Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Review 'A Quite Place: Day One': Berubahnya Dunia Dalam Waktu Semalam

Bikin sesak nafas dan nggak berani bersuara saat nonton!

Niken Ari Prayitno

Bagaimana jadinya, jika dunia yang berisik tiba-tiba menjadi hening dalam waktu satu malam saja? Bahkan, siapa yang berisik atau mengeluarkan suara sekecil apapun, siap-siap saja menghadapi ajal mereka dalam waktu hitungan detik saja. Sebab, monster dari luar angkasa, yang entah bagaimana, bisa turun ke bumi dan menghabisi semua manusia jika ia berisik. 

Sinopsis A Quite Place: Day One: teror dari makhluk misterius untuk seseorang yang mengeluarkan suara

Dok. Paramount Indonesia

Kisah dimulai ketika Sam (Lupita Nyong'o) dan teman-temannya yang sama-sama menderita penyakit serius memutuskan untuk berjalan-jalan ke Manhattan. Mereka menaiki bus untuk menyaksikan pertunjukkan boneka demi menghilangkan sedikit penat dan pikiran negatif akibat penyakit yang masing-masing dideritanya.

Siapa sangka, perjalanan mereka di Manhattan malah berujung petaka. Ratusan meteor jatuh dan membawa makhluk aneh di tengah Kota Manhattan. Makhluk yang tidak diketahui bentuknya tersebut menyerang siapa saja yang mengeluarkan suara. Bahkan suara batuk sekali pun. 

Tentu saja, hal ini menimbulkan kepanikan di masyarakat. Mereka tak tahu apa makhluk itu dan bagaimana mengatasinya. Nggak heran dong, kalau dalam waktu satu malam saja ribuan orang meninggal dunia karena panik dan ratusan lainnya harus bersembunyi dalam sunyi agar selamat.

Apakah Sam akan selamat dari teror makhluk mengerikan itu? Bagaimana ia bertahan hidup di tengah perubahan yang mendadak dalam satu malam?

Prekuel A Quite Place yang tak cukup menjawab

Dok. Paramount Indonesia

Secara garis waktu, A Quite Place: Day One (sesuai namanya) terjadi jauh sebelum A Quite Place (2018) dan A Quite Place Part II (2020) terjadi. Dalam film yang naskahnya masih ditulis oleh John Krasinski ini, kita bisa melihat bagaimana dunia masih berjalan normal. Semua hal masih bisa mengeluarkan suara sebagaimana mestinya dan begitu bising di tengah padatnya hiruk pikuk keramaian Kota Manhattan.

Kita juga diajak melihat bagaimana perbedaannya sebelum dan setelah makhluk itu datang. Bagaimana paniknya masyarakat dan kebingungan mereka menghadapi situasi yang terjadi, benar-benar terekam dengan jelas di setiap adegannya. Adegan tersebut turut membuat kita ikut menahan nafas dan suara. Bahkan, membuat satu studio bioskop hening karena tak ingin melewatkan satu momen pun.

Sayangnya, saya terlalu berekspektasi jika film ini akan menceritakan pula asal muasal dari makhluk penebar teror tersebut, serta apa alasan mereka sampai tiba di bumi. Ternyata, sampai film ini berakhir, tidak ada satu pun penjelasan mengapa makhluk tersebut turun ke bumi atau penyebab sang monster tiba di dunia yang bising ini. 

Jadi, jika kamu menonton film ini untuk mencari jawaban soal bagaimana makhluk tersebut bisa sampai di bumi, pertanyaan kamu nggak akan terjawab. Karena film ini, hanya menceritakan kehidupan di bumi saat hari pertama sang monster menginvasi dunia.

Akting memikat Lupita Nyong'o

Dok. Paramount Indonesia

Selain masih menghadirkan atmosfer yang membuat penonton ikut tak bisa bernafas, satu hal yang membuat film ini layak mendapat pujian adalah akting Lupita Nyong'o yang benar-benar keren. Memerankan sosok Sam yang sedang sakit keras (bahkan mungkin tengah di ambang kematiannya), Lupita begitu meyakinkan menjalani setiap adegannya.

Bahkan, kita juga bisa melihat perubahannya dari sosok yang cukup tegar dengan menjalani pengobatannya, sampai hampir sekarat karena pasokan obatnya terpaksa terhenti karena teror yang melanda. 

Selain Lupita, tokoh utama lainnya yang membuat film ini semakin menarik adalah kehadiran Eric (Joseph Quinn). Eric bertemu Sam secara tak sengaja karena Eric mengikuti Frodo, kucing kesayangan Sam. 

Melalui Eric, kita bisa melihat bagaimana sosok yang mandiri pun bisa terlihat begitu panik saat ketakutan hebat melanda dirinya. Kedua tokoh utama ini benar-benar bisa membawa kita ikut merasa simpati, tersenyum, bahkan sedikit kesal dengan apa yang mereka lakukan saat di tengah teror.

Tetap bisa enjoy meski tak menonton film sebelumnya

Dok. Paramount Indonesia

Tertarik untuk menyaksikan film ini dan merasakan atmosfer hening hingga sesak nafas, Bela? Film ini sudah tayang di bioskop mulai 27 Juni 2024. Jika kamu tidak menonton dua film A Quite Place sebelumnya, tenang saja, Bela. Kamu sangat bisa mengikutinya sejak awal. Bahkan, setelah menonton A Quite Place: Day One, kamu akan penasaran bagaimana kehidupan setelah dunia benar-benar hening dan bagaimana cara survive-nya.

A Quite Place: Day One bahkan mendapat rating yang cukup baik di berbagai platform. IMdB memberikan skor 6.9/10, sementara Rotten Tomatoes memberikan rating 85%.

Dengan nilai dan rating tersebut, tentu membuatmu tergerak ingin menontonnya juga, kan, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration