Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fitur Terbaru iOS 18, Makin Canggih dan Menarik

Sudah update?

Nafi' Khoiriyah

Tak lama lagi, Apple akan merilis iOS 18 yang terbaru. Tentunya, perilisan tersebut juga disertai dengan fitur terbaru iOS 18 yang menarik untuk digunakan. Para pengguna Apple pun menunggu apa saja pembaruan yang kira-kira akan muncul. 

Meski belum mengungkapkan secara resmi, tetapi bocoran tentang fitur yang akan muncul di iOS 18 sudah ramai beredar. Kemungkinan sejumlah peningkatan dan fitur baru yang akan muncul antara lain sebagai berikut.

1. Apple Intelligence

freepik.com/benzoix

Fitur terbaru iOS 18 yang pertama ini memang tidak terlalu mengejutkan. Apple Intelligence ini akan menyertakan alat rewrite yang akan membantu pengguna menyusun ulang tulisan. Sebelumnya, fitur yang serupa juga ada pada ponsel seri Samsung Galaxy S24. 

Fitur lainnya yang mungkin bakal muncul pada iOS 18 berkaitan dengan AI ini antara lain adalah pembuat daftar putar untuk Apple Music, perombakan Siri yang fokus dengan AI, hingga penyelesaian kode pada versi baru Xcode. 

2. RCS

freepik.com/freepik

RCS atau Rich Communication Services merupakan layanan pesan yang membuat pengguna mudah memulai pesan grup dengan pengguna Android. Mereka bisa mengirimkan foto dan video berkualitas tinggi di berbagai lokasi. 

Fitur terbaru iOS 18 yang satu ini memang akan membuatnya makin mirip dengan HP Android. Namun, Apple tetap masih akan menerapkan emoji, stiker, dan kemampuan edit maupun membatalkan pesan yang eksklusif untuk penggunanya. 

3. Control Center

freepik.com/freepik

Control Center merupakan menu pilihan yang bisa ditemukan dengan menggeser ke bawah dari sudut kanan atas iPhone. Fitur ini akan bisa mengubah kecerahan, volume, mode pesawat, dan pengaturan lainnya secara lebih cepat. 

Namun, pada iOS 18 ini, Control Centre bukan hanya untuk Apple saja. Mereka akan mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk menempatkan kontrol di sini. Tampilannya pun bisa diubah sesuai ukuran, posisi, bahkan tombol (sesuai dengan preferensi). 

4. Pengelolaan mail

pexels.com/JÉSHOOTS

Pengelolaan mail pada fitur terbaru iOS 18 juga akan makin canggih. Sebab, aplikasi bawaan mail akan dibekali dengan kategorisasi pesan yang bisa memungkinkan pesan disortir dalam kategori tertentu. 

Selain itu, mail juga dilengkapi dengan intisari terbaru yang bisa menyatukan semua email yang relevan. Pengguna pun akan lebih mudah memeriksa email yang penting dalam seketika. 

5. Aplikasi password

unsplash.com/Paula-Ann Smit

Aplikasi password yang akan muncul pada iOS 18 akan memudahkan pengguna untuk mengakses kata sandi, kunci sandi, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi. Selain itu, aplikasi ini juga menyertakan peringatan untuk pengguna jika kata sandi mudah ditebak atau sudah digunakan berkali-kali. 

6. Custom home screen

Pexels.com/Mateusz Dach

Beberapa orang mungkin merasa kalau ikon aplikasi pada iPhone sebelumnya sangat simpel dan kaku karena tidak bisa di-custom. Nah, pada fitur terbaru iOS 18 nanti, semua ikon pada home screen bisa dipindahkan sesuai keinginan pengguna. Nuansa warna pada ikon aplikasi pun bisa disesuaikan baik terang atau gelap.

7. Game mode

freepik.com/tirachardz

Fitur yang terakhir ini menjadi kabar bahagia untukmu yang suka bermain game. Sebab, akan ada fitur Game Mode yang akan membuat frame rates jadi lebih stabil saat bermain game di iPhone. 

Selain itu, fitur ini juga bisa meminimalkan aktivitas di latar belakang yang akan membuat frame rate menjadi lebih stabil. Pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih responsif saat bermain game menggunakan perangkat yang dilengkapi iOS 18. 

Itu dia prediksi fitur terbaru iOS 18 yang menarik untuk dinantikan. Di antara bocoran fitur yang mungkin muncul di atas, mana yang paling kamu nantikan, Bela? 

IDN Channels

Latest from Inspiration