Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hati-hati, Ini 8 Faktor Penyebab Laba-Laba Datang ke Rumah

Perhatikan retakan dinding di rumah!

Audia Natasha Putri

Walau tak berbahaya, eksistensi laba-laba sangatlah meresahkan. Kehadiran mereka menjadi alasan mengapa suatu rumah dikatakan tak terurus, horor, dan tak layak ditempati. Sebelum situasi menjadi buruk, ada baiknya kamu perlu membasmi laba-laba dengan beberapa langkah.

Sayangnya, beribu cara untuk membasminya akan sia-sia jika kita tidak mengetahui penyebab datangnya hewan bernama ilmiah Araneae ini. Mereka akan tetap datang menginvansi dan bertelur serta menyebarkan koloninya di rumah kita.

Lalu, apa saja ya penyebab adanya laba-laba di rumah, terlebih jika jumlahnya terlalu banyak? Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya, Bela!

1. Banyak retakan dan celah di sudut rumah

Urbanasia

Apakah di rumahmu terdapat banyak lubang dan celah yang belum diperbaiki? Jika iya, kemungkinan besar inilah alasan mengapa laba-laba dengan mudah menyelinap ke rumahmu.

Dengan tubuh mininya, laba-laba dengan mudah memanfaatkan retakan dan lubang ini untuk mencari tempat untuk bersarang. Sebaiknya, periksakan setiap retakan dan lubang di sudut rumah, baik di pintu, jendela, maupun lantai.

Perbaiki setiap retakan, lubang, dan celah sebanyak mungkin di pintu, jendela, dinding, lantai untuk menghalau laba-laba masuk ke rumah.

2. Rumah bersuhu hangat dan gelap

Pinterest.com

Laba-laba adalah hewan perasa yang menyukai ketenangan dan kegelapan. Rumah gelap bersuhu hangat dapat memberikan rasa nyaman bagi laba-laba untuk bersarang.

Di rumah inilah, mereka akan menghangatkan diri jika di luar terlalu dingin. Untuk solusi atas masalah ini, kamu bisa menciptakan ruangan bersuhu normal dan ciptakan rumah yang terang dengan membuka jendela.

3. Sedang musim kawin

Unsplash.com

Saat musim kawin tiba, laba-laba akan mencari pasangan dan bereksplorasi ke tempat baru. Rumah menjadi tempat ideal bagi laba-laba untuk kawin dan bersarang. Lantaran, rumah menyediakan kehangatan dan rasa nyaman yang dibutuhkan hewan berkaki 8 tersebut.

Untuk mengusir laba-laba saat musim kawin, kamu hanya perlu menghilangkan jaring tempat mereka bersarang secara berkala. Bersihkan rumah secara rutin dan hilangkan debu dari setiap sudut perabotan juga ampuh membuat laba-laba hengkang.

4. Tak sengaja membawa laba-laba ke dalam rumah

Always Pet

Laba-laba adalah makhluk cerdik dan pandai bersembunyi di tempat yang tak terlihat. Biasanya mereka menyelundup di baju, peralatan, sayuran, furnitur teras, mainan, atau hewan peliharaan.

Maka itu, periksakan kembali benda-benda yang baru kamu beli atau bawa dari luar rumah. Pastikan tidak ada laba-laba yang menyusup di dalamnya.

5. Terdapat sisa makanan dan serangga di rumah

Greeners.co

Untuk bertahan hidup, Laba-laba akan menyantap serangga dan makanan sisa. Biasanya mereka melahap nyamuk, semut, dan laron. Remahan roti, nasi, dan potongan sayur-buah juga menjadi makanan kesukaan mereka.

Dari penjelasan di atas, tentu merujuk rumah yang kotor dan lembabp. Sehingga, serangga pun senang menghinggap di rumah, lantaran menyediakan makanan yang mereka butuhkan. Singkirkan laba-laba dengan rutin membersihkan sisa makanan, mengepel lantai, dan membersihkan dapur dan perabotan masak setiap kali digunakan.

Cek pula sumber air, tumpukan barang atau kotak kardus, atau wadah makanan hewan yang terbuka. Menutup rapat atau membuang deretan benda tersebut menjadi langkah solutif menghalau mereka untuk masuk ke rumah.

6. Rumput di halaman terlalu panjang

Laba-laba senang bersinggah di rerumputan dan pepohonan. Rerumputan, pohon, dan tumbuhan yang terlalu panjang dapat mendorong laba-laba masuk ke dalam.

Solusinya, kamu harus tetap memangkas tumbuhan, bunga, pohon, dan rerumputan di halaman rumah serapih mungkin.

7. Rumah yang kotor

Pexels.com

Dalam film horor, terlihat jelas bahwa rumah terbengkalai yang gelap dan kotor seringkali dihinggapi laba-laba besar. Hal itu bukan fiksi belaka untuk mendramatisir kesan seram pada film horor, Bela.

Laba-laba memang menyukai rumah berdebu, kotor, dan gelap. Membersihkan perabotan dan setiap ruangan di rumah secara teratur daapt mengurangi jumlah serangga lain di rumah. Terutama di bawah furnitur seperti kursi, sofa, dan tempat tidur, lemari, dan rak buku.

Dengan ketiadaan serangga kecil tadi, maka laba-laba tak punya alasan untuk mencari makan di rumahmu.

8. Dapur yang kotor

Shutterstock

Sepele tapi pelik, dapur yang kotor menjadi alasan utama mengapa laba-laba senang ke rumahmu. Terlebih jika banyak perabotan masak yang kotor dan sisa makanan berserakan di dapur. Serangga lain pun turut bersua mencari makanan di dapur dan bersinggah di dalamnya.

Sehingga, menjaga kebersihan dapur setiap kali memasak, mampu mengurangi jumlah serangga lain yang menjadi pakan laba-laba. Jangan lupa selalu mencuci peralatan makan dan peralatan masak setelah dipakai untuk menghilangkan lemak dan sisa makanan di permukaannya.

Semoga artikel ini bermanfaat, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration