Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket dengan Mudah dan Cepat

Pastinya, dengan bahan dan alat yang mudah kamu dapatkan

Aisyah Banowati

Saat setrika yang kamu gunakan terasa lengket, pastinya membuat kamu merasa tidak nyaman, bukan? Setrika yang lengket disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kamu terlalu kuat menekan setrika di atas kain berbahan sablon rubber, sehingga menyebabkan kain menempel. 

Kini, kamu tidak perlu khawatir, Bela. Karena, Popbela telah merangkum cara membersihkan setrika yang lengket dari berbagai sumber. Dengan alat dan bahan yang mudah kamu temukan. Ini caranya!

1. Menggunakan lilin

FREEPIK/FREPIK

Cara menghilangkan noda lengket pada setrika yang pertama, adalah dengan menggunakan lilin. Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan lilin tanpa aroma, kemudian panaskan setrika sampai panas.  

Oleskan lilin di bagian kerak yang lengket sampai semua noda tertutupi. Diamkan sampai dingin dan mengering, kemudian lap dengan kain kering. Kerak pada setrika akan mengelupas, sehingga kamu dapat menyetrika kembali dengan nyaman.

2. Menggunakan pasta gigi

freepik/Josep M Suria

Pasta gigi memiliki kandungan abrasi yang dapat menghilangkan noda membandel. Selain untuk membersihkan gigi dan mulut, kamu dapat memanfaatkan pasta gigi untuk menghilangkan noda lengket pada setrika kamu, nih!

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi di atas permukaan yang lengket. Tunggu beberapa saat, kemudian lap dengan kain kering sampai bersih. Kemudian, lap kembali dengan kain basah untuk membersihkan sisa sisa noda. Kini, setrika kamu akan kembali bersih dan nyaman saat digunakan.

3. Menggunakan soda kue

www.freepik.com

Cara menghilangkan noda lengket pada setrika yang selanjutnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan soda kue dengan air sampai mengental. Oleskan soda kue yang sudah mengental di atas permukaan yang lengket. Tunggu beberapa saat, kemudian sikat bagian yang tadi dioleskan dengan soda kue menggunakan sikat gigi. Saat noda sudah mulai mengelupas, kamu dapat mengelapnya dengan kain basah.

4. Menggunakan daun pisang

stock.adobe.com

Mungkin kamu akan sedikit kerepotan mencari daun pisang yang segar, namun cara ini efektif dilakukan, lho! Kamu cukup memanaskan setrika dan mulai menyetrika di bagian dalam daun pisang. 

Lapisan lilin yang terkandung pada daun pisang akan berpindah ke setrika, sehingga setrika menjadi licin. Lakukan hal ini berulang-ulang, sampai noda lengket pada setrika hilang. Saat daun pisang yang kamu gunakan mulai layu, ganti dengan daun yang baru ya, Bela!

5. Menggunakan koran dan garam

Dok. Internet

Sebagai bumbu dapur andalan, garam dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda lengket pada setrika. Kamu perlu menyiapkan koran, garam dan setrika yang akan dibersihkan. 

Langkah pertama adalah, memanaskan setrika dan menyiapkan koran yang sudah ditaburi garam. Saat setrika sudah panas, gosok koran yang tadi sudah ditaburi garam. Jika sudah selesai, matikan setrika dan tunggu sampai kering. Kamu dapat membersihkan sisa noda garam dengan kain lap basah. Kini, setrika siap digunakan kembali.

6. Menggunakan cuka dan garam

www.freepik.com

Mencampurkan cuka dan garam, dapat membantu kamu membersihkan setrika dari noda lengket, lho! Campurkan cuka dan garam dengan perbandingan 2:1. Masak cuka dan garam sampai garam larut, namun jangan sampai cairan mendidih. Setelah cairan cuka dan garam siap, oleskan ke bagian noda yang lengket dan sikat dengan sikat gigi. Lap setrika dengan kain bersih untuk menghilangkan sisa noda.

7. Menggunakan amplas

Wikipedia/Simon Eugster

Kamu dapat menggunakan amplas yang memiliki tekstur halus, untuk membersihkan noda lengket pada setrika. Kamu perlu berhati-hati saat menggunakan cara ini. Jika kamu menggunakan amplas dengan tekstur yang terlalu kasar, hal tersebut beresiko merusak setrika kamu. Namun, cara ini terbilang ampuh untuk mengusir noda lengket  yang terlanjur membandel. Jadi, hati-hati, ya!

Itulah berbagai cara membersihkan setrika yang lengket dengan mudah. Kamu dapat memilih cara yang dirasa paling aman dan cepat. Agar setrika kamu tidak cepat lengket, sebaiknya pisahkan baju yang berpotensi terbakar saat disetrika, kemudian atur suhu pada setrika agar tidak terlalu panas. 

Mudah kan, kalau kamu sudah pernah coba cara yang mana nih, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration