Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

30 Lomba 17 Agustus Kekinian yang Seru untuk Semua Usia

Lucu dan unik

Nafi' Khoiriyah

Hari kemerdekaan 17 Agustus tentu harus dirayakan dengan berbagai macam keseruan, salah satunya dengan mengadakan aneka lomba. Biasanya, lomba tersebut diadakan di kampung maupuan di sekolah supaya suasana menjadi meriah. 

Sejak dulu, ada banyak lomba yang sering diadakan saat 17 Agustus, seperti makan kerupuk hingga pecah air. Namun, kini sudah banyak lomba 17 Agustus kekinian yang lebih unik dan lucu untuk dicoba. Apa saja, ya? 

Lomba 17 Agustus kekinian untuk anak-anak

unsplash.com/Alfian Dimas

Anak-anak biasanya yang paling bersemangat saat lomba 17 Agustus diselenggarakan. Kalau biasanya lomba yang diadakan hanya sekadar makan kerupuk atau pecah air saja, kini kamu bisa mengemasnya lebih kekinian seperti lomba di bawah ini. 

  1. Lomba memindahkan karet dengan sedotan 
    Lomba ini akan dimainkan secara berkelompok. Masing-masing anak menggigit sedotan dan menyalurkan karet dari titik start sampai finish. 
  2. Lomba hias sepeda 
    Meski terdengar biasa, tetapi lomba hias sepeda untuk anak bisa disesuaikan dengan tren kekinian dan kreativitas masing-masing anak. 
  3. Lomba makan biskuit di wajah
    Panitia akan meletakkan biskuit dalam lomba ini ke wajah anak-anak. Mereka bertugas menggeser biskuit tersebut sampai ke mulut tanpa bantuan tangan. 
  4. Lomba balap karung memakai helm
    Kalau lomba balap karung dulu hanya sebatas memakai karung, akan lebih lucu jika lomba ini juga dilengkapi dengan aksesori helm. 
  5. Lomba melepaskan karet dari wajah 
    Selain biskuit, lomba melepaskan karet dari wajah juga tak kalah lucu dan menarik. Mereka harus melepaskan karet tanpa bantuan tangan secepat mungkin.  
  6. Lomba memasukkan kawat pakai topi 
    Memasukkan kawat dengan tangan tentu sangat mudah. Nah, lomba memasukkan kawat pakai topi ini akan membuat para peserta kesulitan karena tidak bisa melihat lubangnya.
  7. Lomba pecah balon 
    Memecahkan air dalam plastik seperti yang dulu sering diselenggarakan saat 17-an kini terdengar mudah. Namun, lomba memecah balon ini akan sulit karena anak-anak harus menginjak balon lawannya. 

Lomba 17 Agustus kekinian untuk dewasa

unsplash.com/Zoraya Project

Lomba 17 Agustus kekinian yang selanjutnya tampak lebih seru karena diperuntukkan bagi remaja. Lomba ini selain seru juga bisa mengasah kreativitas dan membuat mereka kenyang. 

  1. Lomba makan bakso 
    Makan kerupuk saja bagi orang dewasa mungkin tidak terlalu menarik. Supaya lebih kenyang dan puas, cobalah mengganti kerupuk dengan makanan lainnya seperti bakso. 
  2. Lomba estafet air
    Kini ada banyak variasi estafet air yang bisa kamu adakan, salah satunya estafet air  dengan kepala. 
  3. Lomba gebuk bantal di atas kolam 
    Para orang dewasa cenderung memiliki lebih banyak kekuatan fisik daripada anak-anak maupun ibu-ibu. Nah, lomba gebuk bantal di atas kolam ini adalah salah satu lomba di atas kolam yang seru. 
  4. Lomba makan kerupuk dengan tutup mata
    Apapun lomba yang menggunakan makanan sebagai alatnya, maka peserta akan lebih antusias. Seperti lomba makan kerupuk tutup mata ini. 
  5. Lomba joget balon 
    Lomba joget balon ini hanya membutuhkan balon dan musik sebagai peralatannya. Peserta tinggal berjoget dan berusaha memecah balon. 
  6. Lomba menangkap ayam 
    Supaya makin seru, lomba menangkap ayam ini bisa dicoba. Meski terdengar mudah, tetapi lomba menangkap ayam cukup challenging untuk beberapa orang. 
  7. Lomba joget TikTok 
    Terakhir, remaja biasanya paling mengikuti tren. Nah, lomba joget TikTok ini adalah salah satu lomba baru yang menarik untuk dicoba. 

Lomba 17 Agustus kekinian untuk ibu-ibu

commons.wikimedia.org

Ibu-ibu biasanya kelompok umur yang paling lucu saat mengikuti lomba 17 Agustus. Sebab, lomba apa saja yang mereka ikuti akan membuat para penonton tertawa saat melihat cara ibu-ibu berlomba. 

  1. Lomba jepit balon 
    Meski sama-sama menggunakan balon seperti lomba di kategori dewasa, tetapi lomba jepit balon ini lebih unik dan lucu untuk ibu-ibu. 
  2. Lomba fashion
    Dikarenakan biasanya ibu-ibu gemar dengan fashion, lomba fashion show untuk ibu-ibu jadi ide menarik yang juga bisa mengasah kreativitas. 
  3. Lomba tahan tawa 
    Seperti namanya, lomba ini akan dimenangkan oleh ibu-ibu yang mampu menahan tawa dari hal lucu yang ada di depannya. 
  4. Lomba tebak kata  
    Meski terdengar mudah, tetapi lomba tebak kata dengan isyarat ataupun clue akan menarik untuk ibu-ibu. 
  5. Lomba tuang tepung 
    Salah satu lomba berkelompok untuk ibu-ibu yang simpel tapi seru adalah lomba tuang tepung. Kelompok siapa yang paling banyak tepungnya maka ia yang menang. 
  6. Lomba memasukkan benang dalam jarum 
    Biasanya, ibu-ibu sudah kesulitan untuk memasukkan benang ke dalam jarum. Dengan lomba ini, mereka akan mencoba betapa sulitnya memasukkan benang dalam jarum secara manual. 
  7. Lomba senam poco-poco
    Terakhir, senam poco-poco merupakan salah satu aktivitas yang disukai kebanyakan ibu-ibu. Aktivitas ini juga bisa dilombakan dengan peraturan tertentu. 

Lomba 17 Agustus kekinian untuk bapak-bapak

unsplash.com/Alfian Dimas

Terakhir, lomba 17 Agustus kekinian di bawah ini ditujukan untuk bapak-bapak. Berbeda dari anak-anak dan ibu-ibu, lomba untuk bapak-bapak sebenarnya bisa lebih bervariasi. Sebab, mereka biasanya suka dengan banyak jenis olahraga yang seru. 

  1. Lomba memindahkan belut atau ikan 
    Bapak-bapak biasanya tidak suka dengan lomba yang remeh. Maka dari itu, lomba memindahkan belut terdengar cukup bagus. 
  2. Lomba futsal terong 
    Kalau futsal biasa saja, lomba mungkin tidak terlalu seru. Nah, jika bolanya diganti dengan terong maka akan makin seru. 
  3. Lomba merias pasangan
    Meski tidak hanya untuk bapak-bapak, tetapi lomba merias pasangan ini akan membuat bonding antara suami dan istri jadi makin erat. 
  4. Lomba futsal daster 
    Hampir sama dengan futsal terong, tetapi kali ini yang diganti adalah pakaian yang digunakan peserta menjadi menggunakan daster. 
  5. Lomba estafet sarung
    Estafet sarung akan cocok untuk bapak-bapak karena sarung merupakan salah satu barang yang familiar untuk mereka. 
  6. Lomba voli sarung   
    Olahraga voli akhir-akhir ini juga sedang menjadi tren. Namun supaya lucu, cobalah voli sarung yang diselenggarakan untuk 17 Agustus. 
  7. Lomba balap bakiak 
    Meski terdengar remeh, tetapi lomba bakiak akan lucu saat dimainkan bersama beberapa bapak-bapak sekaligus. 
  8. Lomba tenis meja 
    Kalau sudah bingung dengan jenis lomba untuk bapak-bapak, maka lomba tenis meja adalah pilihan lomba yang mudah.
  9. Lomba hias gapura 
    Terakhir, lomba hias gapura juga menarik dilakukan. Namun, lomba ini perlu dilakukan secara berkelompok dengan bapak-bapak lainnya. 

Kumpulan lomba 17 Agustus kekinian di atas akan membuat antusias para warga menjadi makin tinggi. Selain karena tidak membosankan, lomba-lomba di atas juga sangat menghibur. 

IDN Channels

Latest from Inspiration