Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta 'Harbin', Lee Dong Wook Rombak Penampilan!

'Harbin' akan tayang perdana di TIFF 2024

Aisyah Banowati

Sejak diumumkan dua tahun lalu, Harbin, menjadi salah satu film yang ditunggu-tunggu penayangannya. Dibintangi oleh aktor Hyun Bin, Park Jeong Min, hingga Lee Dong Wook, Harbin mengisahkan para aktivis kemerdekaan Korea di awal tahun 1900-an.

Harbin sendiri merupakan salah satu kota di Tiongkok—dahulu dikenal sebagai China—yang dikenal sebagai kota paling dingin. Lantas, apa yang dilakukan para aktivis Korea di Harbin? Buat tahu jawabannya, simak fakta menarik film Harbin dalam artikel ini, yuk!

1. Sinopsis 'Harbin'

YouTube/CJ ENM Movie

Mengambil latar di tahun 1909, film Harbin akan fokus mengangkat kisah aktivis kemerdekaan Korea yang mempertaruhkan hidup mereka untuk melawan pemerintah Jepang.

Seorang pejuang bernama An Jung Geun (Hyun Bin) berencana merebut kembali kekaisaran Korea akibat kekuasaan Ito Hirobumi. Di Harbin, China, para aktivis berencana meluncurkan serangan demi mencapai kemerdekaan Korea. 

2. Sosok asli An Jung Geun

YouTube/CJ ENM Movie

Sosok An Jung Geun sendiri dikenal sebagai pejuang kemerdekaan Korea. Ialah orang yang menembak dan membunuh Ito Hirobumi yang merupakan Perdana Menteri pertama Jepang dan Jendereal Residen Korea. Saat ditangkap, An Jung Geun dijatuhi hukuman mati pada 14 Februari 1910, kemudian dieksekusi pada 26 Maret tahun yang sama.

Pada tahun 1962—atas jasa dan keberaniannya—pemerintah Korea menganugerahi An Jung Geun tanda jasa anumerta Order of Merit for National Foundation. Penghargaan tersebut adalah penghargaan sipil paling bergengsi di Korea, serta mengabadikan semangat patriotiknya dalam sebuah monumen.

3. Film 'Harbin' bertabur bintang

YouTube/CJ ENM Movie

Selain Hyun Bin yang akan menjadi pemeran utama, Harbin juga dibintangi oleh aktor top Korea Selatan lainnya. Nama Jeon Yeo Been (peran: Madam Gong), Park Jeong Min (peran: Woo Deok Soon), Park Hoon (peran: Datsuo Mori), Jo Woo Jin (peran: Kim Sang Hyun), hingga Yoo Jae Myung (peran: Choi Jae Hyeong) turut masuk ke dalam credit title film ini. 

4. Syuting di Mongolia

YouTube/CJ ENM Movie

Fakta menarik lain, untuk pertama kalinya, sutradara Woo Min Ho dan sinematografer Hong Kyeong Pyo bekerja sama untuk menyajikan pengalaman sinematik yang luar biasa saat menonton Harbin.

Proses syuting film ini pun telah dikerjakan sejak akhir tahun 2022 silam. Selain di Korea Selatan, tim produksi dan para aktor pun pergi ke Latvia dan Mongolia untuk pengambilan gambar. 

5. Dikemas dalam genre mata-mata

YouTube/CJ ENM Movie

Pada bulan Januari lalu, dalam sebuah wawancara sutradara Woo Min Ho menjelaskan jika film ini akan dikemas dalam genre mata-mata. Nantinya, juga akan ada beberapa tokoh fiksi yang merupakan rekonsturksi dari tokoh aktivis kemerdekaan yang ada di masa tersebut. Di antaranya tokoh Kim Sang Hyun, Madam Gong, Datsu Mori, dan Lee Chang Sub.

6. Akan tayang di TIFF 2024

YouTube/CJ ENM Movie

Menariknya, sebelum ditayangkan di bioskop mendatang, Harbin akan terlebih dahulu tayang di Toronto International Film Festival (TIFF) 2024 dalam sesi Gala Presentation. Film ini menjadi satu-satunya film asal Korea Selatan yang mendapatkan undangan TIFF 2024 pada pengumuman daftar seleksi resmi pertama.

Cameron Bailey selaku CEO Toronto International Film Festival bahkan memberikan pujian bagi film ini, menurutnya penggambaran film Harbin begitu mendalam dan indah saat menggambarkan peristiwa bersejarah Korea. 

7. Transformasi mengejutkan dari Lee Dong Wook

x.com/DongWooksFan

Meski belum diketahui perannya—apakah ia akan menjadi tokoh protagonis atau antagonis—cuplikan potret aktor Lee Dong Wook sebagai Lee Chang Sub dalam trailer film Harbin mendatang memicu kehebohan di internet. Aktor berusia 42 tahun tersebut terlihat mengubah total penampilannya.

Kali ini, Lee Dong Wook tampil dengan kumis tebal dan rambut gondrong. Penampilannya yang terlihat 'sangar' dengan coat panjang di bawah pencahayaan yang redup, sangat berbeda dengan image-nya yang selalu terlihat rapi. Tak ayal, kemunculan Lee Dong Wook berhasil menambah perhatian untuk film ini. 

Itulah beberapa fakta menarik film Harbin yang wajib masuk waiting list tontonan kamu. TIFF 2024 sendiri akan berlangsung pada 5-15 September 2024 mendatang, dan diperkirakan Harbin akan tayang di akhir tahun ini.

Meski demikian, CJ Entertainment selaku distibutor belum mengumumkan detail kapan film ini akan ditayangkan, baik secara domestik maupun internasional. Jadi, walau sudah kepalang penasaran kamu tetap harus bersabar, ya!

IDN Channels

Latest from Inspiration