Wudu merupakan salah satu rukun wajib yang perlu dilakukan untuk menyucikan diri sebelum mulai beribadah. Secara bahasa, kata wudu' (الوُضوء) dalam bahasa Arab berasal dari kata al-wadha'ah (الوَضَاءَة) yang bermakna an-nadhzafah (النظافة) atau kebersihan.
Rasulullah SAW pun pernah berkata, "Tidaklah salat itu diterima apabila tanpa wudu."
Dalam Mazhab Syafi'i, disebutkan ada enam hal yang membatalkan wudu. Berikut di bawah ini keenam poin hal-hal yang membatalkan wudhu yang wajib kamu ketahui.
1. Keluar sesuatu dari dua lubang kemaluan
Dalam Kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja', disebutkan bahwa yang termasuk membatalkan wudu adalah apa pun yang keluar dari dua kemaluan (qubul dan dubur). Hal tersebut bisa apa saja, termasuk benda cair seperti air kencing, air mani, wadi, madzi, darah, nanah, atau cairan apa pun.
Bisa juga berupa benda padat seperti kotoran manusia, batu ginjal, cacing, dan najis yang wujudnya berupa benda gas, seperti kentut. Semuanya itu bila keluar lewat dua lubang qubul dan dubur, maka wudunya menjadi batal.
Allah SWT berfirman:
أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ
Artinya: "Atau bila salah seorang dari kamu datang dari tempat buang air." (QS. Al-Maidah: 6)
2. Tidur dalam keadaan tidak duduk
Masih dalam Kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja' (wafat 593 H), disebutkan bahwa yang termasuk membatalkan wudu adalah tidur dalam keadaan tidak menempatkan bokong atau pantat ke lantai. Dalil yang melandasi hal ini adalah sebagai berikut.
مَنْ نَامَ فَلْيَتَوَضَّأ. رواه أبو داود وابن ماجه.
Artinya: "Siapa yang tidur maka hendaklah dia berwudu." (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)
Hadis lain juga menyebutkan hal serupa, yakni sebagai berikut.
عَنْ أَنَسٍ رَضي الله عنه قاَلَ كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ الله يَنَامُونَ ثُمَّ يُصَلُّونَ وَلاَ يَتَوَضَّؤُنَ - رواه مسلم - وزاد أبو داود : حَتَّى تَخْفَق رُؤُسُهُم وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ.
Artinya: "Dari Anas radhiyallahu 'anhu berkata bahwa para sahabat Rasulullah SAW tidur kemudian salat tanpa berwudu." (HR. Muslim) Kemudian dari hadis tersebut Abu Daud menambahkan, "Hingga kepala mereka tertunduk dan itu terjadi di masa Rasulullah SAW."
3. Bersentuhan kulit dengan yang bukan mahram
Selanjutnya, disebutkan pula bahwa yang termasuk membatalkan wudu adalah sentuhan kulit antara pria dan perempuan yang bukan mahram. Namun, apabila sentuhan yang terjadi adalah menyentuh kuku, gigi, dan rambut perempuan, maka wudunya tidak batal.
Selain itu, sentuhan kulit dengan kain yang menghalangi, maka wudunya juga tidak batal. Begitu juga sentuhan dengan sesama mahram, wudunya tidak akan batal. Dalil yang melandasi hal ini adalah sebagai berikut.
عن ابن شهاب عن سالم بن عبد الله ابن عمر عن أبيه قال: قبلة الرجل امرأته وجسها بيده من الملامسة فمن قبل امرأته أو جسها بيده فعليه الوضوء. رواه مالك في الموطأ والبيهقي. وهذا إسناد في نهاية من الصحة.
Artinya: "Dari Ibnu Syihab dari Salim bin Abdullah bin Ibnu Umar dari Umar bin Khattab RA berkata: Mencium istri dan menyentuhnya termasuk Mulamasah. Siapa yang mencium istrinya atau menyentuhnya, maka wajib baginya berwudu." (HR. Malik dalam Al-Muwatto' dan Imam Baihaqi. Sanad Hadis Ini Paling Sahih)
Adapun hadis yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah mencium istrinya kemudian langsung salat adalah hadis dhaif atau lemah, yakni sebagai berikut.
عن حبيب ابن أبي ثابت عن عروة عن عائشة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قبل بعض نسائه ثم خرج إلى الصلاة ولم يتوضأ. رواه الترمذي وابن ماجه وداود والبيهقي.
Artinya: "Dari Hubaib bin Abi Tsabit dari Urwah dari Aisyah RA. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW pernah mencium istrinya kemudian keluar untuk salat dan tidak berwudu lagi." (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Dawud & Baihaqi dengan sanad yang dhaif)
Adapun hadis di bawah ini yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menyentuh Aisyah ketika salat itu adalah sentuhan yang ada kain yang menghalanginya. Sebab, orang tidur biasanya menggunakan kain selimut. Sehingga, sentuhan jika ada kain penghalang maka wudunya tidak batal.
وعن عائشة أن النبي صلى الله عليه وسلم :كان يصلي وهي معترضة بينه وبين القبلة فإذا أراد أن يسجد غمز رجلها, فقبضتها. رواه البخاري ومسلم
Artinya: "Dari Aisyah RA. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW melakukan salat. Sementara Aisyah tidur di antara beliau dan arah kiblat, apabila Nabi hendak sujud beliau geser kaki Aisyah." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
4. Menyentuh qubul
Dalam Kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja' (wafat 593 H) disebutkan juga bahwa menyentuh kemaluan depan dengan telapak tangan tanpa penghalang, dapat membatalkan wudu. Namun, jika terdapat kain yang menghalangi, maka wudu tak batal.
Dalil yang melandasi hal ini adalah Hadis Riwayat Ahmad dan At-Tirmizi yang berbunyi sebagai berikut.
مَنْ مَسَّ ذَكَرَهُ فَلْيَتَوَضَّأ
Artinya: "Siapa yang menyentuh kemaluannya, maka harus berwudu." (HR. Ahmad dan At-Tirmizi)
5. Menyentuh dubur
Menyentuh kemaluan belakang (dubur) dengan telapak tangan tanpa penghalang, dikatakan juga dapat membatalkan wudu. Meski begitu, jika ada kain yang menghalangi, maka wudunya tidak batal. Dalil yang melandasi hal ini sama dengan hadis yang menyatakan wudu akan batal bila menyentuh kemaluan depan (qubul).
6. Hilang akal
Hal terakhir yang membatalkan wudu adalah hilang akal, baik disebabkan oleh mabuk, gila, atau pingsan. Dalil yang melandasi hal ini sama dengan perkara tidur yang membatalkan wudu.
Sebab, orang yang tidur itu sama-sama tidak sadarkan diri, sehingga bisa dikatakan hilang akal. Maka dari itu, wudunya juga akan batal.
Demikian ulasan mengenai beberapa hal yang membatalkan wudhu lengkap menurut ulama. Hindari agar salat kamu tetap sah, ya!
Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "6 Hal yang Membatalkan Wudu, Jangan Sampai Salat Kamu Gak Sah!" ditulis oleh Muhammad Tarmizi Murdianto