Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengatasi Wastafel Mampet, Mudah dan Praktis

Bisa pakai baking soda

Audia Natasha Putri

Wastafel biasanya dipakai untuk membersihkan tangan atau mencuci muka. Tapi, ada juga wastafel dapur yang berfungsi untuk mencuci piring atau bahan makanan. Alat sanitasi ini hampir pasti mudah ditemukan di tempat umum seperti mall, kantor, universitas, tempat ibadah.

Sayangnya, terkadang wastafel mengalami mampet akibat beberapa faktor, seperti sampah dan lemak yang menumpuk atau adanya masalah pada saluran air. Sehingga air pun menggenang dan melambat mengalir di sekitar saluran pembuangan di wastafel.

Mengutip dari beragam sumber, berikut cara mengatasi wastafel yang mampet.

1. Menemukan penyebabnya

Pexels.com/Cottonbro Studio

Salah satu cara mengatasi wastafel yang mampet adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Langkah ini bisa memudahkanmu untuk menemukan solusi yang tepat untuk memperbaiki wastafel mampet.

Penyebab wastafel mampet pun diakibatkan oleh berbagai masalah. Sebut saja penyumbatan pada pipa pembuangan dan penumpukan mineral, sampah, dan lemak yang mengeras.

2. Membuang sumber penyumbatan

Unsplash.com/Sasikan Ulevik

Mengatasi wastafel yang mampet tidak susah, asalkan kita mengetahui penyebabnya. Maka dari itu, mulailah periksa saluran pembuangan dengan melepas sumbat wastafel dahulu. Apabila melihat rambut, sisa makanan, atau benda kecil lainnya yang tersumbat, kamu perlu segera membersihkannya.

Tapi apabila tidak ada penyumbatan apa pun, besar kemungkinan penyumbatan terjadi di pipa pembuangan. Kalau sudah begini, kamu bisa mendorong sumbatan keluar dengan alat pembersih saluran air.

3. Menggunakan sikat

Freepik.com

Cara mengatasi wastafel yang mampet berikutnya adalah membersihkan pusat penyumbatan. Sama seperti di poin sebelumnya, pusat penyumbatan terjadi di dekat lubang pembuangan dan biasanya disebabkan oleh rambut, sisa makanan, sampah, atau benda kecil lainnya.

Memang agak sedikit tricky untuk membersihkan bagian ini. Oleh karena itu, gunakan sikat pembersih untuk menyikat kotoran yang terlihat dari saringan pembuangan. Setelahnya, cuci saringan pembuangan dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan bekas penyumbatan tadi.

4. Menggunakan air panas

Unsplash.com/Kelly Sikema

Kalau noda sumbatan sudah membandel, maka cara solutif yang bisa dilakukan adalah menuangkan air panas ke dalam lubang wastafel. Selain bebas bahan kimia, cara ini dinilai lebih aman dan ramah lingkungan.

Tergolong sederhana dan efektif, berikut langkah-langkahnya:

  1. Rebus air di dalam microwave atau ketel.
  2. Tuangkan perlahan-lahan ke saluran pembuangan wastafel dalam dua atau tiga tahap.
  3. Biarkan air panas bekerja ke dalam saluran pembuangan wastafel sampai kotoran yang menumpuk rontok.
  4. Jika kotoran sudah rontok, bilas dengan air mengalir.

5. Pakai campuran cuka dan baking soda

Jurnal Soreang

Campuran cuka dan baking soda memang terkenal ampuh untuk membersihkan sumbatan yang membandel. Ini adalah cara alami dan efektif membersihkan wastafel serta berfungsi baik sebagai pembersih rumah tangga.

Melansir dari Den Garden, simak caranya di bawah ini, ya.

Alat dan bahan

  1. ‌118 mililiter cuka
  2. 1,2 kotak baking soda
  3. Kain lap untuk menutupi lubang pembuangan wastafel
  4. Air mendidih

Tata cara:

  1. ‌Tuangkan setengah dari kotak baking soda ke dalam saluran pembuangan wastafel. Tapi perlu diingat untuk tidak mencampurkan baking soda dengan apa pun.
  2. Kemudian, tuang cuka ke dalam saluran pembuangan wastafel. Biarkan baking soda dan cuka bercampur menjadi satu. Jika sudah bercampur, maka akan ada suara mendesis sebagai bentuk reaksi.
  3. Diamkan selama sekitar setengan jam.
  4. Tutup lubang wastafel dengan kain.
  5. Kemudian, angkat kain lap dan tuangkan air mendidih ke saluran pembuangan wastafel.
  6. Cara ini bisa merontokkan sumbatan yang menyangkut di saluran wastafel.

Supaya wastafelmu tidak tersumbat, ada baiknya kamu membuang sisa makanan atau minyak jelantah di tempat terpisah. Lantaran membuang benda-benda tadi hanya membuat aliran wastafelnya menjadi mampet dan tergenang.

IDN Channels

Latest from Inspiration