Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mudah Dipahami, Inilah 8 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris Untuk Pemula

Cara mudah untuk fasih berbahasa Inggris

Audia Natasha Putri

Di zaman dinamis dengan pergerakan serba cepat, bahasa Inggris menjadi hal penting yang wajib dikuasai setiap orang. Bahasa internasional yang berperan sebagai katalisator dalam memperluwes komunikasi dengan penduduk mancanegara. Bukan cuma itu saja, penguasaan bahasa Inggris juga menjadi nilai menonjol bagi perusahaan untuk merekrut karyawan yang kiranya dapat beradaptasi di era globalisasi ini.

Maka dari itu, penting sekali untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai bekal kita untuk menunjang karier atau pendidikan. Salah satunya adalah dengan membaca buku bahasa Inggris. Metode ini dapat memperluas vocabulary baru dan meningkatkan pemahaman konteks bahasa Inggris.

Mulai dari nonfiksi dengan tema self development, sampai fiksi yang penuh cerita indah namun tetap ringan dibaca, berikut adalah rekomendasi buku bahasa Inggris untuk pemula.

1. Atomic Habits oleh James Clear (Non-fiksi)

Wordsofweston.com

Buku ini dikhususkan buat kamu yang sedang memulai menerapkan kebiasaan produktif. Dengan gaya bahasa yang santai dan vocabulary yang umum, buku self-help ini memiliki substansi yang mudah diaplikasikan dan tidak terkesan menggurui.

Tak hanya teori, buku ini juga berisikan tips, contoh, serta mencantumkan pengalaman segelintir orang yang berhasil mencapai kesuksesan dengan memulainya dari kebiasaan kecil. Sebuah bacaan awal tahun yang baik buat kamu yang memiliki resolusi untuk menerapkan kebiasaan baru serta menghapus kebiasaan buruk.

2. Ikigai oleh Hector Garcia dan Francesc Miralles (Non-Fiksi)

Instagram.com/anebez00

Sedang membangun kebiasaan baca buku secara rutin sekaligus ingin improvivasi keluwesanmu dalam berbahasa Inggris? Kalau begitu, Popbela merekomendasikan buku nonfiksi berjudul Ikigai yang ditulis oleh Hector Garcia dan Francesc Miralles. Buku ini cocok buat kamu yang nggak biasa membaca buku. Soalnya, tebal bukunya kurang dari 200 halaman dan tingkat bahasa Inggrisnya pun mudah dimengerti oleh pemula.

Buku ini menelisik isi penelitian oleh kedua penulis tersebut saat meneliti tentang rahasia umur panjang dan bahagia para penduduk di Okinawa, Jepang. Bukan cuma itu, buku ini juga membantumu untuk menemukan arti kedamaian dan passion hidup yang selaras dengan visi dirimu sendiri.

3. The Girl Who Drank The Moon oleh Kelly Barnhill (Fiksi)

Instagram.com/to.road.or.to.roam

Jikalau buku nonfiksi masih terlalu berat untukmu, coba saja beralih ke literatur fiksi berjudul The Girl Who Drank the Moon. Novel ini dirangkai untuk pembaca anak-anak, sehingga bahasa Inggris yang digunakan pun dikemas ringan dan mudah dipahami.

Bertema fantasi dan imajinatif untuk anak-anak, ceritanya pun sungguh seru dengan latar ala negeri, membawamu larut ke dalam kisahnya. Kental akan pesan kehidupan yang relevan buat orang dewasa sekalipun.

Novel ini mengisahkan tentang Luna, gadis yang memiliki bakat dahsyat. Sayangnya, kekuatan yang ia dapat dari cahaya rembulan ini sangatlah berbahaya. Oleh karena itu, ia harus belajar mengontrolnya sebelum ia menghancurkan tempat tinggal dan membahayakan orang sekitarnya.

4. We Should All Be Feminist Karya Chimamanda Ngozi Adichie (Non-fiksi)

Medium.com

Rekomendasi buku bahasa Inggris buat kamu yang kurang suka baca adalah We Should All Be Feminist. Buku ini bisa menjadi pedoman ringan bagi kamu yang ingin mengenal konsep feminisme dan peran pentingnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tenang, walau buku ini hanya berisi 64 halaman, namun pembahasannya pun cukup padat dan bisa membuka wawasanmu akan feminisme. Bahasanya juga mudah dan ringan, meski topiknya terdengar berat. 

Menariknya lagi, sang penulis menyediakan bahasan tentang urgensi akan pentingnya feminisme tanpa menyudutkan gender manapun. Bahasanya pun memakai kata-kata sederhana dan lugas, sehingga mudah dikonsumsi oleh para pembaca awam sekaligus.

5. To Kill A Mockingbird oleh Harper Lee (Fiksi)

Instagram.com/literary.sunflower

Kamu penggiat isu sosial sekaligus pecinta sastra klasik? Sebuah keputusan tepat membaca poin ini. Karena Popbela merekomendasikanmu novel To Kill A Mockingbird yang berisikan kritik sosial terhadap diskriminasi perbedaan warna kulit.

Cerita novel ini diangkat dari sudut pandang seorang anak perempuan yang ayahnya bekerja sebagai pengacara. Cerita mulai tergerak saat sebuah insiden menghebohkan kampung sang gadis. Di mana sang ayah yang ditugaskan menjadi kuasa hukum, harus mengadili sang pelaku yang merupakan pria kulit hitam.

Di tengah hantaman diskriminasi pada warga kulit hitam, kehidupan sang tokoh utama pun ikut berubah karena keputusan ayahnya. 

6. Fahrenheit 451 oleh Ray Bradbury (Fiksi)

Instagram.com/edgar_allan.hoes

Novel laris milik Ray Bradbury satu ini cukup fenomenal karena mengangkat cerita yang unik dan tidak biasa. Latarnya di sebuah semesta distopia di Amerika. Di mana semua informasi dimonopoli oleh satu entitas. Sebuah kehidupann pelik, di mana masyarakat telah dibius dan diperbudak media, obat-obatan, dan konformitas.

Dari paham ini, buku dianggap sebagai sumber segala kekacauan dan ketidakbahagiaan. Akan hal ini, semua buku harus dimusnahkan dan ilegal untuk dibaca. Siapa pun yang ketahuan membaca dan menyimpan buku, maka akan diburu dan ditangkap.

Ceritanya tentang petugas kebakaran bernama Montag yang bertugas membakar buku-buku tersisa. Buku ini terbit di tengah perang dingin di mana banyak warga Amerika hidup di tengah ketakutan dan kekhawatiran. Recommended pokoknya!

7. Flipped oleh Wendelin Van Draanen (Fiksi)

Instagram.com/readwithshar

Kisah cinta Juli dan Bryce yang polos dan penuh ketulusan dalam film Flipped sukses bikin baper banyak remaja di seluruh dunia. Namun tahukah kamu, kalau film romantis tersebut merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul sama?

Jalan ceritanya sama dengan versi filmnya. Perjalanan cinta Bryce dan Julie, tetangga yang juga teman sekelas yang saling menyukai. Ceritanya Singkat, tapi manisnya kebangetan dan bikin kamu rindu untuk membacanya kembali. Pasti deh setelah selesai baca ini, kamu akan termotivasi untuk melahap buku-buku lainnya. 

8. The Giver oleh Lois Lowry (Fiksi)

E-bay.com

Rekomendasi buku bahasa Inggris untuk pemula yang terakhir adalah The Giver karya Lois Lowry. Buku ini pas banget buat kamu yang ingin membiasakan diri dengan bahasa Inggris dalam keseharian. Lantaran, Lois Lowry menggarap cerita miliknya ini dengan kalimat pendek dan kata yang lumrah dan umum didengar. Grammarnya pun simpel, sehingga tetap enak dibaca dan tidak membingungkan.

Buku ini menceritakan tentang seorang anak bernama Jonas dan lingkungan dimana tidak ada kebebasan, hak individu, dan pilihan. Ceritanya seru dan unik, bahkan saat chapter awal. Sekali kamu membacanya, kamu tak segan ingin menyelesaikannya karena penasaran akan ceritanya.

Itu tadi rekomendasi buku bahasa Inggris untuk pemula. Memulai kebiasaan membaca bisa kamu dengan memilih bacaan yang paling kita sukai. Yuk, langsung dipraktikan dari sekarang.

IDN Channels

Latest from Inspiration