Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Deretan 6 Ras Kucing Mungil yang Bisa Kamu Pelihara, Imut Banget!

Lebih menggemaskan dan aktif

Audia Natasha Putri

Kucing menjadi hewan peliharaan yang paling populer di dunia. Banyak orang mengadopsi dan menganggapnya sebagai keluarga karena tingkahnya yang menggemaskan, ekspresi wajah yang lucu, dan kecerdasannya dalam mematuhi perintah ataupun beradaptasi.

Apalagi jika kamu mengadopsinya sejak masih anak-anak yang sangat menggemaskan. Mata yang besar, tubuh mungil, dan pola tingkah yang imut menjadi daya tarik sendiri. Kucing pun terdiri banyak jenis dan kategori, berdasarkan penampilan, ukuran tubuh, imunitas, bahkan rentang hidup.

Namun, ternyata ada beberapa ras kucing bertubuh mungil layaknya anak kucing meskipun sudah berumur, lho, Bela. Termasuk kucing munchkin yang digemari para cat lovers karena kakinya yang pendek dan matanya yang besar.

Selain munchkin, berikut adalah ras kucing bertubuh mungil yang bisa menjadi referensi untukmu.

1. Singapura

Whiskas.com

Daya tarik dari kucing ras satu ini adalah tubuhnya yang mini disertai mata dan telinga besar dan kaki yang pendek. Bahkan kucing ini masuk dalam deretan kucing terkecil di dunia dengan berat hanya 1,8 - 3,6 kg.

Sifatnya yang humble dan senang bersosialisasi dengan kucing atau orang baru membuat anabul satu ini cocok dipelihara oleh anak-anak. Ras ini memang dikhususkan sebagai kucing rumahan yang membuatnya bisa sering berinteraksi dengan manusia.

2. Munchkin

Unsplash.com

Imperfect makes you perfect tampaknya cocok mendeskripsikan kucing satu ini. Munchkin sebenarnya mengalami kecacatan akibat mutasi genetik yang membuat kakinya sangat pendek. Meskipun kondisi fisiknya tak mumpuni, justru kucing ini disukai banyak orang karena cara jalannya yang lucu dan menggemaskan seperti kelinci. Tak heran kini mulai banyak pengembangbiakkan ras kucing satu ini.

Terlepas dari ketenarannya, pro dan kontra dari pengembangbiakkan kucing ini pun turut memancing kontroversi di antara cat lovers di seluruh dunia. Banyak orang menganggap bahwa mutasi genetik ini akan mempengaruhi kesehatan ras munchkin yang tentu merugikan dan dianggap melanggar hak asasi hewan.

Namun di sisi lain, beberapa beropini bahwa Munchkin adalah terobosan ras kucing baru dan unik.

3. LaPerm

International Pet Care

Meskipun sekilas mirip ras persian, bulu keriting dan ikal kucing LaPerm merupakan hasil mutasi genetik. Karena kelainan ini, beberapa LaPerm terlahir botak, meski kebanyakan bayi LaPerm mempunyai variasi bulu yang keriting, baik panjang maupun pendek dengan ragam warna dan pola yang unik.

Kucing ini bersifat lembut, penyayang dan cukup jinak dengan hewan peliharaan lain dan anak-anak. Karena itu, kucing ini senang sekali bermain dan mencari atensi tuannya dengan mengelus kepalanya, menempel dan menyentuh wajah pemiliknya

Kecerdasannya yang tinggi membuatnya ingin tahu terhadap banyak hal dengan mengikuti kita ke manapun sambil meringkuk di samping sofa.

4. Minuet

Catster.com

Mirip Munchkin, Minuet merupakan kucing yang mengalami kelainan genetik yang menyebabkan kakinya pendek. Ras ini muncul karena perkawinan silang antara kucing Persia dan Munchkin. Dengan kaki pendek, kepala bulat, mata bulat besar, dan telinga bulat, kucing ini sangat aktif dan senang sekali mengajak tuannya bermain.

Dengan sifatnya yang ramah dan penyayang, Minuet bisa menjadi sahabat bulu bagi anak-anak. Tak butuh waktu lama bagi Minuet untuk menjahit ikatan batin dengan pemiliknya.

5. Japanese bobtail

Petfinder.com

Sekilas mirip kucing domestik, Japanese Bobtail merupakan kucing khas Jepang yang memiliki ekor pendek yang beragam. Uniknya, Bobtail memiliki variasi bentuk ekor dengan bulu panjang atau pendek yang hadir dalam berbagai warna dan pola.

Sebagai kucing yang ceria dan penuh energi, Bobtail tak pernah kehabisan tenaga untuk aktif bermain dengan kucing lain maupun pemiliknya. Dengan sifatnya yang ramah dan senang berinteraksi, Bobtail pun bisa menjawab jika kita mengobrol dengannya.

Tidak seperti mayoritas kucing yang agresif terhadap teritorial wilayahnya, justru Bobtail sangat santai dan menghindari pertikaian dengan kucing lain. Selain itu, kucing ini juga dikenal memiliki rasa ingin tahu dan senang berinteaksi dengan banyak orang serta hewan peliharaan lainnya. Tak heran kucing ini bersifat photogenic dan menjadi hewan favorit para fotografer.

6. American Curl

Litter Robot

Karena gen-nya yang bervariasi, kucing Amerika Curl terdiri dari ukuran tubuh, dari kecil hingga besar. Namun, kebanyakan mereka cenderung bertubuh mungil dengan ciri khas telinga melengkung ke belakang. Karena telinga ikalnya, kucing ini pun mendapat julukan American Curl.

Dengan karakternya yang penyayang dan ekstrovert, American Curl mudah sekali dekat dengan manusia dan kucing lain. Karena sifatnya itulah, kucing ini menjadi idola bagi banyak keluarga yang ingin mengadopsi hewan peliharaan.

Kucing ini sangat ideal bagi keluarga yang menginginkan hewan peliharaan, karena mereka punya kepribadian yang penyayang dan senang dengan banyak orang.

Dengan tingkahnya yang menggemaskan dengan postur tubuh yang mini menjadikan ras kucing mungil cukup ternama di kalangan pecinta kucing. Favoritmu yang mana nih, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration