Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Jens Raven, Striker Naturalisasi Andalan Timnas U-19

Cetak gol di final

Nafi' Khoiriyah

Profil Jens Raven tengah banyak diperbincangkan setelah berhasil mencetak satu-satunya gol dalam laga final AFF U-19 Youth Championship. Raven bersama para pemain Timnas U-19 pun berhasil membawa Indonesia menjadi juara. 

Di Timnas kelompok usia ini, performanya di sepanjang pertandingan memang hampir selalu bagus. Padahal, Raven baru saja debut bersama Timnas pada Piala AFF U-19 ini. 

Pemain naturalisasi dari mana dan bagaimana sepak terjangnya di dunia sepak bola, simak selengkapnya tentang Jens Raven di bawah ini, yuk!

1. Biodata Jens Raven

instagram.com/jensraven9

Membicarakan profil Jens Raven belum lengkap tanpa tahu biodata lengkapnya. Berikut adalah biodata lengkap pemain naturalisasi Indonesia tersebut. 

  • Nama lengkap: Jens Raven
  • Tanggal lahir: 12 Oktober 2005 
  • Usia: 18 tahun
  • Tinggi: 189 cm 
  • Posisi: Striker 
  • Klub: Indonesia U-20, FC Dordrecht U-21 
  • Keturunan: Yogyakarta 
  • Kewarganegaraan: WNI

2. Latar belakang Jens Raven

instagram.com/jensraven9

Sebagai pemain naturalisasi, Jens Raven memiliki darah Indonesia dari sang nenek. Nenek dari striker Timnas itu diketahui berasal dari Yogyakarta.

Ayah dari Jens Raven juga merupakan seorang pesepak bola bernama Bjorn Raven. Ia pernah membela klub liga Belanda, yakni PSV Eindhoven U-21 dan FC Zwolle, serta pernah membela Timnas Belanda U-15. Tak mengherankan jika darah sepak bola mengalir dari ayahnya.

Namun berbeda dari sang ayah, Raven kini justru membela Timnas Indonesia. Raven resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalankan proses Naturalisasi pada 27 Juni 2024 lalu. 

3. Karier sepak bola Jens Raven

instagram.com/jensraven9

Karier sepak bola Jens Raven dimulai dari akademi sepak bola lokal di Belanda, Nootdorp Jeugd. Ia sudah menunjukkan bakatnya di dunia sepak bola sejak kecil hingga mampu menarik perhatian klub besar Eropa. 

Setelah itu, Raven kemudian bergabung bersama Dordrecht U-21. Menurut statistik musim 2023/2024, striker 18 tahun ini sudah bermain sebanyak 19 kali untuk Dordrecht U-21 dan berhasil mencetak 6 gol. 

Profil Jens Raven makin populer karena postur tubuhnya yang ideal untuk seorang striker. Ia juga mampu mencetak gol dan bermain di berbagai posisi. 

4. Bawa Timnas Juara AFF U19 2024

instagram.com/jensraven9

Setelah resmi menjadi pemain naturalisasi Timnas, Raven debut dalam ajang Piala AFF U-19 2024 dengan apik. Ia bahkan berhasil mencetak gol dan membawa Garuda Muda juara dalam final AFF U-19. Ia mencetak gol di awal pertandingan melawan Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. 

Itulah profil Jens Raven, pemain muda Timnas yang berhasil menunjukkan performa apik dan membawa Indonesia juara atas Thailand. Selain Raven, siapa lagi pemain Timnas andalanmu, Bela? 

IDN Channels

Latest from Inspiration