Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Fakta Menarik Kucing Persia, Si Kalem yang Pengertian

Ras kucing populer di Indonesia yang menggemaskan

Audia Natasha Putri

Dari banyaknya jenis kucing, kucing Persia kiranya menjadi ras kucing paling populer di Indonesia. Bukan cuma bulunya yang panjang dan lembut, harga kucing Persia tergolong lebih terjangkau ketimbang kucing ras lainnya. Banyak orang menyukai kucing Persia karena muka bulatnya yang menggemaskan dan tingkah lucu.

Terlepas dari popularitasnya, ternyata kucing Persia menyimpan fakta menarik, nih. Penasaran?

1. Berasal dari Persia

Unsplash.com/Elena Mozhvillo

Sampai sekarang, sejarah dan asal-usul kucing Persia pun belum diketahui jelas. Menyadur Mental Floss, kucing berbulu panjang ini diyakini sudah ada di Timur Tengah selama ribuan tahun, tepatnya berasal dari Mesopotamia. Dari sinilah, kucing tersebut dinamai Persia yang sekarang dikenal Iran.

Namun, ada spekulasi lain yang mengemukakan bahwa ras kucing mewah ini justru lebih mirip kucing ras Eropa Barat.

2. Tak selalu punya muka datar

Unsplash.com/Amir Mohammad

Kucing Persia terkenal akan muka datarnya yang menonjol. Walau demikian, sebenarnya kucing Persia adalah kucing bermoncong lebih runcing. Sampai pada 1950-an, terjadi sebuah mutasi genetik di antara anak kucing Persia yang terlahir dengan kondisi wajah mengerut atau datar.

Karena mutasi genetik ini menghasilkan estetika pada fisik ras Persia, para breeder pun membiakkannya secara luas.

3. Tampil pada pertunjukan kucing pertama di dunia

Daily Mail

Kucing Persia menjadi salah satu ras kucing spesial yang dipamerkan dalam pertunjukan kucing terorganisir pertama di dunia pada 1871, di Crystal Palace, London. Bersanding dengan ras kucing lainnya kucing Siam, Scottish Wild Cat, dan Manxes, kucing Persia berhasil menjadi sorotan para penonton.

Bahkan, seorang anak kucing Persia memenangkan kategori "Best in Show" dalam acara yang dihadiri dari 20 ribu pengunjung ini.

4. Punya sifat santuy

Britannica

Kalau kamu pemilik kucing Persia, pasti sudah tak heran jika ras ini punya sifat santai dan tak suka keributan. Mereka punya kepribadian tenang, ramah, dan tidak berperilaku kasar. Bahkan jika ada dua ekor kucing yang sedang bertengkar, ras Persia lebih cenderung memilih menjadi penonton dan menikmati perseteruan tersebut.

5. Kucing pengertian

ASPCA Pet Assurance

Walau terkadang suka meminta perhatian, mereka sangatlah pengertian. Apabila tuannya tak mengabulkan keinginannya, kucing Persian tak akan ngereog dan tak masalah jika bermain sendirian.

One thing about Persia Cats, kebanyakan dari mereka sangatlah beradab dan tak pernah merusuh untuk mencari tempat yang nyaman. Kucing ini cenderung menyukai berada di lantai ketimbang tidur di atas kulkas atau tempat tak biasa lainnya.

6. Ras kucing paling dicintai di Amerika Serikat

The Spruce Pets

Sesaat setelah ras ini diboyong ke Amerika Serikat (AS) pada 1895, kucing Persia langsung menjadi primadona dan paling dicintai oleh penduduk AS.

Fakta ini bukanlah pendapat objektif belaka, Bela. Pamor kucing Persia yang tersohor membuat mereka menjadi ras kucing pertama yang terdaftar dalam Cat Fanciers' Association. Selain menjadi ras populer, kucing Persia juga menjadi salah satu ras kucing termahal di AS. 

7. Punya ukuran, warna, dan jenis yang variatif

PetHelpful

Mayoritas Kucing Persia memiliki bulu berwarna putih atau perak. Namun, kini ras kucing ini hadir dalam berbagai warna dan corak rambut. Mulai dari, tortoiseshell, calico (memiliki banyak corak warna), oranye, abu-abu, tabby hingga hitam-putih. 

Cat Fanciers's Association menetapkan tujuh varietas kucing Persia secara resmi, yaitu solid, abu-abu dan emas, smoke dan shaded, tabby, particolor, bicolor, juga Himalayan. Dengan pembiakkan yang baik dari varietas tertentu, anak kucing Persia mampu menghasilkan 30 kombinasi warna yang berbeda.

8. Mirip dengan kucing angora

Youtube.com/Maaz Ahmad

Sama-sama berasal dari Mediterania, kucing Persia sekilas memiliki fisik yang mirip dengan Angora Turki. Kucing Persia memiliki tubuh lebih kekar, kepala lebih besar, mata lebih bulat, dan bulu sedikit lebih panjang, sedangkan Angora Turki memiliki tubuh lentur, telinga runcing, dan ekor seperti bulu. 

Bertahun-tahun lamanya, keduanya dikawinsilangkan untuk mendapat bulu kucing Persia sedemikian rupa. Perkawinan campur ini tentu membuat ras asli Angora pun hampir punah.

Melihat kekhawatiran ini, Pemerintah Turki pun mencanangkan program pemuliaan untuk membantu menyelamatkan Angora.

Itu tadi adalah fakta-fakta kucing Persia. Punya fisik menggemaskan dengan sifat santai dan pengertian, menjadi alasan mengapa kucing Persia banyak disukai. Bagaimana pendapat kalian tentang ras kucing ini?

IDN Channels

Latest from Inspiration