Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

IMGS 2023 Sukses Digelar, Intip Keseruannya Lewat Potret Berikut Ini!

Kamu sempat datang di hari keberapa?

Niken Ari Prayitno

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023 telah terselenggara dengan sukses di tahun ini. Berlangsung di Pulau Satu & Dome Senayan Park Jakarta pada 24-26 November 2023, IMGS 2023 berhasil menjadi forum yang mempertemukan para pemimpin dari berbagai sektor mulai dari pemerintahan, swasta, hingga para insan yang bergelut di industri ekonomi kreatif.

Mengusung tema ‘Purposeful Progress’, IMGS 2023 tidak hanya menghadirkan sesi-sesi panel diskusi yang menginspirasi Millennial dan Gen Z di area Conference, tetapi juga mewadahi kreativitas mereka melalui berbagai kegiatan di area Festival bersama beragam komunitas. Sejumlah musisi membawakan lagu hits.

Berikut terangkum berbagai sesi dan kegiatan yang ada di IMGS 2023 dari hari pertama hingga terakhir. Simak, yuk!

Peluncuran Indonesia Millennial Report 2024 & Indonesia Gen-Z Report 2024

Dok. IDN Media

COO IDN Media William Utomo resmi meluncurkan Indonesia Millennial Report 2024 & Indonesia Gen-Z Report 2024 di sesi pembukaan IMGS 2023. William menjelaskan bahwa kedua report tersebut berisikan hasil riset seputar Millennial dan Gen-Z di Indonesia, mulai dari gaya hidup, cara pandang, nilai-nilai, hingga tantangan yang mereka hadapi. Melalui publikasi hasil riset ini, IDN Media berharap seluruh pihak bisa mempelajari dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh kedua generasi ini.

"Kedua report ini disusun bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai perilaku, tantangan dan kesempatan untuk Millennial dan Gen Z. Visi kami menyusun report ini adalah untuk mendemokratisasi akses terhadap informasi karena kami percaya bahwa semakin banyak yang dapat mengakses insight yang ada di report ini, semakin banyak orang yang dapat memperoleh pengetahuan mengenai perilaku Millennial dan Gen Z," ungkap William.

Panel diskusi bersama Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia

Dok. IDN Media

IMGS 2023 dengan bangga menghadirkan panel diskusi bersama Calon Presiden Republik Indonesia Ganjar Pranowo di sesi berjudul 'Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamic of the Pivotal 2024 Election'.

Dalam sesi ini, Ganjar membawa pengalaman dan perspektifnya selama berkecimpung di dalam dunia politik. Para pengunjung Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023 disuguhkan wacana yang menarik untuk mengungkap Pemilu 2024, peran Millennial dan Gen Z dalam pesta politik di Indonesia, serta potensi dampaknya terhadap masa depan bangsa. Dalam momen ini, Ganjar juga menegaskan pentingnya kritik yang konstruktif dalam memperbaiki kinerja pemerintahan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif.

"Pemimpin ya kalau dikritik, jangan baperan," tegas Ganjar.

Dok. IDN Media

IMGS 2023 juga mengundang Calon Presiden Republik Indonesia Anies Baswedan di conference bertajuk 'Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamic of the Pivotal 2024 Election'. Dalam sesi ini, Anies berkesempatan untuk menjelaskan tentang gagasan, pandangan, dan program kerjanya serta membahas dinamika politik Indonesia saat ini.

Anies juga menjelaskan kondisi Indonesia saat ini dan menyatakan bahwa Indonesia harus benar-benar menjadi negara hukum, bukan negara kekuasaan.

"Kita mau pilih mana, negara hukum atau negara kekuasaan. Supaya kekuasaan diatur oleh hukum. Bukan hukum diatur oleh kekuasaan," ungkap Anies, yang disambut tepuk tangan para pengunjung yang terdiri dari Millennial dan Gen Z.

Dok. IDN Media

Calon Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhaimin Iskandar juga hadir sebagai pembicara di sesi conference bertemakan 'VP Candidates: Powerful in Election, Powerful in Action?'.

Dipandu oleh Budi Adi Putro dan Arie Putra dari Total Politik, Muhaimin membocorkan bahwa Presiden Joko Widodo sempat menjodohkannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk berlaga di Pemilu 2024. Perjodohan itu terjadi sebelum Muhaimin akhirnya berpasangan dengan Anies Baswedan.

"Awalnya Pak Joko Widodo menjodohkan saya dengan Pak Prabowo," ujar Muhaimin. Namun, Muhaimin buru-buru memberi klarifikasi ketika menyadari telah membocorkan rahasia itu.

"Eh, sorry keceplosan gue!" seru Muhaimin yang direspons dengan derai tawa pengunjung.

Aldi Taher bikin pecah suasana

Dok. IDN Media

Aldi Taher menghibur para pengunjung IMGS 2023 dalam sesi 'Approaching 2024: The Countdown to a New Era'. Dalam momen tersebut, Aldi Taher menyanyikan sejumlah lagu dan melontarkan lawakan khasnya. Selain memberikan nasihat kepada Millennial dan Gen Z untuk siap mengambil action untuk menghadapi tahun 2024, Aldi Taher pun melontarkan sejumlah punchline andalannya.

"Semua orang bingung, nggak bingung kalau kita sudah di surga," canda Aldi Taher.

Penampilan spesial para musisi di Festival Stage

Dok. IDN Media

IDGITAF merupakan salah satu musisi yang hadir di perhelatan akbar IMGS 2023 hari pertama. IDGITAF menyanyikan sejumlah lagu andalannya di area Festival IMGS 2023. Seperti, "Kehilangan", "Satu-Satu", dan "Takut". Penonton pun terlarut menikmati suara merdu IDGITAF dan ikut bernyanyi bersama selama pertunjukan berlangsung.

Dok. IDN Media

Vierratale juga mengisi panggung Festival IMGS 2023 melalui serangkaian lagu hits mereka yang memukau penonton, salah satunya "Jadi yang Kuinginkan". Vierratale berhasil membawa nuansa nostalgia dan menciptakan kenangan indah dan bagi para pengunjung IMGS 2023.

Penampilan Vierratale dan IDGITAF merupakan persembahan dari Boss Creator, perusahaan musik dan festival terkemuka di Indonesia yang merupakan bagian dari ekosistem IDN Media.

Dok. IDN Media

JKT48 membawa nuansa yang penuh semangat dan energik melalui serangkaian lagu hits mereka di panggung area Festival 2023. Beberapa di antaranya, yakni "Shonichi", "Himawari", "Putri Duyung yang Sedih", dan "Aitakatta". Para penggemar menikmati lagu-lagu serta ikut bernyanyi bersama JKT48 selama acara berlangsung.

Sejumlah komunitas juga ramaikan IMGS 2023

Dok. IDN Media

Tak hanya sesi panel diskusi dan pertunjukan musik dari musisi-musisi ternama Tanah Air favorit Millennial dan Gen Z, IMGS 2023 juga menyuguhkan berbagai atraksi dan kegiatan dari komunitas yang tampil di area Festival. Salah satunya Asosiasi BMX Indonesia yang menampilkan berbagai atraksi menggunakan sepeda BMX.

Penampilan datang dari komunitas lainnya yaitu komunitas cosplay Kaiju Bop, komunitas kpop dance Invasion DC, dan komunitas cheerleading The A Team Cheerleading. Selain penampilan dari komunitas, di area Festival juga diadakan berbagai community competition dengan hadiah jutaan rupiah.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit adalah acara tahunan IDN Media yang bertujuan untuk mempertemukan para generasi Millennial dan Gen Z dengan tokoh inspiratif Indonesia dari berbagai latar belakang untuk berbagi wawasan, ide dan inspirasi demi membentuk masa depan Indonesia. IMGS 2023 ini diharapkan dapat menginspirasi Millennial dan Gen Z agar dapat semakin kreatif dan bersemangat untuk sama-sama berkarya demi mewujudkan cita-cita bangsa menjadi negara maju di tahun 2045.

IDN Channels

Latest from Inspiration