Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Bebas Jamur dan Bakteri

Ini cara benar membersihkan talenan kayu

Audia Natasha Putri

Talenan merupakan peralatan dapur yang berperan krusial dalam aktivitas masak dan mengolah bahan makanan. Fungsinya sebagai alas untuk memotong aneka bahan makanan, seperti sayur, buah, daging, dan ikan.

Talenan terbuat dari macam bahan baku, mulai dari kayu, plastik, hingga silikon. Dari semua jenis, talenan kayu menjadi alas memotong yang paling sering dipakai. Karena punya daya tahan yang lama dan membuat pisau tak cepat tumpul saat digunakan.

Sayangnya, talenan kayu mudah sekali berjamur dan sangat sulit untuk mencuci bekas noda yang menempel. Talenan kayu yang mampu menyerap air, bisa menciptakan permukaan yang lembap untuk pertumbuhan jamur.

Melansir dari banyak sumber, berikut ini adalah tips membersihkan talenan kayu yang baik, supaya terbebas dari noda jamur dan bakteri.

1. Pakai cuka putih

Instagram.com/Healthylifebalance101

Kamu bisa menggunakan cuka putih untuk membersihkan talenan. Kandungan asam asektat pada cuka punya fungsi disinfektan yang mampu membasmi persebaran bakteri dan jamur.

Langkahnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat ramuan cuka putih dengan mencampuran air dengan cuka. Perbandingan jumlah antara air dan cuka 1:1, ya. Setelahnya, aduk rata dengan sendok.

Tuang ramuan cuka ke dalam botol spray. Lalu, semprotkan ke talenan kayu dan diamkan beberapa menit. Terakhir, gosok talenan secara perlahan sampai noda dan jamur lenyap. Terakhir, bilas dengan air yang mengalir dan keringkan talenan.

2. Campuran lemon dan garam

dok.Internet

Sedari dulu, lemon terkenal ampuh sebagai bahan alami untuk membersihkan perabotan dapur. Selain itu, lemon juga punya aroma menyegarkan yang dapat mengurangi bau apek pada talenan kayu. Campuran lemon dan garam bisa kamu gunakan apabila kamu kesulitan menbersihkan noda atau bercak warna di talenan kayu.

Kalau punya lemon dan garam, kamu bisa membersihkan talenan kayu dengan ikuti langkah berikut ini, ya.

  1. ‌Taburkan garam ke permukaan talenan. Diamkan 5 menit‌
  2. Belah lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan ke talenan yang sudah ditaburi garam. Jangan lupa memencet lemon dengan sedikit tenaga, agar air lemonnya keluar.
  3. Diamkan selama lima menit lalu kamu bisa membersihkan talenan dengan taplak meja atau air mengalir.

3. Baking soda

pexels.com/Kaboompics .com

Selain sebagai bahan baku kue, baking soda juga bemanfaat untuk keperluan rumah tangga lainnya, seperti memutihkan gigi, membersihkan sepatu, dan menghilangkan karat. Bahkan, kamu bisa memakai baking soda untuk menghilangkan noda dan bau yang tertempel di talenan kayu, Bela.

Langkahnya cukup praktis. Buat campuran baking soda dengan melarutkan 1 sdt baking soda, 1 sdt garam, dan air secukupnya. Aduk ketiganya semuanya hingga membentuk tekstur pasta.

Baking soda punya reaksi alergen bagi kamu yang pemilik kulit sensitif. Maka itu, pakai sarung tangan dahulu sebelum mengolesi ramuan baking soda ke permukaan talenan. Gosok permukaan yang kotor dengan lembut. Diamkan talenan yang sudah dipoles selama beberapa menit, lalu bilas dengan air keran yang mengalir. Jangan lupa keringkan dengan kain lap, ya.

4. Hidrogen periksoda

Aido Health

Banyak orang memakai Hidrogen peroksida hanya untuk membersihkan noda dari permukaan besi atau keramik. Padahal zat kimia ini punya kandungan disinfektan yang mampu membunuh kuman dan bakteri di talenan.

Hanya saja, cairan kimia ini mengandung efek samping yang berbahaya bagi kulit apabila dipakai tidak sesuai anjuran. Oleh itu, kamus harus hati-hati dan selalu gunakan sarung tangan apabila ingin menggunakan larutan ini, ya.

Kamu bisa memakai cairan ini untuk membersihkan noda sekaligus mencegah tumbuhnya jamur. Kamu hanya perlu menuangkan sedikit hidrogen peroksida (3%) ke talenan kayumu. Berikutnya, bersihkan alas kayu dengan kain kering atau tisu. Bilas papan dengan air keran yang mengalir.

5. Pemutih

Washingtonpost.com

Seringkali talenan kayu difungsikan untuk mengiris bahan makanan dengan aroma yang menyengat, seperti bawang-bawangam, cabai, dan daging. Wajar saja, jika talenan akan berbau tidak sedap apabila tidak dibersihkan dengan benar.

Salah satu cara untuk menghilangkan noda dan bau apek pada talenan kayu adalah dengan menggunakan pemutih. Kandungan zat pembersih di dalamnya mampu menghempaskan bau anyir dan pertumbuhan bakteri pada alas talenan.

Berikut adalah langkah membersihkan talenan kayu dengan pemutih:

  1. ‌Larutkan 1 sdt pemutih dengan 8 gelas air hangat ke dalam wadah. Celupkan kuas ke dalam wadah, lalu olesi ke ke talenan kayu yang kotor.
  2. Diamkan talenan beberapa saat, berikutnya gosok perlahan. Bilas bersih dengan air dan keringkan talenan menggunakan lap atau tisu

Nah, itu langkah membersihkan talenan kayu supaya tetap bersih dan bebas dari bakteri. Semoga bermanfaat!

IDN Channels

Latest from Inspiration