Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menginspirasi Semua Orang, Ini 5 TikTok Local Heroes 2022

Ada kreator jagoanmu?

Ajenk Rama

Saat ini, perkembangan dunia digital sangat pesat. Banyak platform baru yang hadir untuk memenuhi kebutuhan informasi dan hiburan, salah satunya TikTok. TikTok telah menjadi rumah bagi para kreator lokal untuk berkarya dengan beragam konten pilihan.

Para kreator lokal ini menyuguhkan kreativitas tanpa batas, yang mampu menginspirasi semua orang. Tak mengherankan apabila hampir sebagian besar orang memanfaatkan TikTok sebagai ladang untuk menyalurkan aspirasi dan meningkatkan popularitas.

Saking terkenalnya, tidak jarang beberapa kreator lokal ini sering muncul di beranda FYP kamu. Siapa saja mereka? Intip daftar lima kreator lokal yang menginspirasi semua dari rilis yang diterima oleh Popbela.

1. Jill Shine

Berbagai sumber

"10 gelombang kiri, 10 gelombang kanan" terasa sangat familiar di telinga kamu, kan? Yup, jargon tersebut dipopulerkan oleh Jill Shine atau akrab disapa Kak Jill. Sosok perempuan kelahiran Deli Serdang sukses mencuri perhatian dengan menjual gorden di TikTok.

Akun TikTok Jill Shine2 telah mencapai 863.8 ribu pengikut dengan 7.1 juta likes. Kak Jill juga sangat rajin mengunggah konten menarik dan menghibur penggemar. Pantas jika Kak Jill dianggap sebagai kakak bagi kita semua untuk urusan tirai di rumah. Bahkan, salah satu video Kak Jill ada yang mencapai 307.7 ribu. Keren banget, kan!

2. Alif Cepmek

Berbagai sumber

Siapa yang tidak kenal dengan Alif Cepmek? Ia merupakan seorang remaja kelahiran tahun 2004 dan berusia 18 tahun saat ini. Pemilik nama asli Alif Ari Al Faik sukses membuat publik terngiang-ngiang dengan kutipan uniknya, seperti "Kamu Nanyea?" atau "Cepmek" (cepak mekar), "rawr" (suara mengaung). 

Beberapa brand besar pun memakai kutipan yang dipopulerkan oleh pemuda yang kerap meniru gaya Dilan, karakter fiksi yang dimainkan oleh Iqbal Ramadhan. Konsistensi Alif dalam mengunggah konten di TikTok membuat dirinya memiliki 2.2 juta pengikut dan 30.9 juta likes.

Tak hanya itu, Alif juga kerap mendapat undangan dari acara televisi dan endorsement. Dari beberapa video yang diunggah, ada yang mencapai 8.8 juta penonton. Pasti salah satu video Alif pernah mampir ke beranda kamu, kan?

3. Pandawara Group

Berbagai sumber

Kreator lokal selanjutnya paling populer di TikTok tahun 2022 adalah Pandawara Group. Mereka adalah lima sekawan asal Bandung yang memiliki visi dan misi untuk menjaga kebersihan sungai.

Gerakan membersihkan sungai telah dilakukan oleh Pandawara Group sejak enam bulan lalu, karena mereka merasakan langsung efek negatif dari masalah sampah yang ada di sungai Indonesia.

Pandawara Group tidak pernah lupa mengunggah konten membersihkan sungai ke TikTok dan mengingatkan kita buat menjaga kebersihan sungai. Dari konten tersebut, pengikut mereka telah mencapai 1.4 juta dan 28.9 juta likes. Ada yang mengikuti mereka atau terjun langsung ke sungai karena terinspirasi oleh Pandawara Group?

4. Mz Ojol

Berbagai sumber

Sosok pemilik akun TikTok, @mzojol ini menarik perhatian karena semangatnya dalam bekerja dan bisa menjadi inspirasi kita untuk bisa lebih bekerja keras. Sebagai pengemudi ojek daring, ia cukup sering mengunggah konten yang menampilkan keseharian dan tidak lupa untuk berbagi terhadap sesama.

Namanya mencuat pasca ia mengungkapkan kisah yang rela tidak merokok dan minum kopi selama 6 tahun demi sepatu idamannya, Under Armour Curry 9 seharga Rp2,7 juta. Kisah inspiratif itu terdengar hingga telinga Gading Marten, yang menghadiahkan @mzojol sepatu, kaus, dan topi.

Saat ini, Mz Ojol telah memiliki 242.6 ribu pengikut dan 11.1 likes dengan beragam konten dan cerita menarik selama di jalan.

5. Bonge Saputra

Berbagai sumber

Masih ingat dengan sekumpulan anak muda yang berkumpul di Stasiun Sudirman? Bonge Saputra, salah satu dari mereka dan dianggap sebagai ikon Citayam Fashion Week. Nama Bonge viral di akun TikTok pasca ia melakukan wawancara bersama sang kekasih, Kurma kala itu.

Sejak saat itu, Bonge Saputra mendapatkan berkah berupa endorsement. Kemampuannya mengekspresikan diri melalui fashion di TikTok membuat sosok kelahiran 2005 ini telah memiliki 1.5 juta pengikut dan 20.5 juta likes.

Tidak sekadar fashion, tetapi Bonge juga aktif mengunggah berbagai konten menghibur seperti saat dirinya bermain game di ponsel, yang penontonnya mencapai 365.6 ribu.

Nah, itu dia lima TikTok Local Heroes tahun 2022. Dari kelima kreator lokal ini mana yang pernah kamu tonton kontennya, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration