengar pula dalam daftar musik Pendarra yang kini digawangi oleh Arjunet Abdi Nugraha, Desianne Kinanthi, dan Iqbal Nuriana.

Makna lirik dari lagu "Di Ambang Karam"

Spotify

Lagu ini liriknya ditulis langsung oleh sang gitaris Isa Maula Elfasya dan musisi Andari Jamalina Pratami. Makna lirik dari lagu "Di Ambang Karam" menggambarkan sebuah hubungan yang dijalani dengan mengalir, tanpa ada arah dan tujuan. Hal ini yang menyebabkan hubungan tersebut berujung karam atau hilang.

Siapa sangka, dari mendalamnya makna lirik "Di Ambang Karam", kini membuat lagu tersebut mendadak viral di TikTok. Bahkan, musik video "Di Ambang Karam" yang tayang di kanal YouTube Pendarra meraih 2,4 juta penonton. 

"Di Ambang Karam" meroket di tangga musik Indonesia

Spotify

Dari lima lagu di mini album Balada Puan, secara perlahan memang berhasil menarik perhatian para penikmat musik Tanah Air. Termasuk, lagu "Kukira Kau Rumah" yang menjadi soundtrack film Kukira Kau Rumah (2022) dan berhasil tembus 250 juta pendengar di Spotify. 

Barulah, kini menjadi waktu untuk lagu "Di Ambang Karam" menemukan semakin banyak pendengarnya. Lagu yang tiba-tiba meroket di tangga musik Indonesia ini, bahkan menjadi lagu terpopuler kedua Amigdala di Spotify dengan mencapai lebih dari 27 juta pendengar. 

Kalau ingin menyanyikan lagu "Di Ambang Karam", mari simak liriknya berikut ini, Bela! 

Lirik lagu "Di Ambang Karam" - Amigdala

Spotify

Lirik lagu "Di Ambang Karam" - Amigdala

 

[Verse 1]

Jangan mau 'tuk mengalir

Sebab nanti kau akan terbawa arus

Jangan mau 'tuk berjalan

Sebab nanti kau akan hilang arah

Lalu tinggalah kau sendiri

 

[Pre-Chorus]

Dia bilang mengalir saja

 

[Chorus]

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Lalu hanyut dan hilang

 

[Verse 2]

Saat kau ragu arah tuju

Di situlah kau mulai terbawa arus

Dalam kamu kian tergerus

Kau tahu itu kau telah hilang arah

Lalu tinggalah kau sendiri

 

[Pre-Chorus]

Dia bilang mengalir saja

 

[Chorus]

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Mengalir, mengalir

Lalu hanyut dan hilang

IDN Channels

Latest from Inspiration