Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Daftar Weton Tulang Wangi, Berkaitan dengan Malam 1 Suro

Punya kemampuan gaib

Nafi' Khoiriyah

Masih banyak masyarakat Jawa yang mempercayai weton. Weton merupakan peringatan hari kelahiran bayi menurut penanggalan Jawa. Di antara beberapa jenis weton, ada sekitar 11 di antaranya yang termasuk dalam weton tulang wangi. 

Weton tulang wangi ini konon memiliki beberapa keistimewaan. Mereka dipercaya memiliki kepekaan terhadap hal-hal yang gaib dan bisa merasakannya melalui naluri maupun intuisinya. Selain itu, weton tulang wangi juga dianggap berkaitan dengan malam 1 Suro, malam yang sakral dalam masyarakat Jawa.

Kalau kamu penasaran apakah weton lahirmu termasuk weton tulang wangi atau tidak, lihat daftar lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Senin Pahing

pexels.com/Joonas kääriäinen

Pemilik weton Senin Pahing ini dikenal sebagai orang yang optimis dan menyenangkan. Mereka pun suka dengan hal baru dan berbakat di dunia seni. Menurut primbon Jawa, orang yang lahir pada hari ini memiliki karakter lakuning lintang yang artinya suka menyendiri dan tertutup. 

2. Senin Wage

unsplash.com/JanJakubNanista

Weton tulang wangi selanjutnya adalah Senin Wage. Mereka yang lahir pada hari ini dipercaya punya karakter yang mirip dengan api. Artinya, sosoknya cukup meledak-ledak, tegas, dan punya pendirian yang kuat. Rahasia lain dari pemilik weton ini adalah auranya yang berwarna hitam. 

3. Senin Kliwon

unsplash.com/Esaias Tan

Dianggap memiliki neptu besar, orang yang lahir pada Senin Kliwon dipercaya bisa memilih pasangan dan peluang rezeki yang bagus. Namun, karakternya yang mudah panik dan resah menjadi tantangan yang perlu diatasi.

4. Selasa Legi

unsplash.com/Rosie Fraser

Berbeda dengan weton tulang wangi sebelumnya yang punya neptu besar, Selasa Legi memiliki neptu yang tidak besar. Hal itu membuatnya memiliki kepribadian, jodoh, sampai karier yang menarik. Mereka punya watak lakuning geni yang artinya seperti api. 

5. Rabu Pahing

unsplash.com/Jr Korpa

Ciri khas pemilik weton Rabu Pahing adalah punya sifat yang tenang dan tidak mudah marah. Sikapnya juga mudah beradaptasi dan suka menolong. Di sisi lain, sosok yang lahir pada hari ini juga dinilai cukup serakah dalam hal keuangan. 

6. Rabu Kliwon

pexels.com/Engin Akyurt

Rabu Kliwon juga termasuk dalam weton tulang wangi. Mereka memang memancarkan ketenangan spiritual dan kekuatan mistis. Dijuluki sebagai lakuning srengenge, sifat pemilik weton ini bisa memberikan cahaya bagi orang lain di sekitarnya. 

7. Kamis Wage

unsplash.com/Mary Skrynnikova

Pemilik weton Kamis Wage dikenal pendiam, tetapi pemberani. Mereka memiliki ambisi yang tak tinggi, namun cukup keras kepala. Sikap keras kepala itu tertutup dengan sifatnya yang tanggung jawab. 

8. Sabtu Wage

pexels.com/Lennart Wittstock

Digambarkan sebagai lakuning lintang, orang yang lahir pada Sabtu Wage ternyata juga memiliki weton tulang wangi. Mereka merupakan sosok yang mandiri dan penyabar, tetapi terbilang kuat menghadapi segala hinaan dari orang lain. 

9. Sabtu Legi

pexels.com/Pixabay

Sabtu Legi juga merupakan weton yang mempunyai neptu besar. Mereka dikenal sebagai orang yang mampu mengayomi orang sekitarnya, juga diselimuti keberuntungan. Sosoknya bahkan dianggap sakti mandraguna, tak heran kalau weton ini termasuk dalam weton tulang wangi.  

10. Minggu Pon

pexels.com/Syed Hasan Mehdi

Weton tulang wangi selanjutnya adalah Minggu Pon yang dikenal seperti pancasuda bumi kapetak. Mereka adalah orang yang aktif, pekerja keras, dan bermental kuat. Selain itu, orang yang lahir pada weton ini juga pemberani melawan sesuatu yang salah. 

11. Minggu Kliwon

pexels.com/Free Nature Stock

Minggu Kliwon adalah weton tulang wangi terakhir yang memiliki sikap suka menolong dan dermawan. Sifatnya itu dinilai sangat sederhana dengan sikap yang bijaksana dan bertanggung jawab. Namun, pemilik weton ini mudah percaya yang terkadang berdampak untuk kehidupannya. 

Itu dia deretan weton tulang wangi yang konon lebih peka terhadap hal-hal gaib. Meski banyak yang hingga kini masih mempercayainya, tetapi ada pula yang tidak.

Apakah kamu termasuk di antara pemilik weton tulang wangi, Bela? 

IDN Channels

Latest from Inspiration