Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Maarten Paes, Kiper Timnas Indonesia yang Tangguh

Bertubi-tubi menahan serangan

Nafi' Khoiriyah

Keberhasilan Indonesia untuk menahan imbang Australia dengan skor 0-0 pada matchday kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini tak lepas dari peran Maarten Paes.

Kiper baru Indonesia itu berhasil menahan serangan bertubi-tubi dari Australia di laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Profil Maarten Paes kiper Timnas Indonesia kemudian membuat para pendukung Timnas penasaran. Pasalnya, ia baru saja bermain sebagai kiper Timnas kedua kalinya.

Untuk menjawabnya, simak profil Maarten Paes selengkapnya di bawah ini. 

1. Biodata Maarten Paes

instagram.com/timnasindonesia

Membicarakan soal profil Maarten Paes kiper Timnas Indonesia tak lengkap tanpa mengetahui biodata lengkapnya berikut ini.

  • Nama lengkap: Maarten Vincent Paes 
  • Nama panggilan: Maarten Paes
  • Tanggal lahir: 14 Mei 1998 
  • Tempat lahir: Nijmegen, Belanda
  • Umur: 26 tahun 
  • Tinggi: 192 cm 
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Posisi: Kiper 
  • Klub saat ini: FC Dallas 
  • Instagram: @maartenpaes

2. Proses Naturalisasi Maarten Paes

instagram.com/maartenpaes

Bergabungnya Maarten Paes di Timnas Indonesia melalui proses yang panjang. Pasalnya, kiper FC Dallas itu sudah pernah bermain untuk Timnas Belanda. Ia pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21 sampai Kualifikasi Euro U-21 2021 lalu. 

Sempat membuat para fans Indonesia cemas, akhirnya Maarten Paes ditetapkan bisa bermain dengan Timnas Indonesia pada 18 Agustus 2024. Terbaru, Marteen Paes bisa berlaga bersama Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab dan Australia. 

Adapun keberhasilannya untuk bermain bersama Timnas tak lepas dari statusnya sebagai WNI. Ia mendapatkan status tersebut karena neneknya yang lahir di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur saat Indonesia masih menjadi Hindia Belanda. 

3. Perjalanan karier Maarten Paes

instagram.com/timnasindonesia

Pemain 26 tahun ini memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional dari akademi VV Union pada tahun 2012, kemudian berlanjut ke kampung halamannya bersama tim NEC Nijmegen tahun 2016.

Penampilannya yang baik membuat FC Utrecht kemudian merekrut Maarten Paes dengan kontrak selama empat tahun pada 2018. Ia kemudian debut di level tertinggi Liga Belanda pada 19 Agustus 2018 dalam pertandingan melawan PEC Zwolle. 

Performa Maarten Paes pun terus konsisten sehingga pada Januari 2022 ia 'dipinjam' oleh FC Dallas. Akhirnya, klub tersebut kemudian menjadikannya pemain permanen pada musim panas 2022 berkat permainannya yang impresif. 

Sementara itu di tingkat internasional, Maarten Paes pernah membela Timnas Belanda U-19 di Euro U-19 2016 dan 2017. Setelah itu, ia juga pernah bermain untuk Timnas Belanda U-20 dan U-21. 

4. Maarten Paes di Timnas Indonesia

instagram.com/timnasindonesia

Meski pernah membela Timnas Belanda, akhirnya Maarten Paes bisa membela Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae Yong lah yang merekomendasikan Maarten Paes menjadi pemain naturalisasi.

Meski sudah direncanakan untuk menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, tetapi Maarten Paes mengalami kendala saat proses kewarganegaraan karena regulasi FIFA. PSSI kemudian mengajukan banding dan akhirnya berhasil resmi menjadi WNI. 

Profil Maarten Paes kiper Timnas Indonesia pun kian gemilang setelah debut menjadi kiper pada matchday pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi. Maarten Paes berhasil melakukan penyelamatan penalti yang dieksekusi oleh pemain Arab Saudi. 

Pada matchday selanjutnya saat melawan Australia, Maarten Paes juga berhasil menahan imbang 0-0. Skor tersebut tak lepas dari performa Maarten Paes yang melakukan banyak penyelamatan gemilang. 

5. Kehidupan pribadi Maarten Paes

instagram.com/maartenpaes

Dengan kariernya yang gemilang di dunia sepak bola, Maarten Paes juga memiliki kehidupan pribadi yang menarik. Ia diketahui memiliki kekasih bernama Luna Bjil yang merupakan seorang model internasional. 

Kekasihnya itu juga termasuk dari salah satu di antara top 50 model di industri fashion. Kekasih Maarten Paes itu bahkan sempat muncul dalam sampul Vogue sebanyak dua kali. Beberapa brand kenamaan seperti Zara, Louis Vuitton, sampai Tom Ford juga pernah menjadikannya sebagai model. 

Itu dia profil Maarten Paes, kiper Timnas Indonesia yang performanya mengagumkan. Nggak sabar buat melihat Maarten Paes di laga Timnas lagi, ya?

IDN Channels

Latest from Inspiration