Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Ide Bendera Hiasan 17 Agustus 2024, Semarak Kemerdekaan Penuh Warna

Meriahkan pesona merah putih dengan keceriaan

Ajenk Rama

Hiasan bendera Merah Putih 17 Agustus, bukan sekadar ornamen, namun juga simbol cinta Tanah Air dan mengingat perjuangan para pahlawan. Buat kamu sedang mencari dekorasi kreatif, Popbela memiliki berbagai ide dan tips untuk menciptakan semarak kemerdekaan yang meriah di bawah ini. 

1. Pot bunga merah putih

temankreasi.com

Dekorasi bendera hiasan 17 Agustus yang pertama, cocok buat kamu yang senang berkebun. Kamu bisa merayakan semangat kemerdekaan Indonesia dengan menghias pot bunga dengan warna merah dan putih, sesuai dengan warna bendera kita. 

Pot bunga berwarna merah putih bisa menambah keceriaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk membuatnya sangat mudah, cukup menyediakan pot bunga berbahan dasar plastik atau keramik. 

Kemudian, pot bunga dibagi menjadi dua bagian horizontal sama besar dan cat setengah bagian atas dengan warna merah, lalu setengah bagian bawah dengan warna putih. Isi pot bisa ditanami dengan berbagai bunga atau tanaman kesukaan kamu. 

2. Lampu hias merah putih

jawapos.com

Lampu hias merah putih yang berkilau bisa menjadi ide hiasan yang eye-catching untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Dekorasi ini menggabungkan desain bendera Merah Putih dan lampu LED untuk menciptakan sentuhan kreatif dan efek visual yang memikat di malam hari. 

Kamu bisa memilih lampu LED dengan mode berkedip atau berwarna untuk memberikan kesan berbeda. Hiasan tersebut bisa dipasang di luar rumah, di sekitar gapura, di dinding sekitar lingkungan, atau di area panggung 17 Agustus. 

3. Gambar mural

Pinterest.com

Bendera hiasan 17 Agustus juga bisa diterakan lewat mural. Dekorasi mural kemerdekaan membutuhkan keahlian khusus dan ruang publik yang strategis. 

Gambar mural bisa berupa simbol kemerdekaan, pahlawan nasional, ornamen berlambang negara Indonesia, atau pesan inspiratif tentang persatuan. Mural bertema kemerdekaan ini bisa disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan dari masyarakat setempat, lho. Nggak hanya mempercantik lingkungan, tetapi juga membangkitkan semangat kemerdekaan. 

4. Dekorasi serba Merah Putih

Pinterest.com

Dari dalam rumah, kamu bisa menciptakan dekorasi serba merah putih agar suasana lebih meriah dan membakar semangat nasionalisme. Dekorasi ini dimulai dari taplak meja, sarung kursi, hiasan meja, hingga hidangan serba berwarna merah putih untuk suguhan bertema kemerdekaan. 

Kemudian, bisa dilanjutkan dengan peralatan makan berwarna serupa. Peralatan makan dengan aksen bendera atau motif yang patriotik bisa menjadi alternatif. Lalu tambahkan, confetti atau glitter berwarna merah dan putih untuk menambah kesan meriah.

5. Dekorasi balon merah putih

Pinterest.com

Tidak hanya bendera hiasan 17 Agustus, balon merah putih juga sudah umum membuat suasana kemerdekaan lebih ceria dan hidup. Balon memang identik dengan ulang tahun, sehingga pas banget buat dekorasi 17 Agustus-an. Kamu bisa membuat berbagai desain menarik dari balon merah putih seperti pilar, buket, atau gerbang kemerdekaan. 

Untuk membuat pilar, kamu bisa menggunakan balon dengan kombinasi warna merah, putih di sudut pintu atau gapura, sehingga terbentuk pilar merah putih yang atraktif atau bisa juga balon tersebut dipakai untuk membuat gerbang. Jadi, lingkungan di sekitar kamu semakin meriah saat merayakan 17 Agustus.

6. Photo booth kemerdekaan

Pinterest.com

Biar hiasan 17 Agustus makin naik kelas, kamu bisa banget membuat photo booth bertema kemerdekaan. Tak perlu mahal, namun tetap bisa interaktif dan menyenangkan dalam menyambut Hari Raya Kemerdekaan. 

Kamu cukup membuat desain bendera nasional sebagai latar utama, bisa berupa banner besar atau wallpaper berpola bendera. Gunakan kamera pribadi atau kamera polaroid dan jangan lupa siapkan aksesoris dengan Indonesia biar kesan 17 Agustus semakin ciamik!

7. Dekorasi hati merah putih

tipstrik.id

Ide bendera hiasan 17 Agustus berikutnya adalah membuat dekorasi hati pada hiasan langit-langit, backdrop, hiasan dinding, props atau apa pun yang berbentuk hati berwarna bendera Indonesia. 

8. Kolase origami merah putih

Pinterest.com

Kalau balon dan hiasan hati sudah, masih ada hiasan lain dari origami untuk kamu buat saat perayaan 17 Agustus. Kolase origami merah putih ini sangat kreatif, karena memberi sentuhan artistik di Hari Kemerdekaan. 

Origami berarti seni melipat kertas untuk membuat berbagai bentuk tanpa menggunakan lem atau gunting. Origami berasal dari kata Jepang: Oru artinya lipat dan kami artinya kertas. Dari bahan origami, kamu dapat menciptakan kolase bendera merah putih, simbol kemerdekaan, peta Indonesia, wajah para pejuang, atau burung Garuda. 

Kolase origami merah putih bisa ditempel atau digantung di sekitar lingkungan, tempat kamu tinggal. Nggak lagi monoton buat menyambut Hari Raya Kemerdekaan, deh

Bawa semangat kemerdekaan penuh warna dengan bendera hiasan 17 Agustus beraneka ragam. Tertarik membuatnya, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration