Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal ToTh6y: Sub-Unit K-Pop Baru dengan Mengusung Tema Queer

Siapa saja anggotanya?

Nabila Damaan

Akhir-akhir ini, penggemar K-pop tengah dihebohkan tentang grup yang akan debut bernama ToTh6y. Grup ini adalah sub-unit K-pop yang akan debut pada tahun 2024 dengan tema yang unik dan cukup sensitif.

Yap, ToTh6y dikabarkan akan mengusung konsep Queer (LGBTQ) dalam debutnya. Produser grup ini menyatakan bahwa dia ingin menampilkan kebebasan berekspresi dalam berkarya. Yuk, simak fakta menarik tentang ToTh6y berikut ini!

Digawangi oleh Daewang, anggota bertopeng kelinci di grup K-Pop PinkFantasy

koreaboo.com

Pada tanggal 1 April 2024 lalu, anggota bertopeng, Daewang mengumumkan melalui X, bahwa dia akan membentuk sub-unit grup K-pop dengan membawa tema tentang Queer

Dalam unggahannya itu, anggota bertopeng kelinci yang sampai saat ini belum terungkap identitasnya tersebut menyertakan foto dirinya tengah menggunakan kostum dengan warna identitas LGBT dan menyebutkan bahwa anggotanya akan terdiri dari lima orang.

Fyi, pada tahun 2018, grup K-pop PinkFantasy memulai debutnya, mendapatkan perhatian karena anggota misterius yang mengenakan kepala kelinci selama promosi mereka. Grup ini tetap aktif meskipun ada beberapa perubahan susunan pemain hingga Januari 2024.

Makna nama ToTh6y

twitter.com/ToTh6y

Pada tanggal 2 April, Daewang mengunggah postingan pertama yang penuh semangat, membagikan persiapan untuk unit baru dengan tema "pembebasan queer". Unggahan ini disertai dengan emoji bendera Pride, yang jelas menunjukkan tujuan dan fokus dari unit tersebut. Dalam tweet berikutnya, Daewang memperkuat pengumuman ini dengan mempertimbangkan nama unitnya, ToTh6y.

Daewang menjelaskan bahwa nama sementara untuk unit baru mereka adalah ToTh6y. Nama ini memiliki makna khusus: "To" berarti mereka ingin menyampaikan pesan kepada semua orang, termasuk para penggemar dan kelima anggota grup, yang bersama-sama menjadi enam orang. Angka enam juga dipilih karena merupakan angka favorit Daewang. 

Selain itu, "Th6y" mencakup kata "they" dengan emoji bendera Pride, yang menunjukkan dukungan dan representasi untuk komunitas LGBTQ+. Arti lainnya berasal dari kesamaan nama unit dengan kata “hari ini”, yang menandakan para anggota mendesak untuk kebahagiaan dan persatuan di masa sekarang.

Terdiri dari 5 anggota

koreaboo.com

Selang 1 bulan setelah Daewang mengumumkan akan membentuk sub-unit Kpop ToTh6y, tepatnya pada hari Jumat (10/05/2024) akun X, ToTh6y muncul dan mengumumkan line up anggotanya. ToTh6y adalah unit yang terdiri dari PinkFantasy dan anggota TMC di bawah MyDoll Entertainment. 

Kelima member ToTh6y ialah:

1. Arang yang berusia 23 tahun diumumkan menjadi pemimpin unit. Arang sendiri tadinya adalah pemimpin dan penari utama PinkFantasy, dan hampir debut sebagai anggota grup Busters.

koreaboo.com

2. Momoka, anggota PinkFantasy yang diketahui pernah menjadi penari latar untuk Twice, Hwasa dan Mamamoo sebelum debutnya.

koreaboo.com

3. Miku juga anggota PinkFantasy yang merupakan maknae grup pada usia 21 tahun, dan terdaftar sebagai penari utama, vokalis, dan rapper PinkFantasy.

koreaboo.com

4. Wonsik merupakan anggota laki-laki berusia 34 tahun. Dia adalah anggota APeace dan sub-unitnya Jade5.

koreaboo.com

5. Seunghyuk berusia 32 tahun yang juga merupakan anggota dari Apeace dengan sub-unitnya, yaitu Onyx5. Ia merupakan seorang ulzzang sebelum debut ini.

koreaboo.com

Wonsik dan Seunghyuk kemudian debut kembali di bawah MyDoll Entertainment sebagai duo TMC, merilis single pertama mereka “Pew Pew Pew” pada Maret 2024.

Debut di tahun 2024

genius.com

Melalui unggahannya Daewang mengungkap bahwa ToTh6y sedang mempersiapkan debut mereka, yang dijadwalkan selesai pada musim panas 2024. Sementara itu, setiap anggota sibuk dengan kegiatan masing-masing, seperti TMC sedang giat berpromosi dan pada 4 Mei 2024, mereka tampil di acara The 1st Link K-Pop Music Festival di Yokohama, Jepang. 


Isu LGBTQ di Korea Selatan masih cukup sensitif. Debut ToTh6y dengan tema Queer menimbulkan banyak rasa penasaran serta pro dan kontra. Menurutmu apakah debut mereka akan berhasil?

IDN Channels

Latest from Inspiration