Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Fakta Bichon Frisé, Ras Anjing Favorit Selebriti K-Pop

Sudah menjadi kesayangan bangsawan Eropa sejak dulu

Audia Natasha Putri

Bichon Frisé dapat dikenali lewat penampilannya seperti boneka. Mereka punya postur tubuh yang kecil, berbulu putih tebal nan halus bagaikan kapas. Bukan cuma itu saja, ras anjing ini punya raut wajah yang anggun, mata hitam bulat, dan kepala bulat seperti singa. Melihat mereka berlenggok seperti boneka hidup, membuat siapa pun menjadi gemas dengan kehadirannya.

Itulah sebabnya, banyak sekali selebriti dan bangsawan yang terpikat untuk memelihara mereka. Misalnya saja Song Hye Kyo. Aktris populer Korea Selatan ini memilih dua ekor Bichon Frisé bernama Ruby dan Ogu sebagai sahabat bulunya.

Bagaimana, tertarik ingin mengadopsi anjing satu ini? Maka itu, kenali fakta unik anjing Bichon Frisé lebih dahulu. Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Penampilan anjing Bichon Frisé

Unsplash.com/Viktor Talashuk

Anjing lucu ini dapat dikenali lewat tampilannya yang putih bersih, berbulu halus dan tebal, serta ekspresinya yang friendly. Mereka masuk golongan anjing mungil, dengan berat tubuh hanya sekitar 5—8 kg dan tinggi 24—28 cm.

Sekilas, Bichon Frisé mirip dengan ras Poodle. Bedanya, Poodle punya sifat energik yang membuatnya suka berburu. Sementara Bichon Frisé lebih kalem dan cocok berperan sebagai anjing pendamping.

Adapun ciri lain dari anjing ini adalah bulu keritingnya yang padat, dan mata serta hidung yang hitam legam.

2. Sejarah Bichon Frisé

American Kennel Club

Pada zaman dahulu, Bichon Frisé dianggap sebagai komoditi berharga dalam perdagangan Eropa. Banyak pelaut Italia menggunakan anjing yang diyakini berasal dari Kepulauan Mediterania ini sebagai alat barter dalam perdagangan. Dari sinilah, pamor Bichon Frisé semakin eksis dan persebarannya meluas ke berbagai wilayah Eropa, seperti Spanyol dan Prancis.

Sesampainya di Spanyol, anjing putih bertubuh mungil ini langsung memikat hati masyarakat, bahkan sampai kaum bangsawan. Ras ini kemudian dikembangbiakkan di Pulau Tenerife, Kepulauan Canaria, Spanyol.

3. Populer di kalangan bangsawan Prancis

The Pets Dialogue

Bangsawan Prancis sangat mencintai ras Bichon Frisé. Semua ini bermula saat populasi anjing ini mulai mendarat ke Prancis selama masa Renaisans di bawah pemerintahaan Raja Francis I. Sejak itulah, popularitas anjing ini di Prancis menjadi meledak dan memikat para bangsawan masa itu untuk mengadopsinya.

Bahkan, para Bichon Frisé ini diperlalukan istimewa dengan segala fasilitas mewah yang menakjubkan. Mulai dari dibuatkan keranjang khusus supaya bisa dibawa bepergian, pemberian pita satin hingga parfum.

Perlakuan ekslusif para bangsawan inilah, secara tak langsung melejitkan status mereka sebagai ras anjing kelas atas. Bukan itu saja, keanggunan dan kepintaran Bichon dalam berinteraksi, membuat mampu mempertahankan popularitasnya.

4. Sebagai muse dalam banyak karya seni

Married With Bichons

Bukan hanya para bangsawan, para seniman Prancis pun turut terpikat akan kecantikan dan keanggunan Bichon Frisé. Mereka seringkali dijadikan muse atau inspirasi para seniman tersohor untuk menuangkan karyanya di atas kanvas lukisan. Bichon Frisé telah banyak diabadikan dalam karya seni Eropa abad ke-16 oleh banyak seniman, seperti Francisco de Goya, August Renoir, Titian, dan Sir Joshua Reynolds.

5. Pelopor kata bichonner

Unsplash.com/Matt Briner

Tahukah kamu bahwa kata bichonner dalam bahasa Prancis terinspirasi dari ras anjing satu ini? Kata kerja satu ini memiliki arti 'memanjakan'. Ini semua tak lepas dari perlakuan istimewa para raja dalam memanjakan serta melimpahi Bichon Frisé dengan segala kemewahan yang ada.

6. Punya tiga kerabat dekat

Pexels.com

Mengutip Mental Floss, Bichon Frisé berkerabat dengan ras Malta, Bolognese, dan Havanese. Mereka disatukan dengan garis keluarga yang sama, yaitu keturunan ras Barbichon.

Walau merupakan satu keluarga, keempatnya diklasifikasi berdasarkan asal muasal mereka dibiakkan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Bichon Frisé dibiakkan dari Tenerife dengan nama Bichon Tenerife. Sedangkan Bichon Malta berkembang di Pulau Malta Mediterania.

Begitu juga dengan ras Bolognese yang berasal dari Kota Bologna, Italia Utara. Di samping itu, Havanese terlahir dari persilangan Barbichon dengan Poodle di kawasan Kuba.

7. Bulunya tak memicu alergi

Warsaw Dog

Bagi kamu yang memiliki alergi ringan terhadap bulu hewan dan ingin punya anjing, maka memelihara Bichon Frisé adalah pilihan terbaik. Privilege berupa bulu lebat yang sangat halus dan tak mudah rontok, membuat mereka tidak mudah menyebabkan alergi bagi pemiliknya.

8. Anjing berhati lembut

KDrama Stars

Bichon Frisé adalah anjing keluarga yang cocok dipelihara bersama anak-anak. Mereka berkepribadian ceria, penyayang, lucu, dan cerdas. Bukan cuma itu saja, ras anjing satu ini bersifat ekstrovert dan suka sekali bermain. Kecerdasannya yang tinggi membantu mereka dalam mempelajari keterampilan tertentu, seperti kepatuhan, ketangkasan, dan kompetisi reli.

Sayangnya, Bichon Frisé adalah anjing perasa dan punya hati sangat lembut. Mereka akan mengalami stres dan depresi apabila sering mendapat omelan dan perlakuan kasar yang dapat melukai hatinya.

9. Rentan terkena separation anxiety

Zooplus

Walau mereka punya tenaga yang tak terbendung dan selalu bahagia, sifat ekstrovert membuat Bichon Frisé takut akan kesendirian dan kesepian. Inilah yang menyebabkan ras anjing bangsawan ini bersifat manja dan suka menempel kepada pemiliknya. Mereka takut berpisah dengan pemiliknya. Sehingga besar kemungkinan mereka akan mengalami separation anxiety atau kecemasan perpisahan, saat ditinggal dalam waktu lama.

10. Berbulu putih

Wikipedia

Fakta unik anjing Bichon Frisé yang terakhir adalah bulu mereka yang mutlak putih. Meski memiliki warna atau corak yang beragam, besar kemungkinan mereka bukanlah ras murni dan merupakan hasil persilangan dengan ras anjing lain. Adapun bagian tubuh dari anjing Bichon Frisé yang tidak putih adalah hidung dan telapak kaki mereka hitam.

Itu tadi fakta anjing Bichon Frisé yang menjadi ras kesayangan para selebriti dan bangsawan. Punya fisik yang menggemaskan, mudah diajari, serta pintar untuk mencairkan suasana, menjadi alasan mengapa Bichon Frise jadi favorit banyak kalangan.

IDN Channels

Latest from Inspiration