Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Animasi Terbaik 2022, Penuh Warna dan Pesan di Baliknya

Dari 'Turning Red' sampai 'One Piece'

Audia Natasha Putri

Film animasi telah mengukir memori masa kecil kita dengan penuh warna dan kenangan. Jalan cerita yang ringan dan penuh imajinasi, visual yang memukau dengan ragam warna, serta lagu-lagunya pun melekat di benak kita hingga dewasa.

Meskipun film animasi sering dikaitkan sebagai film anak-anak, nyatanya banyak orang dewasa yang menyukainya. Tak kaleng-kaleng, film animasi ini menyelipkan pesan moral dari kehidupan sehari-hari yang menyeluruh bagi semua kalangan, tak peduli usia. Apalagi banyak sutradara yang berani mengambil kultur yang mendarah daging dan mematahkan stigma di masyarakat lewat karya film animasinya.

Tahun 2022 juga menjadi tahun bersinarnya film animasi dunia setelah sempat terhalang oleh pandemi COVID-19. Raksasa studio produksi berlomba merilis film animasi terbaiknya, seperti Pixar, DreamWorks dan Netflix.

Karena itu, Popbela akan mempersembahkan daftar film animasi terbaik sepanjang 2022. Penasaran apa saja? Simak ya, artikel ini!

1. The Sea Beast

IMDB.com

The Sea Beast adalah film animasi besutan sutradara Chris Williams yang tayang secara ekslusif di Netflix pada 8 Juli 2022. Animasi ini menyorot kisah di suatu masa monster laut raksasa siap mengancam manusia. Pemburu monster laut ternama Jacob Holland pun menghadapi pertarungan menegangkan dalam mengarungi lautan luas. Namun, tak disangka bahwa ada seorang gadis kecil bernama Maisie Brumble tiba-tiba menyelinap masuk ke kapalnya yang legendaris. Hidup Jacob pun berubah 180 derajat setelah bertemu dengannya.

2. Turning Red

tatlerasia.com

Studio Disney dan Pixar tampaknya ingin mencoba angin segar dalam membuat premis karya animasinya. Lahirlah Turning Red yang rilis pada April 2022, yang dengan berani mengangkat budaya parenting Asia yang kental akan peraturan ketat.

Film ini sangat terhubung dengan kehidupan masyarakat Asia. Menontonnya membuat kita turut merasakan sang tokoh utama, Meilin Lee menghadapi krisis identitas di bawah didikan ibunya yang keras dan protektif.

Menariknya, Turning Red memiliki gaya visual dan desain karakter yang sedikit berbeda dengan film-film Pixar sebelumnya. Apalagi film ini menonjolkan ekspresi kaya warna dengan gaya animasi seperti kebanyakan film anime.

3. Suzume no Tojimari

Wikipedia.com

Sutradara animasi kondang Makoto Shinkai memang piawai meracik tema cinta dengan ragam bumbu 'perbedaan' antar dua insan. Film animasinya sukses bikin para penonton baper sekaligus hati menjerit. SepertiYour Name yang membawamu melihat cinta dua orang, terhalang oleh dimensi dan waktu. Nah, Shinkai-lah dalang jenius di balik itu pembuatan film ini.

Pada 2022 ini, Shinkai merilis film animasi terbarunya berjudul Suzume no Tojimari yang rilis pada bulan November. Film ini mengajak kita turut berpetualang bersama siswi SMA bernama Suzume. Kehidupan SMA-nya yang tenang pun berubah ketika dirinya bertemu dengan seorang pemuda. Suzume pun turut membuntuti pemuda misterius ini yang berkeliling Kyushu untuk mencari pintu.

Suzume yang penasaran pun membuka pintu aneh ini yang membuat banyak pintu misterius ini terbuka secara bersamaan di seantero Jepang. Pintu yang terbuka inilah yang mendatangkan bencana di Jepang. Bersama pria misterius tadi, Suzume harus berkeliling Jepang menutup pintu misterius itu. Mampukah Suzume menutup pintu-pintu itu lagi?

4. One Piece Film: Red

Dok. Internet

Para Nakama atau penggemar One Piece di seluruh dunia, menyambut dengan penuh sukacita euforia rilisnya One Piece Film: Red. Di Indonesia, film ke-15 dalam waralaba One Piece ini tayang secara resmi di CGV Indonesia pada 21 September 2022.

One Piece: Red berlatar pada kisah tentang sisi lain kehidupan Yonko Shanks, sang kapten bajak laut yang paling ditakuti seantero lautan. Pada film ini pula hadir karakter baru bernama Uta yang seorang penyanyi yang tampil di pulau musik Elagia. Penampilannya yang memukau membuat dirinya ditonton banyak bajak laut, tak terkecuali kelompok topi jerami yang dipimpin oleh Luffy. Namun, ketika penampilannya sedang berlangsung, Uta mengungkapkan bahwa ia adalah anak dari Shanks si rambut merah.

5. The House

Collider.com

Netflix memang tak pernah kehabisan ide dalam merilis film orisinilnya yang fresh dan unik. Salah satunya film animasi The House yang menggunakan gaya stop-motion, tentu berbeda dengan film animasi kebanyakan.

Rilis pada Januari 2022, The House mengangkat tema dark comedy. Jadi, jangan harap kamu menemukan visual karakter yang colorful dengan keceriaan di dalamnya.

