Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Film Marvel dengan Durasi Paling Pendek, Terbaru Ada 'The Marvels'

Sudah pernah nonton yang mana saja?

Audia Natasha Putri

The Marvels baru saja melipir di bioskop Indonesia pada Rabu (8/11/2023). Sayangnya, film arahan sutradara Nia DaCosta ini mendapat kritik tajam dari berbagai pihak, terutama penonton Korea Selatan. Terlebih, karya sinematik ke-33 Marvel Cinematic Universe (MCU) ini mengecewakan ekspetasi para penggemar aktor Park Seo Joon yang berlakon sebagai Prince Yan kurang lebih 5 menit di layar kaca.

Selain aspek jalan cerita dan akting, durasi garapan Marvel Studios terbaru itu juga tak luput dari bahan perbincangan penonton. Apalagi, film superhero ini hanya berdurasi 1 jam 45 menit (105 menit), menjadikannya sebagai film terpendek dalam sejarah MCU.

Namun siapa sangka, The Marvels ternyata bukan satu-satunya film MCU dengan durasi pendek di bawah 2 jam. Setidaknya, ada 7 film Marvel Cinematic Universe dengan durasi paling pendek yang pernah tayang. Apa saja, ya?

7. Thor: Love and Thunder (2022)

Taika Waititi ini harus menelan fakta pahit bahwa rilisan sinematik miliknya terbilang gagal mengikuti kesuksesan pendahulunya, Thor: Ragnarok. Hadirnya aktor kelas atas seperti Natalie Portman sebagai love-interest Thor dan Christian Bale berlakon antagonis, tak mampu memadamkan kekecewaan penonton terhadap film ini.

Banyak kritikus menganggap bahwa keluaran Juli 2022 ini punya eksekusi cerita yang amburadul dan terlalu mengedepankan komedi saja. Durasinya juga lebih pendek, yaitu 1 jam 59 menit,  ketimbang Thor: Ragnarok yang berdurasi 2 jam 10 menit.

Ceritanya tentang Thor yang ingin hidup damai dan memutuskan pensiun setelah berpisah dengan geng Guardian of the Galaxy. Sayangnya, waktu damainya terganggu akibat kehadiran Gorr The God Butcher yang berencana memporakporandakan tempat tinggal miliknya, Asgard.

6. Ant-Man and The Wasp (2018)

Walau pendek, Ant-Man and The Wasp menjadi waralaba MCU yang berperan krusial sebagai benang merah yang berkaitan dengan Avengers: Infinity War dan Endgame. Film dengan waktu 1 jam 58 menit ini juga lekat akan kekeluargaan, karena menampilkan Scott Lang yang menghadapi konsenkuensi atas keputusannya sebagai ayah yang bertanggung jawab sekaligus Ant-Man. Bersama The Wasp, Scott harus mengenakan kostum Ant-Man dan mengungkap rahasia dari masa lalu yang belum terjawab.

5. Ant-Man (2015)

Ant-Man bukan cuma sekadar film superhero MCU yang heroik saja. Tapi juga menjadi film yang mengingatkan kita akan kasih sayang dan perjuangan seorang ayah demi keluarganya. Bisa dibilang, Ant-Man berhasil mengeksekusi unsur drama kekeluargaan dan adegan aksi yang apik, tanpa mengurangi kualitas cerita heroiknya.

Sebagaimana premisnya, Ant-Man mengisahkan Scott Lang, mantan pencuri ulung yang baru keluar penjara dan kesulitan mencari uang untuk menafkahi keluarganya. Ayah beranak satu ini terpaksa mencuri sebuah brankas di rumah kosong yang besar. Tak disangka, brankas tersebut berisi kostum dan topeng aneh , yang mengubahnya menjadi superhero Ant-Man dadakan.

Waralaba ini juga masuk dalam jajaran film MCU dengan durasi terpendek, yaitu hanya 1 jam 57 menit.

