Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Penyebab Wastafel Mampet, Cek Sumbatannya

Membuang minyak ke wastafel juga bisa bikin mampet, lho

Audia Natasha Putri

Wastafel merupakan fasilitas dapur yang digunakan untuk membersihkan alat makan, bahan makanan, serta membersihkan sisa kotoran setelah memasak.

Sayangnya, perawatan yang tidak benar bisa membuat aliran air atau limbah di wastafel menjadi tersumbat. Hal ini bisa menjadi masalah besar apabila tidak segera ditangani. Menurut laman Homes and Garden, inilah penyebab wastafel mampet beserta cara mengatasinya.

1. Lemak yang menumpuk

Block Management LTd.

Penyebab wastafel mampet yang pertama adalah menumpuknya lemak yang mengeras.  Lemak yang mengeras di saluran pembuangan biasanya berasal dari lemak daging dan minyak bekas masak.

Saat nengeras, kumpulan lemak tadi akan mengeras menjadi blok lemak berbentuk padat putih. Untuk solusinya, kamu bisa memisahkan lemak daging yang tak terpakai kemudian buang ke tempat sampah. Cara yang sama tersebut juga bisa kamu terapkan saat akan membuang minyak bekas masak.

2. Bahan kimia dan sabun

pexels.com/Karolina Kaboompics

Bahan kimia seperti sabun dan cairan pembersih juga dapat menyebabkan penyumbatan saluran pembuangan, lho. Penyumbatan berasal dari reaksi endapan mineral yang bercampur dengan sabun atau produk kimia. Hasilnya, reaksi tadi menghasilkan buih yang cukup tebal untuk menyumbat saluran pembuangan.

3. Kotoran dan sisa sampah yang menumpuk

pexels.com/RDNE Stock project

Penyebab wastafel mampet juga bisa akibat kotoran yang menumpuk. Kotoran itu meliputi sisa sampah, puing-puing, sisa makanan, atau minyak jelantah. Masalah ini dapat terjadi di dapur atau bahkan saluran pembuangan kamar mandi.

4. Saluran eksternal bermasalah

freepik.com

Ternyata saluran eksternal juga bisa jadi penyebab wastafel mampet. Misalnya saja jika ruang inspeksi dalam sistem drainase penuh yang dapat menyebabkan wastafel dapur tidak bisa dibersihkan.

Bila masalah ini terjadi, kamu perlu memanggil seorang teknisi saluran pembuangan. Nantinya, ia akan melakukan pembersihan ruang inspeksi eksternal dengan aliran air bertekanan tinggi.

5. Akumulasi rambut

Matthewplumbing.com

Sama seperti saluran pembuangan bak mandi, penumpukan rambut juga bisa menjadi penyebab wastafel mampet. Ini terjadi apabila rambut yang rontok tanpa sadar jatuh ke dalam wastafel.

Semakin lama, maka tumpukan rambut tadi akan menjadi gumpalan rambut yang menutupi saluan air di wastafel. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan lubang wastafel setidaknya seminggu sekali.

IDN Channels

Latest from Inspiration