The House adalah film animasi dengan tiga cerita yang berbeda dengan masing-masing sutradara berbeda. Benang merah yang menyatukan ketiga cerita berbeda dalam film animasi tersebut, terletak pada latar di sebuah rumah yang sama. Penasaran seperti apa kisah yang tersaji dalam serial Netflix terbaru satu ini? Yuk, buruan nonton.

6. Pinocchio

IMDB.com

Pinocchio adalah film animasi karya Robert Zemeckis yang diadopsi dari novel anak berjudul The Adventures of Pinocchio (1883) karya Carlo Collodi. Rilis di Disney, Pinocchio mengangkat tema adventure, drama, komedi dan slice of life yang kaya akan makna hidup.

Sama seperti novelnya, Pinocchio mengisahkan petualangan boneka kayu yang bertransformasi menjadi anak laki-laki yang sesungguhnya. Rilis pada September 2022, Film campuran animasi dan live action ini, cocok menjadi tontonan akhir pekan bersama keluarga karena memuat visual dengan pewarnaan hangat dan desain karakternya yang menggemaskan.

7. Minion: The Rise of Gru

Rotten Tomatoes

Animasi yang bagus tak hanya menampilkan jalan cerita yang apik dengan visual colorful yang memanjakan mata. Tetapi juga desain karakternya yang unik, mudah dikenali dan lucu, turut menyumbang juga. Salah satunya adalah karakter Minion berwarna kuning bermata satu, yang memiliki ragam ekspresi yang menggemaskan.

Karakter ini diperkenalkan pertama kali dalam film animasi The Despicable Me, dan kini ada spin-off tersendiri. Berjudul Minion: The Rise of Gru, film animasi dari Illumination Entertainment dan Universal Studios ini mengisahkan awal pertemuan Gru (Steve Carell), supervillain terbesar di dunia bertemu dengan Minion ikoniknya, termasuk Kevin, Stuart, dan Bob.

Kamu akan ikut berpetualang bersama Gru dalam perjalanannya menjadi villain terbesar di dunia.

8. The Bad Guys

Rotten Tomatoes

Manusia jadi sekelompok penjahat sudah biasa. Kalau sekelompok hewan menjadi penjahat yang bikin seluruh kota ketar-ketir sudah menonton belum, Bela?

Nah, The Bad Guys pun mengusung premis unik di atas yang dibalut dengan bumbu komedi-aksi dan karakternya yang super gemas. Film animasi besutan DreamWorks Animation dan dikepalai Pierre Perifel ini, menyorot kisah geng penjahat hewan licik yang kerap bikin resah masyarakat bernama The Bad Guy.

Geng penjahat itu terdiri dari Mr. Wolf, Mr. Snake, Mr. Shark, Mr. Piranha, dan Mrs. Tarantula, yang berjanji akan mengubah citra buruk mereka dengan menjadi orang baik setelah polisi berhasil menangkap mereka.

9. DC League Super Pets

Voi.com

Jika sebelumnya membahas geng penjahat yang terdiri dari hewan licik, Popbela akan menghadirkan film berkisah sekelompok hewan yang menjadi pahlawan super pada urut ke-9. Bukan hewan biasa, tetapi mereka adalah hewan peliharaan superhero DC seperti Superman yang ternama.

Lewat DC League of Super-Pets kita akan melihat bagaimana hewan peliharaan para pahlawan super ini beraksi dalam menyelamatkan dunia. Film ini menyorot anjing putih Superman bernama Krypto, serta hewan berkekuatan super lainnya yang berusaha menghadapi ancaman seekor marmot jahat bernama Lulu (Kate McKinnon). Lulu adalah salah satu hewan pencobaan Lex Luthor (Marc Maron), musuh bebuyutan Superman.

10. Sonic the Hedgehog 2

IMDB.com

Sonic adalah karakter animasi cukup populer di berbagai kalangan. Ciri khas dari hedgehog ini terletak dari tubuhnya yang didominasi berwarna biru dan berlari sangat cepat. Ia pertama kali muncul pada waralaba gim Sonic besutan Studio Sega pada tahun 1991.

Semakin harum namanya, Sega memutuskan untuk melebarkan sayap waralaba Sonic dalam industri hiburan. Pada 2022 ini, Sonic The Hedgehog 2 tampil apik dengan segala kecanggihan animasi yang ada serta berbungkus genre komedi dan sci-fi. Sekuel ini berisikan peristiwa setelah film Sonic The Hedgehog (2020).

Baru saja Sonic menghirup napas segar akan hidup damai di Green Hills, tiba-tiba ia harus terusik lagi. Lagi-lagi ia mendapat informasi supervillain Doctor Eggman mengincar Master Emerald. Doctor Eggman sendiri adalah ilmuwan jenius dengan IQ 300 yang menjadi korban eksperimen yang gagal. Demi mencegah keonaran dunia, Sonic dan teman barunya, Tails, harus mengamankan Master Emerald sebelum jatuh ke tangan Doctor Eggman.

Tahun 2022 sudah menghadirkan film animasi penuh warna yang dapat menghibur kita lewat ceritanya yang apik. Tentunya, deretan film animasi terbaik tahun ini memiliki tempat spesial di hati para penonton. Kamu sudah menonton yang mana saja, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration