Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Fakta Menarik Kemerdekaan Indonesia 1945, Dapat Bantuan Negara Lain?

Negara lain ikut membantu Indonesia, penasaran?

Mariana Politton

Banyak pelajaran penting dan menarik yang dapat kita petik bersama dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satu yang paling utama adalah memahami betapa besar pengorbanan para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

Dalam perjuangan kemerdekaan tersebut, berbagai kejadian menantang tentu terjadi dan harus dihadapi oleh para pahlawan dengan keberanian dan tekad yang kuat. Beberapa peristiwa bahkan hampir menggagalkan pencapaian kemerdekaan Tanah Air saat itu.

Ingin tahu kejadian-kejadian apa saja yang dimaksud? Mari kita telusuri beberapa fakta menarik mengenai peristiwa Kemerdekaan Indonesia 1945 di bawah ini!

Mengenai naskah Proklamasi

republika.id

1. Terdiri dari dua teks

Faktanya, ada dua jenis teks Proklamasi yang dibedakan berdasarkan metode pembuatan atau penulisannya, yaitu teks Proklamasi klad dan teks Proklamasi otentik. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama menjadi bagian penting dari sejarah kemerdekaan Indonesia.

Adapun, perbedaan antara kedua teks tersebut adalah sebagai berikut:

  • Teks Proklamasi klad: naskah asli yang ditulis langsung oleh Ir. Soekarno, dengan bantuan Mohammad Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo.
  • Teks Proklamasi autentik: hasil ketikan seorang pemuda bernama Sayuti Melik setelah Proklamasi dibacakan dan seringkali digunakan untuk keperluan dokumentasi resmi dan penyebarluasan.

Selain itu, kedua teks Proklamasi tersebut turut memiliki perbedaan dalam bagian-bagiannya, termasuk perubahan dalam proses pengetikan teks Proklamasi, di mana frasa "Wakil-wakil bangsa Indonesia" diubah menjadi "Atas nama bangsa Indonesia."

2. Menerima bantuan dari Jerman

Berlangsung di kediaman seorang perwira tinggi Angkatan Laut Jepang, Laksamana Maeda, proses pengetikan atau penulisan teks Proklamasi sempat terhambat akibat mesin ketik yang tersedia hanya memiliki huruf kanji Jepang, tidak sesuai untuk penulisan bahasa Indonesia.

Namun, penulisan teks Proklamasi akhirnya tetap dapat dilakukan berkat ketersediaan mesin ketik milik Angkatan Laut Jerman, yang dipinjamkan dari kantor perwakilan Angkatan Laut Jerman milik Mayor (laut) Dr. Hermann Kandeler untuk digunakan oleh Sayuti Melik.

3. Naskah asli sempat dibuang

Situasi mencekam sebenarnya masih terasa setelah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu, para pejabat di dalam Gedung Proklamasi khawatir akan kemungkinan penggerebekan oleh pasukan Jepang yang masih berada di Indonesia.

Salah satu pejabat, M. Yamin, sangat khawatir jika hal tersebut terjadi, teks atau naskah asli Proklamasi yang ditulis oleh Mohammad Hatta dapat ditemukan oleh pihak penjajah. Hal ini berisiko mengakibatkan penyitaan, penghancuran, atau konsekuensi serius lainnya.

Untuk menghindari risiko tersebut, M. Yamin memutuskan untuk membuang teks Proklamasi ke dalam tong sampah. Tindakan ini diambil semata-mata untuk menyelamatkan naskah asli Proklamasi di tengah situasi yang sangat genting dan berbahaya.

Mengenai upaya dokumentasi

viva.co.id

4. Risiko penyitaan oleh Jepang

Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia jelas merupakan momentum yang sangat penting. Tidak heran, para pejabat Indonesia kala itu berusaha untuk mendokumentasikan peristiwa tersebut, termasuk kejadian-kejadian setelah pembacaan selesai.

Namun, keberanian para pejabat Indonesia hampir terhambat oleh pasukan Jepang yang masih berkuasa di Indonesia saat itu. Mereka mencoba menyita perangkat kamera dan dokumen-dokumen yang digunakan untuk merekam peristiwa Proklamasi.

Berkat upaya berani dari beberapa saksi mata yang menghadang pasukan Jepang, dokumentasi Proklamasi dalam format gambar dan rekaman suara pun berhasil diselamatkan dari upaya penyitaan yang dilakukan oleh pasukan Jepang. 

Dengan demikian, bukti berharga dari momen bersejarah ini dapat dipertahankan untuk generasi mendatang. Kini, para masyarakat Indonesia dapat menyimak dan mempelajarinya dengan harapan nilai-nilai kemerdekaan terus hidup di setiap generasi.

5. Rekaman ulang suara

Pembacaan Proklamasi pada 17 Agustus 1945 jelas menjadi tonggak bersejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Namun, suara pembacaan Proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta sebenarnya bukanlah hasil rekaman langsung dari momen tersebut.

Pada saat itu, teknologi rekaman suara yang memadai belum tersedia sehingga Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta harus merekam ulang suara pembacaan teks Proklamasi di sebuah studio radio yang berada di Jakarta pada 18 Agustus 1945. 

Dengan demikian, rekaman ulang tersebutlah yang kemudian digunakan sebagai dokumentasi suara untuk momentum bersejarah tersebut.

Konteks waktu dan kondisi

beautynesia.id

6. Berlangsung di bulan Ramadan

Berbicara mengenai waktu penyelenggaraan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, semua masyarakat tentu mengetahui bahwa momentum bersejarah ini terjadi pada 17 Agustus 1945. Namun, tanggal tersebut sebenarnya juga jatuh pada bulan Ramadan saat itu.

Dengan begitu, para pemimpin bangsa dan saksi-saksi beragama Islam yang hadir saat Proklamasi berlangsung tengah menjalani ibadah puasa. Hebatnya, mereka tetap menunjukkan semangat dan tekad yang mulia untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

Sungguh, ini menjadi momentum bersejarah yang membanggakan dan penuh khidmat. Tidak hanya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia beragama Islam, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia yang bersatu dalam nilai-nilai Pancasila.

7. Soekarno sakit malaria

Hari Kemerdekaan Indonesia merupakan momentum penting yang tidak mungkin dilewatkan oleh para pejuang bangsa kala itu, termasuk Ir. Soekarno. Namun, sedikit orang yang mengetahui bahwa saat itu Ir. Soekarno sebenarnya hadir dalam kondisi yang tidak sehat.

Beliau terkena gejala malaria tertiana yang menyebabkan suhu tubuhnya tinggi. Dua jam sebelum Proklamasi berlangsung, Ir. Soekarno pun masih tertidur pulas dan sempat mengeluh mengenai rasa linu akibat demam kepada dokter pribadinya ketika dibangunkan.

Setelah mendapat perawatan intensif dari dokter, Ir. Soekarno terbangun kembali pada pukul 09.00 WIB, lalu melanjutkan Upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan tekadnya yang kuat untuk tetap menghadiri peristiwa penting bagi negara.

Berkaitan pengibaran bendera

saibumi.com

8. Bendera Pusaka didapat dari Perwira Jepang

Selain pembacaan Proklamasi, Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 juga melibatkan pengibaran “Bendera Pusaka” atau “Sang Saka Merah Putih” sebagai simbol kemerdekaan yang mencerminkan nilai-nilai bangsa dan negara Indonesia.

Menariknya, Bendera Pusaka yang identik dengan warna merah dan putih tersebut dijahit oleh Ibu Fatmawati, yang mana beliau mendapatkannya bukan dari orang Indonesia, melainkan seorang Perwira Jepang bernama Chairul Basri pada Oktober 1944. 

Awalnya, kain tersebut direncanakan untuk dibuat menjadi baju bagi anak pertama yang dikandungnya. Namun, dengan waktu persiapan terbatas, Ibu Fatmawati memutuskan untuk menjahit kain tersebut menjadi “Bendera Pusaka” dengan makna mendalam.

9. Tiang bendera terbuat dari bambu

Perjuangan masyarakat Indonesia yang bersatu dengan para tokoh-tokoh pejuang melahirkan nilai-nilai persatuan yang sederhana tetapi penuh makna mendalam. Mungkin itulah mengapa, Hari Proklamasi juga identik dengan kesederhanaan yang meneduhkan.

Hal ini terbukti dari penggunaan tiang bendera yang terbuat dari bambu. Meskipun pilihan bambu disebabkan oleh waktu persiapan yang mendesak, bambu sebenarnya juga dapat dinilai sebagai simbol kerakyatan yang kokoh dan mencerminkan keberanian.

Dengan demikian, kamu sudah mengetahui beberapa fakta menarik mengenai Hari Kemerdekaan Indonesia. Ternyata, ada beragam kejadian yang terjadi saat para pemimpian bangsa dan saksi-saksi berusaha mendeklakasikan kemerdekaan Indonesia.

IDN Channels

Latest from Inspiration