Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Film Horor Bertema Pengusiran Setan, Berani Nonton?

Film yang hanya diperuntukkan untuk si pemberani

Audia Natasha Putri

Kepercayaan agama dan iblis adalah hal yang kerap menjadi tema favorit film horor, terutama jika mengambil premis eksorsisme atau pengusiran setan. Perlu diketahui, eksorsisme merupakan praktik pengusiran setan atau roh jahat yang dipercaya sedang merasuki seseorang atau suatu tempat.

Film eksorsisme atau pengusiran setan tak hanya menjadi tontonan horor yang seru dan menegangkan. Namun, juga sarat akan pesan spiritualitas untuk penonton agar selalu menebalkan iman dan percaya kepada-Nya. Karena, iblis memiliki banyak tipu daya untuk mengguncang iman dan mengarahkan umat manusia ke jalan kesesatan.

Kamu suka horor? Coba buktikan adrenalinmu dengan menonton sajian pengusiran setan yang mencekam pada 7 judul film di bawah ini.

1. The Exorcist (1973)

Mari kita awali dengan The Exorcist, salah satu pionir tema pengusiran setan di dunia sinematik. Film horor legendaris ini sebenarnya memiliki sinematografi sederhana, tanpa jumpscare yang berlebihan dan embel CGI. Namun, rasa takut saat selesai menontonnya sangat maksimal dan bikin kamu kepikiran terus.

Regan MacNeil adalah seorang gadis kecil yang tinggal bersama ibunya, Christine MacNeil. Pekerjaan ibunya sebagai aktris, membuat Regan harus tinggal di rumah sendiri. Untuk menutupi kesepiannya, ia pun bermain papan Ouija dan mengobrol dengan arwah ayahnya.

Sampai, Regan pun kerasukan iblis Pazuzu yang ternyata menyamar jadi "ayahnya" selama ini. Kerasukan tingkat tinggi yang dialaminya, membuat Pastur Merlin dan Pastur Karras turut kewalahan saat mengeluarkan Pazuzu. Adegan kepala berputar 180 derajat yang dilakukan Regan saat kesurupan menjadi momen legendaris dalam film ini.

2. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Rekomendasi film bertemakan eksorsisme berikutnya adalah The Exorcism of Emily Rose. Mengerikan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan film ini. Bagaimana tidak, film ini menampilkan secara gamblang akan kesurupan tingkat tinggi yang membuat korbannya sangat menderita dan kesakitan.

Adalah Emily Rose (Jennifer Carpenter) yang meninggal dunia setelah menjalani proses pengusiran setan oleh seorang pendeta. Beralur maju mundur, film ini berfokus pada penyelidikan kasus kematian Emily yang dinilai tidak wajar. Penonton akan menyaksikan kronologi peristiwa kerasukan yang dialami Emily dari awal hingga akhir hayatnya.

Ide film ini diadaptasi dari kisah nyata perempuan asal Jerman, Anneliese Michel yang mengalami kerasukan setan pada 1968. Gadis malang itu mengalami kerasukan iblis tingkat atas dan menjalani ritual eksorsisme sebanyak 70 kali selama 10 bulan. Karena tubuhnya tidak kuat selama menjalani ritual, nyawa Michel pun tak tertolong.

3. Constantine (2005)

Biasanya tema pengusiran setan identik dengan film horor yang mengerikan. Namun, aktor kesayangan publik, Keanu Reeves malah menampilkan adegan aksi yang epik (dan sedikit bumbu supernatural) bak film laga saat mengusir segerombol setan dalam Constantine (2005).

Lebih condong ke dalam kategori thriller, Constantine mengisahkan pertarungan John Constantine, seorang detektif dengan kemampuan supernatural dalam memberantas iblis yang ingin menguasai dunia. Dengan bakat eksorsisme yang dimilikinya, ia pun melakukan ritual pengusiran roh kepada korban yang dirasuki iblis tersebut.

Tak sendirian, Constantine dan teman-temannya pun bekeerja sama untuk mengusir para iblis tersebut dari muka bumi dan "memulangkan" mereka ke neraka. Akankah Constantine bisa memenuhi misinya tersebut?

4. The Possession (2012)

The Possession menampilkan drama keluarga yang mengharukan dengan balutan horor yang mencekam. Kita akan dibuat luluh akan perjuangan seorang ayah yang rela dirasuki iblis demi menyelamatkan sang anak dari kerasukan.

Tayang pada 2012, garapan produser Sam Raimi ini diangkat dari kisah nyata mengenai The Dybbuk Box yang mampu merasuki jiwa manusia. Jika biasanya film pengusiran setan berlatar agama Nasrani, The Possession justru menampilkan ritual eksorsisme khas kepercayaan Yahudi.

Kisahnya berputar saat Emily berperilaku aneh saat membuka sebuah kotak Dibbuk di rumah sang ayah. Seketika dari kejadian tersebut, Emily dan keluarganya pun mengalami gangguan supernatural yang mengerikan. Dianggap tak wajar, ayahnya pun membawa Emily ke rumah sakit, serta memanggil paranormal Yahudi untuk dilakukan pengusiran setan.

5. Ouija: The Origin of Evil (2016)

Ouija: Origin of Evil menceritakan teror iblis mengerikan yang dialami sebuah keluarga usai melakukan pemanggilan roh. Semua bermula kerinduan Alice kepala mendiang ayahnya.

Rasa rindunya itu menjadi awal petaka dan mimpi buruk bagi keluarganya. Tanpa pengawasan, Alice pun dengan nekat menghubungi sang ayah dan memanggil arwahnya melalui medium Ouija.

Bukan arwah ayahnya yang berpulang, ia justru tak sengaja memanggil roh jahat yang berbahaya.  Hingga pada suatu malam, roh jahat tersebut mulai menghantui keluarganya dan merasuki Alice.

6. The Conjuring (2013)

Diangkat dari kasus nyata yang pernah ditangani pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren, The Conjuring berhasil masuk dalam daftar film horor terbaik sepanjang masa. James Wan selaku sutradara berhasil menebarkan kengerian iblis Bathsebha dan teror boneka Annabelle dalam film ini. 

Berfokus pada teror supranatural mengerikan yang dialami keluarga Perron semenjak pindah ke rumah baru. Tak kuat akan gangguan horor yang menimpa, mereka pun memanggil paranormal pasangan Ed dan Lorraine Warren.

Setelah ditelisik, rumah baru yang ditempati keluarga Perron ternyata menyimpan kutukan mengerikan. Nantinya, kutukan tersebut akan membuat ibu dari keluarga tersebut membunuh anaknya sendiri sebagai persembahan untuk iblis.

7. The Pope's Exorcist (2023)

Terakhir ada The Pope's Exorcist yang baru saja rilis pada tahun 2023 ini. Tergolong masih berumur belia ketimbang 6 judul sebelumnya, film satu ini justru menampilkan ritual pengusiran setan yang tak begitu barbar dengan sisipan humor yang menghibur.

Premisnya terinspirasi dari tokoh petinggi Nasrani yang cukup tersohor, Pastor Gabriele Amorth (Russell Crowe). Ia menjabat sebagai kepala exorcist di Vatikan dan ditunjuk langsung oleh Paus kala itu. Namun seiring perkembangannya zaman, praktik pengusiran setan pun menuai pro kontra, bahkan menjadi perdebatan di antara para petinggi Vatikan.

Hal menarik dari The Pope's Exorcist terletak dari penyajian akan kehidupan para pastor Nasrani dengan baik dan mudah dipahami. Steorotip soal pastor yang memiliki pribadi yang kaku juga dipatahkan oleh Pastor Amorth. Dalam melakukan ritual eksorsime, ia malah melontarkan humor kocak dan bersikap sedikit nyeleneh dalam memojokkan sang iblis.

Pertanyaannya, apakah kamu siap untuk menguji nyali dengan menyaksikan ketujuh film horror pengusiran setan di atas? Jika iya, siapkan mentalmu dan bersiaplah menerima kengeriannya! 

IDN Channels

Latest from Inspiration