Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Prospeknya cerah

Nafi' Khoiriyah

Menjelang pengumuman penerimaan mahasiswa baru, ada beberapa orang yang mungkin masih bingung saat harus menentukan jurusan. Apalagi, bagi para calon mahasiswi yang ingin menentukan masa depannya. 

Kali ini, Popbela akan membahas mengenai jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Jurusan berikut ini diperkirakan memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan. 

1. Kedokteran Gigi

freepik.com/ArthurHidden

Kedokteran gigi adalah jurusan pertama yang banyak digemari perempuan. Keilmuan ini bukan hanya terbatas pada pengobatan penyakit gigi dan mulut saja, tapi sampai pada perawatan kesehatan mulut. 

Para lulusan kedokteran gigi pun tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya. Biasanya, mereka akan praktik di rumah sakit, puskesmas, dental care, ataupun membuka praktik pribadi. 

2. Ilmu Gizi

freepik.com/freepik

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan selanjutnya adalah ilmu gizi. Seperti namanya, jurusan ini mempelajari pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia.

Mereka juga mempelajari hubungan antara asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan kesehatan. Bahkan, persoalan gaya hidup, pola makan sehat, sampai cara memproses makanan juga dipelajarinya. 

Ke depannya, keilmuan ini akan sangat diperlukan untuk berbagai sektor. Mulai dari layanan kesehatan, industri makanan, sampai bagian research development perusahaan tertentu. 

3. Farmasi

pexels.com/Karolina Grabowska

Adapun jika kamu masih bingung akan berkecimpung di ilmu kesehatan atau ilmu kimia, maka jurusan farmasi adalah jawabannya. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai senyawa kimia yang dikembangkan menjadi obat. 

Selain itu, cara penggunaan obat secara efektif juga dipelajari dalam jurusan ini. Tak heran jika prospek kerja jurusan ini sangat luas, bukan terbatas pada sektor kesehatan saja tapi sampai pada industri kosmetik, makanan, dan minuman. 

4. Psikologi

Freepik.com/freepik

Ilmu psikologi kini kian diminati mengingat kompleksnya permasalahan kesehatan mental saat ini. Bagi kamu yang ingin menggelutinya, maka jurusan ini adalah pilihan yang tepat. 

Kamu akan belajar tentang perilaku dan interaksi manusia sampai konteks psikologi industri dalam sebuah perusahaan. Setelah berkecimpung di dalamnya, mahasiswa akan diminta untuk memilih antara psikologi klinis, pendidikan, sosial, maupun perkembangan. 

Prospek jurusan psikologi akan sangat luas, mulai dari di industri pemerintah, swasta, sampai mendirikan jasa konsultasi psikologi jika ingin mandiri. 

5. Teknologi Pangan

Freepik.com/freepik

Selain ilmu gizi, teknologi pangan kini juga menjadi jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Sebab, jurusan ini mempelajari semua aspek dalam ilmu pangan, mulai dari hal fisik, biologis, sampai kimiawi. 

Mereka juga akan mempelajari berbagai proses pengolahan pangan menjadi sesuatu yang bisa dimakan. Nantinya, lulusan Teknologi Pangan akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan industri, misalnya untuk mengawasi mutu produk. 

6. Kesehatan Masyarakat

Pexels.com/cottonbro studio

Ilmu kesehatan dan kedokteran akan sulit menyasar semua kalangan masyarakat tanpa adanya para lulusan Kesehatan Masyarakat. Sebab, jurusan ini mempelajari bagaimana hubungan antara manusia dan lingkungan.

Mulai dari metode pencegahan penyakit, kesehatan suatu kawasan, sampai kesehatan di lingkungan kerja dipelajari oleh para mahasiswa jurusan ini. Jadi, secara otomatis mereka juga akan belajar tentang ilmu gizi, manajemen dan administrasi kesehatan, sampai penyuluhan kesehatan di masyarakat. 

Prospek kerja jurusan Kesehatan Masyarakat antara lain adalah menjadi ahli dalam penanganan epidemiologi hingga agen kesehatan dan keselamatan kerja. Mereka akan menjadi pihak pertama yang akan mengedukasi masyarakat. 

7. Keperawatan

freepik.com/Lifestylememory

Terakhir, keperawatan juga menjadi jurusan kuliah untuk perempuan yang cukup terjamin masa depannya. Sebab, kebutuhan akan pelayanan dan asuhan kesehatan kini semakin meningkat. 

Perawat sebagai tenaga medis pun menjadi sangat diperlukan. Mulai dari rumah sakit, puskesmas, klinik, sampai panti jompo semua membutuhkannya. Keilmuan yang dipelajari di dalamnya juga akan berguna untuk merawat orang-orang terdekat mereka. 

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan tersebut bisa kamu pilih sesuai passion dan rencana masa depanmu. Kalau di antara tujuh jurusan di atas, mana yang paling menarik buatmu, Bela? 

IDN Channels

Latest from Inspiration