Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apakah di Pesawat Boleh Main HP? Ini Aturannya

Simak penjelasannya

Nafi' Khoiriyah

Ponsel menjadi salah satu barang yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita saat ini. Namun saat sedang menaiki pesawat, penggunaan HP lebih terbatas karena berbagai alasan. 

Sayangnya tak sedikit orang yang masih bingung dengan peraturan penggunaan HP tersebut. Mereka bingung dengan batas penggunaan yang diperbolehkan. 

Untuk memastikan apakah di pesawat boleh main HP dan bagaimana aturannya, simak pembahasan berikut, ya!

Apakah di pesawat boleh main HP?

pexels.com/Kelly

Apakah di pesawat boleh main HP? Jawabannya adalah ya. Namun, penggunaan ponsel di pesawat memang terbatas. Peraturan mengenai penggunaan ponsel di setiap ketinggian berbeda-beda di setiap maskapai. 

Sebagian besar maskapai penerbangan mengizinkan penumpang menggunakan ponsel dalam pesawat setelah mencapai ketinggian yang aman. Namun, penggunaan yang diperbolehkan adalah dengan mode pesawat. 

Apakah mode pesawat diperbolehkan?

Pexels.com/Pascal Borener

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, menggunakan mode pesawat memang diperbolehkan oleh sebagian besar maskapai. Mode pesawat tersebut diperbolehkan karena menonaktifkan fungsi seluler, WiFi, dan bluetooth pada perangkat.

Beberapa fungsi tersebut tidak boleh digunakan karena bisa mengganggu sistem komunikasi dan navigasi pesawat. Dengan mode pesawat, juga memungkinkan pengguna menangguhkan transmisi sinyal frekuensi radio suatu perangkat. 

Mengapa tidak diperbolehkan menggunakan HP di pesawat?

freepik.com/benzoix

Meski tidak sepenuhnya penggunaan HP di pesawat dilarang, tetapi ada batasan tertentu dalam penggunaannya. Alasannya adalah karena untuk menjaga keselamatan penumpang dan mencegah potensi gangguan pada sistem pesawat. 

Sebab, badan pengatur penerbangan di setiap negara dan wilayah biasanya memberikan peraturan khusus untuk lingkungan pengoperasian pesawat. Salah satunya adalah menetapkan aturan pasti untuk penggunaan ponsel. 

Apa bahaya menggunakan ponsel saat terbang?

freepik.com/freepik

Jika kamu masih mempertanyakan apakah di pesawat boleh main HP lagi, alasan lainnya adalah karena pesawat bisa berisiko interfensi elektromagnetik. Hal itu mungkin terjadi meski pesawat modern kini dilengkapi dengan teknologi canggih yang mampu menahan interfensi eksternal. 

Selain itu, jika penumpang melakukan aktivitas mengirim SMS atau menjelajah internet, hal itu bisa mengalihkan perhatian penumpang dari instruksi keselamatan yang penting. Jadi, risiko terkait penggunaan ponsel di pesawat sebenarnya adalah tindakan pencegahan dan untuk keamanan semua penumpang. 

Mengapa sebagian maskapai menyediakan WiFi?

pexels.com/rachel-claire

Meski penggunaan ponsel di pesawat dibatasi, tapi ada maskapai yang menawarkan layanan WiFi pada penerbangan tertentu. Hal ini menjadi pertanyaan banyak orang. Tujuan adanya WiFi tersebut antara lain adalah untuk memungkinkan penumpang tetap terhubung selama perjalanan. 

Biasanya, maskapai yang menawarkan WiFi sudah menggunakan teknologi dan sistem khusus yang membuat koneksi antara pesawat dan internet aman. Namun, kecepatan dan kualitas WiFi tersebut bisa bervariasi bergantung dengan jumlah pengguna, lokasi pesawat, dan lain sebagainya. 

Jadi, apakah di pesawat boleh main HP? Jawaban singkatnya adalah ya. Namun, penggunaan ponsel yang diperbolehkan harus dengan mode pesawat dan setelah pesawat mencapai ketinggian tertentu. 

IDN Channels

Latest from Inspiration