4. Thor (2011)

Thor menjadi jejak pembuka yang memperkenalkan sosok Dewa Petir dari Asgard dalam dunia MCU. Thor sendiri merupakan karakter penting yang punya pengaruh besar dalam perjalanan waralaba Avengers sampai saat ini. Tahun rilisnya pun juga berbarengan dengan Captain America: The First Avenger.

Dibalik eksekusi brilian dengan menampilkan sinematik yang apik dan jalan cerita berkualitas, film ini hanya berdurasi 1 jam 55 menit. Sebuah rentang waktu yang pendek bagi film waralaba MCU yang terkenal akan durasinya yang panjang.

3. Doctor Strange (2016)

Menjadi salah satu film MCU dengan visual dan CGI yang paling indah, Doctor Strange menampilkan pertarungan apik yang menggabungkam elemen supranatural, magic, dan adegan aksi totalitas dari Stephen Strange.

Dengan durasi cukup pendek yaitu 1 jam 55 menit, keunggulan ini membuat Doctor Strange menjadi salah satu tontonan yang bisa kamu rewatch berkali-kali.

Fokusnya tentang Stephen Strange, seorang dokter bedah terkenal yang mendapat pengilhaman jiwa setelah tangannya mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan. Nasibnya berubah setelah ia pergi ke Kamar-Taj, Nepal dan bertemu penyihir bernama The Ancient One untuk menyembukan tangannya, supaya ia bisa kembali bekerja.

Bukannya sembuh, Strange malah diangkat menjadi murid The Ancient One sekaligus garda terdepan dalam menghadapi perang melawan Dormamu, entitas gelap yang ingin menghancurkan realitas.

7. The Incredible Hulk (2008)

Ada alasan mengapa The Incredible Hulk menjadi film MCU yang terlupakan. Selain salah strategi marketing karena tahun rilisnya bebarengan dengan Iron Man, Hulk menjadi salah satu karakter Marvel dengan visual kurang menarik, jika disandingkan dengan karakter MCU lainnya. Terlebih, ia digambarkan sebagai monster bertubuh besar berwarna hijau dengan temperamen buruk dan ekspresi menakutkan.

Tayang perdana di California, film yang rilis di tahun 2008 ini memliki durasi 1 jam 52 menit. The Incredible Hulk menceritakan Dr. Banner yang mengalami mutasi tubuh akibat kecelakaan di laboratoriun tempat ia bekerja. Mutasi ini membuatnya berubah menjadi raksasa hijau The Hulk setiap kali marah atau detak jantungnya mencapai 200 kali per menit.

1. The Marvels (2023)

The Marvels dimahkotakan sebagai film paling pendek dalam sejarah semeste MCU. Durasinya bahkan hanya 1 jam 45 menit. Angka ini sangatlah jomplang dengan daftar film sebelummya, yang mempunyai rata-rata berdurasi 1 jam 52 menit. Di samping itu, film ini dinilai flop, karena gagal memenuhi ekspetasi penonton akan jalan cerita dan penokohan karakternya yang kurang kuat.

Walau demikian, sekuel Captain Marvel ini tetap aksi pertarungan, drama, dan juga humor yang menghibur. Kisahnya tentang Carol Danvers yang menghadapi konsensuensi saat pertarungannya di Planet Hala. Perbuatannya ini membuat semesta tergoncang dan memantik villain baru bernama Dar-Benn (Zawe Ashton) yang berambisi menghidupkan kembali Planet Hala.

Namun karena sebuah insiden, Carol Danvers terhubung dengan dua perempuan berkekuatan super lainnya Monica dan Kamala. Ketiganya pun bekerja sama untuk mengalahkan Dar-Benn.

Terlepas dari durasi yang pendek, deretan film Marvel di atas tetap menonjolkan unsur rekreatif yang menghibur. Kamu bisa menontonnya sebagai pengisi waktu luang atau sekadar memperluas wawasnmu akan Dunia Marvel yang kompleks.

Dari deretan film Marvel dengan durasi terpendek di atas, mana yang sudah kamu saksikan, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration