Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android, Efektif!

Jangan panik!

Nafi' Khoiriyah

Foto di HP menjadi salah satu memori penting yang bisa menyimpan kenangan berharga. Sayangnya, saking banyaknya foto yang tersimpan di dalam HP terkadang membuat memori makin penuh.

Alhasil, banyak foto yang terkadang tanpa sengaja terhapus dan membuatmu kebingungan untuk mengembalikannya. Namun jangan khawatir, sebab ada cara mengembalikan foto yang terhapus yang bisa diikuti berikut ini. 

1. Cek Recycle Bin

Pexels.com/Karolina Grabowska

Cara mengembalikan foto yang terhapus pertama bisa dengan memeriksa Recycle Bin di dalam HP Android. Folder tersebut bisa kamu lihat di galeri karena biasanya foto belum terhapus secara permanen di HP. 

Kebanyakan foto yang baru saja terhapus akan tersimpan di dalam folder Recycle Bin dalam kurun waktu tertentu, misalnya 30 hari setelahnya. Selama waktu tersebut, kamu pun bisa memulihkannya. 

Cara memulihkan foto dari Recycle Bin pun caranya berbeda-beda untuk setiap HP Android. Kamu bisa mengakses Album di dalam HP dulu untuk kemudian mengembalikannya. 

2. Buka Google Photos

Unsplash.com/Elle Cartier

Kemudian, cara yang kedua bisa dilakukan jika perangkat Android milikmu menggunakan Google Photos di dalamnya. Cara untuk memulihkan foto dengan menggunakan Google Photos pun cukup mudah karena pengguna yang sudah menyinkronkan galeri dengan Google Photos secara otomatis akan tersimpan di dalamnya. 

Caranya, buka aplikasi Google Photos di HP Android milikmu, kemudian cari foto yang sudah terhapus. Sebab, aplikasi ini secara otomatis akan mem-backup foto yang sudah terhapus di dalam perangkat HP. Jika ingin mendapatkannya kembali, kamu bisa mengunduh foto yang ada di dalamnya. 

3. Melalui SD Card

pexels.com/Soundarapandian MS

Kemungkinan besar foto yang sudah terhapus juga masih tersimpan di dalam SD Card atau memori eksternal HP Android. Cara mengembalikan foto yang terhapus dengan SD Card bisa dimulai dengan membuka "Folder Saya" di HP, kemudan pilih opsi "SD Card". 

Setelah terbuka, maka kamu bisa menemukan foto yang sudah terhapus di sini. Jika ingin mengembalikan foto ke galeri, maka tekanlah ikon "Share" atau "Download". Namun jika tidak ada SD Card di HP Android, maka foto yang terhapus kemungkinan masih ada di folder gambar. 

4. Gunakan aplikasi pihak ketiga

freepik.com/freepik

Jka cara-cara di atas tidak bisa mengembalilkan fotomu yang terhapus, maka masih ada cara lainnya yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang bisa digunakan untuk memulihkan foto di antaranya adalah Dumpster, DiskDigger, hingga Photo Recovery. 

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa menggali data di memori HP Android milikmu. Sebab, foto yang terhapus datanya masih tersimpan di memori. Sayangnya beberapa di antara aplikasi di atas membutuhkan biaya langganan yang tidak murah. 

Demikian cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android milikmu. Semoga cara di atas bisa memulihkan foto yang terhapus tidak sengaja di perangkatmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration