Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kapan Maulid Nabi 2024? Cek Tanggal dan Sejarahnya

Hari lahir Rasulullah SAW

Nafi' Khoiriyah

Maulid Nabi menjadi salah satu peringatan yang penting bagi umat Islam. Momen tersebut merupakan hari untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, banyak yang mempertanyakan kapan Maulid Nabi 2024?

Peringatan Maulid Nabi setiap tahunnya dirayakan pada 12 Rabiul Awal. Pada tanggal tersebut, umat Islam merayakannya dengan melantunkan puji-pujian hingga ceramah islami. Supaya bisa lebih meresapi momen Maulid Nabi, ketahui kapan Maulid Nabi 2024 dan sejarah di baliknya berikut ini. 

Kapan Maulid Nabi 2024

unsplash.com/Katerina Kerdi

Maulid Nabi diperingati pada tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya. Adapun tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah tahun ini bertepatan dengan tanggal 16 September 2024.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2024, tanggal tersebut juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. 

Apa itu Maulid Nabi?

pexels.com/Chattrapal (Shitij) Singh

Selain kapan Maulid Nabi 2024, banyak pula yang masih belum mengetahui apa itu Maulid Nabi. Maulid Nabi singkatnya merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang bertepatan pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah. 

Umat Islam di seluruh dunia pun memperingati Maulid Nabi, termasuk di Indonesia. Dalam bahasa Arab, Maulid sendiri memiliki arti hari lahir.

Peringatan ini menjadi penghormatan kepada Rasulullah SAW, dan agar para umat Islam meneladani sifat baik beliau. Maka dari itu, banyak kegiatan keagamaan yang diselenggarakan pada tanggal ini.

Keutamaan merayakan Maulid Nabi

Freepik.com/freepik

Merayakan Maulid Nabi juga memiliki beberapa keutamaan berikut ini:

1. Dikumpulkan dengan para syuhada 

Melansir NU Online, keutamaan yang pertama ini dikatakan oleh Imam Yafi'i dari kitab I'tanatut Thalibun bahwa orang yang memperingati Maulid Nabi akan mendapatkan pahala besar, bahkan bisa sampai ke surga.

Menurutnya, orang yang mengumpulkan saudara-saudara untuk merayakan Maulid Nabi, menyediakan makanan, menyediakan tempat, dan melakukan kebaikan, maka Allah SWT akan membangkitkannya di hari kiamat bersama orang-orang salih di surga. 

2. Dianugerahkan surga

Keutamaan yang kedua ini dijelaskan oleh Sirri al Saqati yang menyatakan bahwa orang yang menuju ke tempat untuk Maulid Nabi dengan ikhlas dan cinta semata untuk Nabi Muhammad SAW, maka ia telah menuju ke taman surga. 

3. Mendapatkan ampunan dari siksa kubur 

Terakhir, ulama sepakat bahwa Abu Lahab diringankan siksanya setiap hari Senin karena ia telah bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Hal itu menunjukkan bahwa kemuliaan Rasululah SAW sangat besar, bahkan orang yang tidak beriman padanya pun merasakan kemuliaannya. 

Sejarah Maulid Nabi

freepik.com/rawpixel.com

Sebelum ditentukan kapan Maulid Nabi 2024, sejarahnya sudah dilakukan pada awal abad ke-7 Hijriah. Pada waktu itu, Raja Irbil (Irak) yang bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabiul Awal dan merayakannya secara besar-besaran. 

Sultan Al-Muzhaffar disebut mengundang seluruh rakyatnya dan seluruh ulama dari berbagai disiplin ilmu. Sebelum hari pelaksanaan Maulid Nabi, ia mendatangkan ribuan kambing dan unta untuk disembelih dan dihidangkan kepada para tamu. 

Semenjak zaman Sultan Al-Muzhaffar dan sampai saat ini, para ulama sudah menganggap peringatan Maulid Nabi merupakan hal yang baik. Oleh karena itu, peringatan Maulid Nabi menjadi tradisi bagi umat Islam di seuruh dunia. 

Namun, ada pula sejarah yang mengatakan bahwa Sultan Salahuddin Al-Ayyubi merupakan orang yang pertama kali mengadakan peringatan Maulid Nabi. Kala itu, Sultan Salahuddin mengadakan peringatan Maulid Nabi dengan tujuan membangkitkan semangat umat Islam yang telah padam agar kembali berjihad membela Islam pada saat Perang Salib. Namun, ide tersebut tidak disetujui oleh beberapa ulama. 

Itulah jawaban dari kapan Maulid Nabi 2024 dan sejarah di balik peringatan ini. Semoga kita bisa meneladani Nabi Muhammad SAW dalam momen Maulid Nabi ini, ya!

IDN Channels

Latest from Inspiration