Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Sakit

Lihat contoh suratnya

Nafi' Khoiriyah

Ada kalanya anak berhalangan masuk sekolah karena sakit. Namun, izin sakit melalui WhatsApp saja terkesan kurang resmi. Kamu perlu membuat surat izin sakit yang biasanya dibuat oleh orang tua dan ditujukan untuk pihak sekolah. 

Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang bisa kamu ikuti. Di dalamnya, jangan lupa cantumkan keterangan nama, kelas, dan sakit yang dialami. Terakhir, lengkapi dengan tanda tangan orang tua supaya makin resmi. 

1. Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit 1

scribd.com

Contoh yang pertama ini dibuat oleh orang tua untuk mengizinkan putrinya yang sakit panas. Di dalamnya, surat ini dilengkapi dengan tanggal dan identitas supaya guru yang menerima surat akan memahaminya. 

2. Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit 2

scribd.com

Selanjutnya, contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit ini juga bisa dipakai. Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, di dalam surat perlu dicantumkan nama siswa yang berhalangan hadir dan kelas serta alamatnya. 

3. Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit 3

scribd.com

Biasanya, surat izin sakit ditujukan kepada Bapak/Ibu wali kelas siswa yang bersangkutan. Seperti pada contoh di atas, orang tua dari siswa langsung memberikannya kepada wali kelas supaya izin bisa diterima dan diteruskan informasinya untuk para siswa dan guru.

4. Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit 4

scribd.com

Supaya makin jelas, contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit juga perlu disertai dengan surat dokter. Surat dokter ini biasanya dibuat oleh dokter atas permintaan pasien untuk kebutuhan izin sekolah dan sebagainya. 

5. Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit 5

scribd.com

Surat izin tidak masuk sekolah tidak harus dibuat dengan kata-kata yang panjang. Kamu bsia membuatnya singkat, tetapi yang terpenting adalah mencantumkan informasi yang lengkap di dalamnya.

6. Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit 6

slideshare.net

Tujuan dibuatnya surat sakit ini supaya guru yang bersangkutan bisa mengetahuinya. Selain itu, surat juga menjadi bukti fisik jika suatu saat kehadiran siswa pada tanggal tersebut dipertanyakan. 

7. Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit 7

scribd.com

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit ini merupakan contoh yang kurang tepat. Sebab pada bagian tanda tangan, seharusnya nama terang yang dicantumkan adalah nama orang tua/wali, dan yang membuat surat adalah orang tua/wali (bukan siswa yang bersangkutan).

8. Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit 8

scribd.com

Supaya lebih jelas, kamu bisa mencantumkan tanggal izin sakit di dalam surat alih-alih di kepala surat. Hal ini supaya tidak terjadi kesalahan persepsi oleh guru yang membaca surat izin tersebut. 

Demikian contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang bisa kamu sontek. Namun, jangan lupa lengkapi identitasnya dengan identitasmu dan sertakan alasan sakitnya, ya!

IDN Channels

Latest from Inspiration