Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Film Horor Thailand Berlatar Sekolah, Penuh Kengerian dan Jump Scare

Cerita seram yang bersliweran itu bukan mitos belaka saja

Audia Natasha Putri

Fillm berlatar sekolah umumnya identik dengan genre drama percintaan dengan remaja SMA sebagai tokoh utama. Tapi di tangan para sutradara horor, kini sekolah bertransformasi menjadi sebuah tempat yang seram dan mencekam.

Sebagai negara sineas horor terbaik di Asia Tenggara, Thailand pun turut menyumbang film horor berlatarkan sekolah. Untuk mengurangi rasa takut penonton, para sutradara Negeri Gajah Putih ini menambahkan sedikit elemen komedi dan drama ke dalam film horor karyanya.

Berikut sejumlah film horor Thailand dengan latar sekolah, yang bisa menjadi pilihan untuk menguras habis nyali milikmu.

1. Last Summer (2013)

Keisengan yang berlebihan bisa menjadi petaka, bahkan kematian. Mungkin pelajaran ini bisa dipetik oleh Singh dan Egen setelah memberi obat ke dalam minuman milik dua teman perempuannya, Joy dan Meen.

Meen selamat dari kejadian naasd tersebut. Namun tidak dengan Joy. Ia harus meregang nyawa akibat reaksi alergi dan asma mendadak setelah meneguk minuman oplosan tersebut.

Tak terima akan kematiannya, arwah Joy terus meneror teman-temannya ke penjuru sudut sekolah. Terdapat plot twist berlapis di balik kematian Joy, yang ternyata berhubungan dengan banyak peristiwa aneh di sekolahnya.

2. Senior (2015)

Punya kemampuan indigo bisa menjadi senjata dua mata. Jika bisa mengendalikannya, itu akan melindungi dirimu. Sebaliknya, kamu akan celaka jika memakai kekuatan astral ini untuk hal-hal buruk. Itulah pesan yang disampaikan film Senior rilisan 2015 ini.

Begitu juga dengan siswa indigo bernama Mon. Ia selalu menjadi bulan-bulanan makhluk astral yang menghuni sekolahnya. Sampai, hantu ganteng bernama Runpee meminta bantuan Mon untuk menyelediki misteri kematiannya.

Diketahui bahwa sekolah Mon dulunya adalah bekas istana Putri Bangsawan yang tewas dibunuh. Saat membantu Runpee, ia yakin bahwa kematian hantu tampan ini berkaitan dengan insiden pembunuhan sang Puteri Bangsawan.

3. Haunted School (2016)

Dari judulnya sudah jelas ya, Bela. Kalau film Negeri Gajah Putih ini menceritakan sekolah berhantu yang mencekam. Setidaknya, film ini bisa membuatmu bersyukur bahwa tumpukan PR dan ulangan tanpa akhir tidak sebanding seramnya dengan hantu sekolah.

Haunted School menceritakan sekelompok siswa yang bertukar cerita horor secara bergantian saat masa orientasi sekolah. Walau dianggap mitos, kebenaran cerita seram yang mereka bagikan itu bukan bualan semata dan benar nyatanya.

Merangkul para komedian veteran Thailand sebagai bintang, film ini akan membuatmu ketawa dan takut secara bersamaan.

4. Scared (2005)

Kalau kamu fobia darah dan gore, baiknya langsung lewati saja film ini. Karena, sutradara Pakphpum Wongjinda mencampurkan elemen horor, slasher, dan gore menjadi satu ke dalam Scared.

Fokusnya mengenai perjalanan ospek sekelompok mahasiswa dalam rangka masa orientasi kampus ke sebuah hutan. Akibat hujan deras yang menutupi jalan utama ke hutan, sekawanan mahasiswa ini pun mengiyakan tawaran pria misterius untuk melewati jalan pintas.

Di sanalah, para mahasiswa ini dibantai satu per satu. Tak ingin menjadi target psycho haus darah, mahasiswa yang tersisa pun berusaha kabur dan menyelamatkan diri.

5. Make Me Shudder (2013)

Prinsip di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung tak hanya berlaku di dunia manusia saja. Dunia astral pun demikian. Itulah pesan yang ingin disampaikan Make Me Shudder. Agar kita selalu berlaku sopan di mana pun dan tak usah mencari tahu lebih tentang sebuah mitos seram.

Nick, ketua geng pemburu hantu memiliki tabiat kurang ajar dan bermulut kasar. Bersama teman-temannya, ia menantang nyali dengan menelusuri gedung lama sekolah mereka yang terbengkalai. Bukan gedung sekolah biasa, bekas sasana pendidikan itu dulunya menjadi lokasi bunuh diri seorang senior yang depresi karena gagal masuk universitas.

Nick Cs yang awalnya skeptis dengan keberadaan dunia astral, kini menjadi percaya bahwa hantu itu nyata. Rentetan peristiwa menyeramkan yang meneror selama uji nyali telah menyadarkan Nick Cs.

6. School Tales (2017)

School Tales adalah film horor yang dikemas dengan tiga cerita hantu yang berbeda. Ceritanya juga menyorot pembuktian akan kebenaran mitos hantu yang telah turun temurun di sebuah sekolah.

Demi menyelesaikan latihan terakhir mereka, enam siswa ekskul marching band terpaksa harus menginap di sekolah. Untuk mencairkan suasana,  mereka pun bertukar kisah dengan kisah hantu sekolah yang menyeramkan.

Untuk membuktikan kebenaran akan cerita tersebut, sekawan pelajar ini pun pergi berkeliling mencari penampakan. Sayangnya, hanya tiga orang yang berhasil kembali.

7. Dorm (2006)

Asrama siswa juga menjadi gudangnya cerita horor di sekolah yang menarik untuk dibahas. Adalah Dorm yang mengisahkan seorang siswa SMP bernama Ton Chatree. Untuk menutup mulut tentang perselingkuhan ayahnya, Ton pun disekolahkan di luar kota dan tinggal di asrama.

Tersimpan cerita bahwa asrama tempat Ton tinggal menjadi saksi bisu peristiwa bunuh diri seorang siswa SMP. Siswa malang tersebut menghabisi nyawanya dengan mengenggelamkan diri di kolam renang yang sekarang sudah tak terpakai lagi.

Apakah Ton bisa tidur tenang setelah mengetahui bahwa asrama tempat tinggalnya menyimpan kisah mengerikan?

8. Siam Square (2017)

Ujian Nasional menjadi momok mengerikan bagi anak SMA tingkat tiga. Maka itu, banyak siswa yang merelakan waktu tidurnya dengan belajar keras. Agar, mereka bisa lulus ujian akhir akademik penentu masa depan tersebut.

Ketakutan ini digambarkan dengan jelas lewat film horor Thailand berjudul Siam Square. Terdapat mitos masyarakat kota Bangkok yang mengatakan bahwa ada suatu cara agar bisa lulus ujian nasional.

Lewat jalur mistis, banyak orang mengatakan bahwa para siswa bisa meminta dan menyembah roh jahat agar bisa lulus ujian nasional. Yang artinya, mereka harus mengikat benang merah ke kursi tertentu supaya keinginannya terkabul.

Itulah film horor Thailand bertema sekolah yang bikin kamu ketakutan. Punya nyali untuk menontonnya, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration