Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Drama Indonesia Terbaik, Nggak Boleh Dilewatkan!

Romantis sampai sedih

Nafi' Khoiriyah

Menonton film bukan hanya sebagai sarana hiburan saja, tetapi juga untuk melepaskan emosi para penonton. Mereka bisa merasakan bahagia dengan tertawa lepas sampai sedih dengan menangis tersedu-sedu saat menonton film.

Nah, salah satu genre film yang jadi favorit penonton karena ceritanya yang menggugah emosi adalah genre drama. Genre satu ini menyajikan berbagai konflik yang biasanya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. 

Hal itu membuat para penonton relate dan kemudian ikut terhanyut dalam konflik para tokohnya. Tak perlu jauh-jauh, ada banyak film drama Indonesia yang nggak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Selengkapnya, simak di bawah ini, ya! 

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Film pertama yang cukup populer hingga memiliki banyak seri adalah Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Tayang pada 2020 lalu, film ini menceritakan tentang konflik keluarga Narendra yang mempunyai tiga orang anak. 

Ketiganya adalah Angkasa yang merupakan anak sulung, Aurora si anak tengah, dan Awan anak bungsunya. Konflik pada film pertama ini berfokus pada Awan, si bungsu yang ingin menjalani hidup dengan kemauannya sendiri.

2. Keluarga Cemara

Melihat judulnya, film drama Indonesia kali ini seperti sudah tak asing di telingamu, bukan? Ya, film Keluarga Cemara memang diangkat dari sinetron berjudul sama yang sempat ramai di tahun 90-an.

Sinetron tersebut kemudian diangkat ke layar lebar yang masih bercerita tentang keluarga Abah. Ia mengajak istri dan kedua anaknya pindah ke rumah rumah warisan dengan segala keterbatasan dan kekurangannya. 

3. Tersanjung the Movie

Sama-sama diadaptasi dari sinetron 90-an, Tersanjung the Movie tayang pada 2021 lalu di Netflix. Alur film ini bercerita tentang Yura (Clara Bernadeth) yang merupakan seorang piatu yang hidup bersama ayah kandung, ibu, dan saudara tirinya. 

Ia tidak merasakan masa kecil yang bahagia, tapi punya sahabat yang setia bernama Oka (Kevin Ardilova) dan Christian (Giorgino Abraham). Namun, Yura tidak menyadari kalau kedua sahabatnya itu ternyata sama-sama menyimpan perasaan padanya.

4. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck merupakan film yang diangkat dari novel legendaris berjudul sama. Meskipun sudah rilis sejak 2023 lalu, tetapi film ini nggak boleh kamu lewatkan. 

Kisah cinta antara Zainuddin (Herjunot Ali) dan Hayati (Pevita Pearce) yang terhalang oleh adat istiadat akan membuatmu ikut terenyuh. Bukan hanya alur ceritanya saja yang bagus, latar dan pengambilan gambar dalam film ini juga memukau.  

5. A Copy of My Mind

Film drama Indonesia selanjutnya adalah salah satu karya sutradara Joko Anwar. Rilis pada 2015 lalu, A Copy of My Mind dibintangi oleh Tara Basro dan Chicco Jerikho. Tara dalam film ini memerankan tokoh Sari yang bekerja di sebuah salon kecantikan. 

Kesehariannya yang hanya bekerja itu membuatnya merasa bosan sehingga ia sering menonton film dari DVD bajakan. Suatu hari, DVD-nya bermasalah sehingga membuatnya bertemu dengan Alex (Chicco Jerikho). 

6. Layla Majnun

Terinspirasi dari cerita legendaris Layla Majnun, film ini mengisahkan romansa yang terhalang dengan tradisi. Dibintangi oleh Acha Septriasa sebagai Layla, ia merupakan perempuan religius yang bekerja sebagai dosen dan punya impian mengajar di luar negeri. 

Namun sebelum berangkat ke Azerbaijan, ia sudah dijodohkan oleh laki-laki kaya bernama Ibnu (Baim Wong). Sedangkan di Azerbaijan, Layla justru bertemu dengan laki-laki bernama Samir (Reza Rahadian) yang memesona. 

7. Sayap Sayap Patah

Tak banyak yang tahu, film drama Indonesia berjudul Sayap Sayap Patah ternyata diambil dari kisah nyata, lho. Kisah yang diangkat adalah insiden kerusuhan tahanan di Lapas Markas Komando Korps Brigade Mobil (Mako Brimob) 2018 lalu, sedangkan film ini tayang pada tahun 2022.

Ceritanya adalah tentang rumah tangga pasangan muda Ipda Sudarmaji (Nicholas Saputra) dan Nani Sudarmaji (Ariel Tatum) yang sangat harmonis. Suatu ketika, Aji bergabung dengan Densus 88 sampai akhirnya kerusuhan terjadi. 

8. Galih dan Ratna

Selanjutnya, Galih dan Ratna merupakan film drama romansa yang tayang pada 2017 lalu. Seperti judulnya, film ini mengisahkan kisah cinta antara Galih (Refal Hady) dan Ratna (Sheryl Sheinafia). 

Galih merupakan anak yang pendiam, padahal ia memiliki minat di bidang musik. Sementara Ratna adalah anak pindahan dari Jakarta yang dititipkan oleh tantenya di Bogor. Keduanya menjalin hubungan yang dekat karena sama-sama suka dengan dunia musik. 

9. Dilan 1990

Siapa yang tak kenal dengan film Dilan 1990? Ya, film ini pernah hits pada tahun 2018 lalu. Dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, kisahnya adalah tentang kepindahan Milea (Vanesha) ke Bandung. 

Ia kemudian bertemu dengan Dilan (Iqbaal) yang dikenal sebagai salah satu anggota geng motor. Seiring berjalannya wakyu, rasa cinta pun muncul di hati keduanya. 

10. Ada Apa Dengan Cinta 2

Kalau kamu sudah menonton film Ada Apa Dengan Cinta yang pertama, maka film sekuelnya ini tidak boleh kamu lewatkan. Di sini akan dibahas megenai kisah antara Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo) setelah 14 tahun berpisah. 

Cinta sudah sukses menjalani karier sebagai pemilik kafe. Sedangkan Rangga masih tinggal di New York. Cinta dan Rangga kemudian bertemu saat di Yogyakarta, keduanya pun sempat menghabiskan waktu bersama.

Deretan judul film drama Indonesia di atas bisa membuatmu baper dengan kisah manis dan pahit para tokoh. Mana yang belum pernah kamu tonton, Bela? 

IDN Channels

Latest from Inspiration