Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Melindungi Juga Mempercantik, Ini 9 Jenis Window Blinds untuk Rumah

Window blinds membantu mengontrol cahaya yang masuk ke rumah

Aisyah Banowati

Ingin mempercantik rumah menggunakan window blinds? Hati-hati ya, jangan sampai salah memilih model yang malah merusak keindahan rumah. Window blinds atau tirai jendela adalah penutup yang digunakan untuk menutup jendela.

Selain penggunaannya yang praktis dan mudah, window blinds akan membantu pemilik rumah untuk mengontrol cahaya yang masuk, memberikan privasi, serta mempercantik ruang. 

Pertimbangan bentuk, ukuran, serta fungsi ruang akan memudahkan kamu memilih jenis window blinds yang akan digunakan.Bagi kamu yang masih bingung ingin menggunakan window blinds jenis apa, inilah beberapa jenis window blinds untuk rumah yang bisa kamu pilih.

1. Vertical blinds

tokopedia.com/evitainterior

Memiliki tirai berbentuk vertikal, tipe ini berbahan dasar kain dan biasa digunakan di perkantoran. Berfungsi untuk menghalau cahaya matahari, kemiringan vertical blinds dapat diatur dengan diputar dan disusun dari kedua sisinya. Kamu bisa memasangnya di rumah dengan warna yang senada dengan warna tembok.

2. Venetian blinds

Berbagai Sumber

Jenis window blinds selanjutnya adalah venetian blinds. Tirai ini berbahan dasar alumunium yang disusun secara horizontal. Cara menggunakannya mirip seperti vertical blinds, perbedaannya terdapat dari bahan dasar dan bentuknya saja. Pengaplikasian venetian blinds di rumah akan menonjolkan kesan yang natural dan hangat.

3. Wooden blinds

fabrik.com.sg

Ingin menciptakan suasana natural yang hangat di dalam rumah? Wooden blinds adalah jawaban yang tepat. Menggunakan kayu pada bagian selatnya, wooden blinds kini sedang naik daun. Umumnya, wooden blinds berbahan dasar kayu yang tipis serta ringan, namun memiliki daya tahan fisik yang lama. Selain itu, wooden blinds cocok dengan berbagai jenis desain interior rumah.

4. Roller blinds

dbiginterior.co.id

Bentuk roller blinds adalah jenis paling umum yang paling sering digunakan. Bahkan, ada beberapa roller blinds yang dioperasikan menggunakan remote control. Berbentuk seperti sebuah gulungan, roller blinds memiliki desain sederhana yang menampilkan kesan elegan. Penggunaan roller blinds akan mengurangi risiko pemudaran warna furniture akibat paparan sinar matahari.

5. Roman blinds

alibaba.com/Foshan Nanhai Lanis Ornaments

Window blinds yang satu ini menonjolkan kesan klasik sekaligus modern saat digunakan. Roman blinds akan membantu kamu menghalau sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Selain itu, penggunaan roman blinds dapat menciptakan suasana hangat dan nyaman.

6. Mini blinds

Berbagai Sumber

Mirip seperti venetian blinds, mini blinds bentuknya lebih pendek dan berbahan dasar logam. Setiap tirainya memiliki tebal tidak lebih dari 2 cm, membuatnya terlihat semakin kecil. Penggunaan mini blinds akan memberikan kesan ruang yang lebih modern.

Selain mudah digunakan, mini blinds memiliki dua tipe, yang pertama menggunakan kabel untuk mengoperasikannya, sedangkan yang kedua memiliki tampilan mulus tanpa kabel yang menjuntai.

7. Panel blinds

blinds-2go.co.uk

Panel blinds biasanya menggunakan kain dan digantung secara vertikal. Selain itu, panel blinds juga dapat difungsikan sebagai pembatas ruangan. Kelemahannya, saat digunakan panel blinds tidak dapat dimiringkan, sehingga akan sulit mengatur cahaya yang masuk. Namun, jenis ini sangat cocok digunakan untuk jendela ukuran besar, serta menambahkan kesan oriental kontemporer di rumah.

8. Motorised blinds

windowblinds/KharimsaJayaBlinds

Jenis ini memiliki harga yang cukup mahal, namun sebanding dengan berbagai kelebihannya. Salah satunya, motorised blinds dapat dihubungkan dengan asisten rumah pintar seperti Alexa Amazon atau Siri Apple. Selain itu, motorised blinds dapat dikendalikan oleh remote, suara, dan aplikasi di handphone.

9. Outdoor blinds

indiamart.com

Window blinds tidak hanya dapat digunakan di dalam ruangan, bagian luar jendela pun dapat kamu lindungi. Outdoor blinds akan memiliki bilah yang lebih rapat dan kuat untuk bertahan dari sinar matahari dan siraman air hujan. Biasanya, outdoor blinds terbuat dari kayu atau bambu, sehingga bagian luar rumah akan tetap tampil cantik. 

Itulah beberapa jenis window blinds yang bisa kamu pilih untuk melindungi serta mempercantik rumah. Kamu dapat memesannya secara khusus di toko, atau belanja secara online melalui berbagai aplikasi online shop.

IDN Channels

Latest from Inspiration