Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Doa agar Hujan Berhenti dan Reda, Lengkap Arab dan Artinya

Bisa diamalkan

Nafi' Khoiriyah

Hujan bagi seorang muslim merupakan salah satu bentuk rahmat Allah SWT. Namun, hujan yang turun terus-menerus terkadang membuat kita khawatir akan terjadinya bencana dan hal buruk lainnya. 

Jika hujan yang turun mulai mengkhawatirkan, maka kita bisa meminta pertolongan Allah SWT dengan memanjatkan doa. Doa tersebut akan mengalihkan hujan dan membuat hujan yang turun menjadi lebih bermanfaat.

Simak kumpulan doa agar hujan berhenti yang sudah terangkum di bawah ini dan amalkan, yuk!

1. Doa menghentikan hujan

pexels.com/Min An

Doa agar hujan berhenti yang pertama bisa mengalihkan hujan ke tempat pepohonan tumbuh, pegunungan, hingga dataran tinggi. Doa ini pernah dipanjatkan Rasulullah SAW semasa hidupnya saat hujan deras berlangsung terus menerus. 

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wa la ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wal jibali, waz zhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari.

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.” (HR. Bukhari).

2. Doa ketika hujan turun

pexels.com/Redrecords ©️

Air hujan bagaimanapun merupakan sumber kehidupan untuk makhluk yang ada di bumi. Maka dari itu, agama Islam menganjurkan umatnya untuk membaca doa agar hujan yang turun bermanfaat seperti ini. 

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعً

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi‘a.

Artinya: “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.”

3. Doa saat hujan disertai petir

unsplash.com/frame harirak

Doa agar hujan berhenti yang lainnya bisa dibaca saat hujan datang disertai petir. Situasi hujan dengan petir itu biasanya akan membuat takut dan cemas jika tak berkesudahan. Maka, doa baik yang bisa dilafalkan berulang saat hujan petir adalah berikut ini. 

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbillah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”

4. Doa agar tidak turun hujan (dalam Al Qur'an)

Pexels.com/Andrey Grushnikov

Di masa Nabi Nuh a.s, Allah SWT menurunkan hujan deras sampai banjir bandang. Namun, Allah menghentikan hujan tersebut agar Nabi Nuh dan kaumnya selamat. Cerita itu kemudian tercantum dalam Al Qur'an surat Hud ayat 44 dan bisa dibaca agar hujan berhenti. 

وَقِيلَ يَٰٓأَرْضُ ٱبْلَعِى مَآءَكِ وَيَٰسَمَآءُ أَقْلِعِى وَغِيضَ ٱلْمَآءُ وَقُضِىَ ٱلْأَمْرُ وَٱسْتَوَتْ عَلَى ٱلْجُودِىِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِّلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Wa qila ya arḍubla'i ma`aki wa ya sama`u aqli'i wa gidal-ma`u wa qudiyal-amru wastawat 'alal-jụdiyyi wa qila bu'dal lil-qaumiz-zalimin

Artinya: Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim". (QS. Hud: 44). 

5. Doa agar hujan tidak menjadi bencana

Pixabay.com/Mabelamber

Terakhir, doa berikutnya juga bisa dipanjatkan agar terhindar dari bahaya dan bencana yang mungkin terjadi saat hujan. Dari Utsman bin Affan r.a, Rasulullah SAW bersabda: 

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami'ul 'alim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Demikian kumpulan doa agar hujan berhenti yang bisa diamalkan. Semoga setelah membaca doa di atas hujan yang turun makin mereda.

Jangan lupa diamalkan ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration