Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Foto untuk Melamar Kerja: Warna, Ukuran, Fungsi, dan Contoh

Ada kriterianya

Nafi' Khoiriyah

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum melamar kerja adalah menyiapkan berkas-berkasnya. Nah, berkas yang cukup penting saat melamar kerja itu adalah foto formal. 

Foto untuk melamar kerja penting disertakan untuk memberikan gambaran kepada recruiter tentang calon karyawan yang akan diterima.

Maka dari itu, ada kriteria tertentu yang perlu diperhatikan para calon karyawan. Mengenai pembahasan selengkapnya, simak di bawah ini. 

1. Kriteria foto untuk melamar kerja

pexels.com/Monstera Production

Saat ini memang tidak semua perusahaan mewajibkan calon karyawannya melampirkan pas foto. Kebanyakan perusahaan yang mewajibkan lampiran pas foto adalah perusahaan yang ada di sektor formal.

Nah, kriteria foto formal yang dibutuhkan perusahaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Ukuran standar pas foto adalah 2x3, 3x4, dan 4x6. Biasanya, calon karyawan diminta untuk melampirkan beberapa pas foto dengan ukuran yang berbeda. 
  • Warna latar belakang pas foto yang kebanyakan diminta adalah biru atau merah. Warna latar belakang tersebut biasanya ditentukan oleh tahun kelahiran, yakni latar belakang biru untuk tahun ganjil dan latar belakang merah untuk tahun genap. 
  • Calon karyawan perlu mengenakan setelan formal, contohnya adalah jas dan baju berkerah. Namun, beberapa perusahaan ada yang memiliki persyaratan khusus terkait hal ini.
  • Ekspresi wajah saat difoto sebaiknya melihat ke arah lensa kamera, tidak berkedip, namun diperbolehkan tersenyum tanpa memperlihatkan gigi.

2. Hal yang harus dihindari saat foto untuk melamar kerja

pexels.com/Bahram Yaghooti

Sebaliknya, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari saat mengambil foto lamaran kerja. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

  • Jangan ambil foto selfie 
    Meskipun kamu sudah menggunakan ponsel yang canggih, tetapi sebaiknya foto formal tidak diambil dengan kamera selfie. Sebab, hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak profesional. 
  • Pastikan kualitas foto bagus 
    Foto yang beresolusi rendah juga akan memberikan kesan kurang maksimal di hadapan recruiter. Maka dari itu, pastikan foto punya resolusi yang tinggi agar tidak blur atau pecah. 
  • Jangan mengedit foto terlalu berlebihan
    Banyak pencari kerja yang ingin tampil menawan di hadapan recruiter. Oleh karena itu, mereka mengedit fotonya semaksimal mungkin. Hal itu ternyata justru akan terkesan tidak profesional pula oleh perusahaan. 

3. Tips foto untuk melamar kerja

pexels.com/Emmy E

Jika kamu masih bingung saat akan mengambil foto untuk melamar kerja, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Gunakan pakaian yang sopan, formal, dan rapi. Contohnya adalah jas, kemeja, atau kaus berkerah
  2. Jangan berpose berlebihan, tegakkan bahu dan jangan lupa senyum secukupnya. Gunakan teknik foto close up sampai pinggang kecuali jika perusahaan meminta foto full body
  3. Jangan gunakan aksesori berlebihan, jika perlu memakai aksesori maka gunakan yang sederhana saja
  4. Jika ingin meletakkan foto di dalam CV, maka letakkan di bagian kiri atas. Jangan memasang foto dengan ukuran yang berlebihan karena justru akan mengganggu fokus recruiter. 

4. Contoh foto untuk melamar kerja

pinterest.com

Nah, gambar di atas adalah contoh foto untuk melamar kerja profesional yang bisa kamu sontek. Dalam foto tersebut, calon karyawan mengenakan jas dengan kemeja putih formal di bagian dalamnya.

Jangan lupa rapikan pula rambut atau hijab yang kamu kenakan supaya memberikan kesan rapi di hadapan recruiter. 

Pembahasan tentang foto untuk melamar kerja di atas bisa kamu perhatikan supaya kesempatan untuk diterima makin besar. Jangan lupa sertakan berkas penting lainnya yang juga tak kalah penting ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration