Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Teori Fans Drakor 'Love Next Door', Ada Dugaan Plot Twist Sedih

Hati-hati, ulasan ini memuat sedikit bocoran cerita!

Mariana Politton

Ibarat menaiki roller coaster, perasaan para penikmat drama Korea Love Next Door (2024) juga dibuat bercampur aduk mengikuti ritme cerita yang naik turun. Terlebih lagi, drama ini menampilkan bintang-bintang besar seperti Jung Hae-in dan Jung So-min, yang kian meningkatkan antusiasme penggemar.

Keduanya terlibat dalam kisah seputar teman masa kecil yang saling jatuh cinta setelah dewasa, terutama saat mereka dipertemukan kembali di kampung halaman, tempat mereka tinggal sebagai tetangga sebelah rumah.

Itulah mengapa drakor ini menggunakan judul “Love Next Door,” yang berarti “Cinta di Sebelah Rumah, sebuah judul  semakin menarik perhatian penonton hingga memicu berbagai teori mengenai alur dan akhir cerita; sebagian meyakini akhir yang bahagia, sementara yang lain melihat potensi akhir yang menyedihkan.

Apa saja teori-teori yang berkembang seputar Love Next Door?

1. Alasan Bae Seok-ryu sempat cuti setahun

mydramalist.com

Kisah romansa-komedi dalam Love Next Door dimulai dengan kepulangan Bae Seok-ryu (Jung So-min) dari Amerika Serikat ke kampung halamannya di Korea Selatan. Seiring berjalannya episode, terungkap bahwa keputusan itu disebabkan oleh keputusan resign karena masalah yang memengaruhi kesehatan psikisnya.

Memasuki episode 3 dan 4, Bae Seok-ryu juga dijelaskan sempat mengambil cuti selama setahun tanpa menjelaskan alasan sebenarnya. Hal ini memicu teori di kalangan penggemar bahwa keputusan tersebut mungkin disebabkan oleh kondisi sakit atau masalah psikologis yang disembunyikan secara diam-diam.

2. Masalah keluarga Choi Seung-hyo

idntimes.com

Berbicara mengenai masalah pribadi yang dihadapi seorang diri, Choi Seung-hyo (Jung Hae-in) juga diperkenalkan dalam kondisi keluarga yang tidak harmonis. Sang ayah kerap menjaga jarak dari ibunya secara sengaja, sementara ibunya terus berusaha menunjukkan bahwa keluarga mereka baik-baik saja.

Dalam beberapa episode yang telah diputar, ketidakharmonisan orang tua Choi Seung-hyo memang tampak terjadi akibat kesibukan mereka; sang ayah adalah dokter dan ibunya adalah diplomat. Namun, para penggembar menduga bahwa alasan yang sebenarnya adalah isu perselingkuhan yang dirahasiakan.

3. Cinta segitiga yang tersembunyi di masa SMA

X.com/goldentimeteam

Berhasil menjaga pertemanannya dengan Bae Seok-ryu sejak kecil, sebuah fakta mengenai perasaan Choi Seung-hyo tahu-tahu terungkap di salah satu episode: ia ternyata pernah menyimpan perasaan cinta kepada Bae Seok-ryu saat di bangku SMA, yang mana hal ini terkuak ketika ia mengambil surat dari kapsul waktu.

idntimes.com

Namun, memasuki episode 4, adegan baru menguatkan fakta baru yang tidak kalah menarik: Jeong Mo-eum (Kim Ji-eun), sahabat mereka dalam trio musketeer sejak masa SMA, telah membuka kapsul waktu terlebih dahulu di masa SMA dan membaca surat kedua sahabatnya, termasuk surat milik Choi Seung-hyo.

Dengan kata lain, Jeong Mo-eum sebenarnya sudah mengetahui perasaan Choi Seung-hyo kepada Bae Seok-ryu yang tertulis dalam surat tersebut. Namun, ia tidak melakukan apapun dan hanya mengembalikan surat kedua temannya itu, tanpa mengembalikan surat miliknya sendiri atau membiarkan mereka mengetahui isinya.

mydramalist.com

Hal ini memicu spekulasi di kalangan penggemar bahwa Jeong Mo-eum mungkin diam-diam menyimpan perasaan cinta kepada Choi Seung-hyo di masa SMA. Itulah mengapa, ia memilih untuk menyembunyikan perasaannya dan tidak bertindak ketika mengetahui perasaan Choi Seung-hyo terhadap Bae Seok-ryu.

4. Rahasia mengenai identitas Kang Dan Ho

idntimes.com

Di antara tokoh-tokoh dari masa kecil Choi Seung-hyo dan Bae Seok-ryu, muncul tokoh baru bernama Kang Dan-ho (Yoon Ji-on), yang tiba-tiba hadir dan tampak sebagai calon jodoh Jeong Mo-eum. Keduanya mengalami serangkaian pertemuan kebetulan, termasuk kepindahan Kang Dan-ho sebagai tetangga Jeong Mo-eum.

Di sisi lain, Jeong Mo-eum bertemu dengan seorang anak perempuan, dan keduanya menjadi teman karena sama-sama menyukai alien. Meskipun identitas anak tersebut belum diungkapkan, sebuah teori dari penggemar menyatakan bahwa anak perempuan itu mungkin adalah putri Kang Dan-ho.

Namun, anak perempuan itu bisa jadi bukan anak kandung, seperti keponakan atau anak yang diasuh oleh Kang Dan-ho secara sukarela karena kebaikan hatinya. Hal ini menjadikannya sebagai ayah tunggal.

5. Kematian tokoh utama di masa depan

idntimes.com

Mengusung genre romansa-komedi, Love Next Door diharapkan memberi akhir cerita yang membahagiakan. Namun, muncul spekulasi bahwa Bae Seok-ryu mungkin menderita penyakit serius, mengingat dugaan bahwa alasan ia mengambil cuti selama setahun di Amerika Serikat adalah kondisi kesehatannya.

altselection.com

Teori ini semakin diperkuat ketika Bae Seok-ryu terlihat mengalami mimisan di episode 6, mengindikasikan kesehatannya yang kurang baik. Di sisi lain, ketertarikan Choi Seung-hyo terhadap desain arsitektur rumah duka di episode 1 menciptakan benang merah yang memperkuat dugaan penggemar ini.

Tidak berhenti di situ, poster utama Love Next Door juga diduga menyiratkan makna tersembunyi mengenai akhir cerita yang menyedihkan. Pasalnya, Choi Seung-hyo dan Bae Seok-ryu digambarkan sebagai pasangan yang tidak saling memandang, sementara Kang Dan-ho dan Jeong Mo-eum memandang satu sama lain.

Dok. tvN

Namun, ingat, teori penggemar yang berkembang di atas tetaplah sebatas spekulasi. Untuk mengetahui jawaban yang benar dan pasti dari semua misteri dalam Love Next Door, termasuk ending cerita, kamu tentu hanya bisa mengetahuinya dengan menonton seluruh episodenya di Netflix. Selamat menikmati, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration