Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa Dijauhkan dari Orang Zalim Lengkap dan Artinya

Baca setiap hari

Nafi' Khoiriyah

Dalam kehidupan sehari-hari, pertemuan dengan orang baru memang tak bisa dihindarkan. Mulai dari lingkungan rumah, lingkungan sekolah, maupun lingkungan kerja, kita tentu perlu bersosialisasi dan menjadi pertemanan.

Namun, tidak semua orang yang ditemui pasti memiliki sifat yang baik. Di sekitar kita, bahkan masih ada orang zalim yang sering menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. 

Maka dari itu, alangkah baiknya kalau kita selalu memanjatkan doa dijauhkan dari orang zalim berikut ini. 

1. Al-Qur’an surat Al-Qashas ayat 21

freepik.com/freepik

Doa dijauhkan dari orang zalim yang pertama ada dalam Al-Qur’an surat Al-Qashas ayat 21. Doa ini merupakan doa Nabi Musa a.s saat berhadapan dengan Fir'aun.

Berikut adalah penggalan ayat yang bisa kamu baca:

رَبِّ نَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Rabbi najjinii minal qawmiz zaalimiin

Artinya: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim."

2. Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 75

Pexels.com/Thirdman

Berdoa kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari orang yang zalim bukan karena bermaksud buruk. Namun, hal itu sebagai bentuk kehati-hatian dan perlindungan diri agar tidak ada bahaya yang mengancam.

Di bawah ini adalah doa dijauhkan dari orang zalim dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 75. 

وَمَا لَكُمْ لَا تُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاۤءِ وَالْوِلْدَانِ الَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَخْرِجْنَا مِنْ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ اَهْلُهَاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ نَصِيْرًا

Wa maa lakum laa tuqootiluuna fii sabiilil laahi walmustad'afiina minar rijaali wannisaaa'i walwildaanil laziina yaquuluuna Rabbanaaa akhrijnaa min haazihil qaryatiz zaalimi ahluhaa waj'al lanaa mil ladunka waliyanw waj'al lanaa mil ladunka nasiiraa

Artinya: "Dan mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang yang lemah, baik laki-laki, perempuan maupun anak-anak yang berdoa, "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang penduduknya zhalim. Berilah kami pelindung dari sisi-Mu, dan berilah kami penolong dari sisi-Mu."

3. Al-Qur’an surat Yunus ayat 85

Freepik.com/Freepik

Selanjutnya, ayat Al-Qur’an surat Yunus Ayat 85 bukan hanya bisa menjauhkan dari orang- orang yang zalim, tetapi juga fitnah orang yang zalim. Amalkan doa ini, ya!

فَقَالُوۡا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلۡنَا‌ ۚ رَبَّنَا لَا تَجۡعَلۡنَا فِتۡنَةً لِّـلۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَۙ

Faqooluu 'alal laahi tawakkalnaa Rabbanaa laa taj'alnaa fitnatal lilqawmiz zaalimiin

Artinya: "Lalu mereka berkata, "Kepada Allah-lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim."

4. Al-Qur’an surat Al-A'raf ayat 47

freepik.com/freepik

Selain meminta dijauhkan dari orang yang zalim kita juga perlu berdoa agar tidak menjadi orang yang zalim. Doa yang bisa kamu panjatkan ada dalam Al-Qur’an surat Al-A'raf ayat 47. 

وَاِذَا صُرِفَتْ اَبْصَارُهُمْ تِلْقَاۤءَ اَصْحٰبِ النَّارِۙ قَالُوْا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَࣖ

Wa izaa surifat absaaruhum tilqooa'a Ashaabin Naari qoolo Rabbanaa laa taj'alnaa ma'al qawmiz zaalimniin

Artinya: "Apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata, “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama kaum yang zalim itu.”

5. Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 94

freepik.com/freepik

Doa dijauhkan dari orang zalim yang terakhir ada dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 94. Doa ini juga sebagai permohonan agar dijauhkan dari perilaku zalim. 

رَبِّ فَلَا تَجۡعَلۡنِىۡ فِى الۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَ

Rabbi falaa taj'alnii fil qawmiz zaalimiin

Artinya: "Ya Tuhanku, maka janganlah Engkau jadikan aku dalam golongan orang-orang zalim."

Kumpulan doa dijauhkan dari orang zalim di atas bisa kamu panjatkan setiap harinya, baik saat akan memulai hari maupun setelah salat. Semoga kita sama-sama dijauhkan dari orang yang berlaku zalim dan diberikan ketenteraman hidup, ya! Aamiin.

IDN Channels

Latest from Inspiration