Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Bollywood Bertema Superhero

Sayangnya, tak semua yang berkekuatan super menjadi hero

Aisyah Banowati

Produksi Bollywood memang terkenal akan drama musikalnya. Namun, industri perfilman yang berpusat di Mumbai ini terus berinovasi lewat berbagai genre yang digarapnya. Berkat kemajuan teknologi, kreativitas tanpa batas, narasi cerita yang dalam, serta kekuatan para bintangnya, film Bollywood berhasil unjuk gigi di kancah internasional. 

Selain genre melodrama yang menyayat hati, film musikal yang menggembirakan, dan aksi heroik yang mencuri hati, Bollywood turut menciptakan superhero versinya sendiri. Mulai dari pahlawan tak kasat mata, pahlawan yang keluar dari dalam game, hingga pahlawan yang memilih untuk berbalik arah menjadi penjahat.

Ada judul apa saja? Berikut film bollywood bertema superhero.

1. Minnal Murali - 2021

Suatu hari, sebuah kilat menyambar Jaison (Tovino Thomas) dan seorang lain bernama Shibu (Guru Somasundaram). Meski disambar aliran listrik alam berkekuatan tinggi, secara ajaib keduanya berhasil selamat. 

Beberapa hari setelah insiden tersebut, baik Jaison maupun Shibu menyadari bahwa mereka kini memiliki kekuatan super. Namun, meski sama-sama kuat, keduanya berdiri pada kubu yang berbeda. Tak terelakkan mereka pun harus berhadapan satu sama lain.

2. Bhavesh Joshi Superhero - 2018

Bhavesh Joshi Superhero mengisahkan kelahiran pahlawan super, Bhavesh Joshi (Priyanshu Painyuli), yang bertekad memenuhi keinginan temannya yang terbunuh untuk membersihkan dan mereformasi negara. 

Selama melancarkan aksinya yang senang main hakim sendiri, Bhavesh Joshi selalu mengenakan topeng. Dimulai dari misi balas dendam, ia kemudian terlibat dalam misi yang lebih berbahaya, yakni memberantas korupsi dan keluar dari cengkraman mafia.

3. Mard Ko Dard Nahi Hota - 2018

Film garapan sutradara Vasan Bala dengan judul internasional “The Man Who Feels No Pain” ini, mengisahkan Surya (Abhimanyu Dassani) yang tak bisa merasakan sakit. Melihat kondisi sang putra yang tak biasa, sang ayah memutuskan untuk membatasi pergerakan putranya sendiri. Sehari-hari yang dilakukan Surya hanyalah berdiam diri di rumah. 

Masa kecil Surya yang membosankan berubah menjadi menyenangkan lewat ratusan film laga yang ditunjukkan oleh sang kakak. Merasa terinspirasi, diam-diam Surya mulai belajar bela diri demi memberantas kejahatan. Meski pada kenyataannya menonton pertarungan dan bertarung sungguhan itu berbeda, Surya tak pernah gentar. 

4. Enthiran 2 (2.0) - 2018

Kejadian aneh dimulai saat ponsel seorang mahasiswa tiba-tiba terbang lalu menghilang. Bukan hanya dirinya seorang, mendadak ponsel lain di kota tersebut ikut hilang. Ternyata, ponsel-ponsel tersebut dicuri oleh seekor burung pipit raksasa. 

Untuk menghentikan serangan pencurian ponsel ini, pemerintah memutuskan untuk kembali menghidupkan robot Chitti. Ketika Chitti berhasil dihidupkan, kerusakan telah merajalela dan seseorang di balik fenomena ini ternyata memiliki ambisi untuk memusnahkan manusia.

5. A flying Jatt - 2016

A flying Jatt menceritakan Aman Dhillon (Tiger Shroff), seorang guru seni bela diri yang mendadak mendapat kekuatan super setelah mencoba menghentikan Raka (Nathan Jones) yang ingin menebang sebuah pohon suci. 

Ketika Aman mulai terbiasa dengan kekuatan barunya, Raka kembali datang dengan kekuatan yang lebih besar. Sang antagonis sengaja menyebarkan polusi yang membuat penduduk terjangkit penyakit. Kali ini, mampukah Aman kembali menghentikan Raka?

6. Mr. X - 2015

Setelah meminum cairan yang belum teruji, petugas anti terorisme bernama Raghu (Emraan Hashmi) mendapat kekuatan yang membuatnya menjadi manusia tembus pandang. Kini, sosoknya hanya dapat dilihat saat disinari cahaya biru dan sinar matahari langsung.

Saat masih mencoba beradaptasi dengan kondisi barunya, Raghu harus menerima fakta jika dirinya dijebak dalam sebuah situasi yang menempatkannya menjadi sosok pembunuh. Tak terima dengan apa yang telah menimpanya, Raghu memulai misi balas dendamnya.

7. Ra.One - 2011

Kisah Ra.One dibuka dengan muculnya seorang karakter game ke dunia manusia. Tokoh antagonis yang satu ini keluar dari game yang rancang oleh Shekar (Shahrukh Khan). Dalam permainan yang dikembangkan Shekar, tokoh antagonis yang dibuat ilmuwan ceroboh tersebut digambarkan tidak memiliki wajah. 

Di sisi lain, tokoh protagonis yang diberi nama G-One menggunakan wajah Shekar sebagai face claim. Kini, saat kerusakan yang dibuat karakter yang keluar dari game buatannya mulai tak terkendali, mampukah Shekar mengatasinya?

8. Zokkomon - 2011

Selepas kepergian orang tuanya, Kunal (Darsheel Safary) terpaksa harus tinggal dengan sang paman. Mengetahui bahwa keponakannya diwariskan harta yang melimpah, Deshraj (Anupam Kher) memutuskan untuk memalsukan kematian Kunal demi menguasai hartanya. 

Ketika dibuang oleh Deshraj, Kunal malah menemukan batu misterius yang membuatnya memiliki kekuatan super. Dibantu oleh bibi Kittu (Manjari Phadnis), Kunal memutuskan untuk kembali pulang ke rumah pamannya dan mengambil apa yang menjadi haknya.

9. Drona - 2008

Aditya tak pernah menyangka jika dirinya adalah penerus utama dari keluarga prajurit yang secara turun temurun mendedikasikan hidupnya menjaga sebuah energi kosmik. Saat tiba waktunya, siap tidak siap dirinya harus mengemban tanggung jawab tersebut. 

Sedikit demi sedikit, ketika lapisan kebenaran mulai terkuak, Aditya (Abhishek Bachchan) menemukan fakta bahwa sang ibu masih hidup, serta menemukan jawaban di balik kematian sang ayah.

10. Krrish - 2006

Bersama sang nenek, Krisna (Hrithik Roshan) tumbuh menjadi anak laki-laki yang patuh. Dirinya memiliki kekuatan super yang diturunkan dari sang ayah, Rohit Mehra. Namun, nenek Sonia yang trauma dengan apa yang menimpa anaknya memutuskan untuk menyembunyikan Krisna dari dunia. 

Suatu hari, Krisna jatuh hati dengan mahasiswi bernama Priya (Priyanka Chopra). Demi perempuan yang dicintainya, Krisna memilih ikut Priya ke Singapura setelah mendapat izin dari sang nenek. Sesampainya di Singapura, sebuah kejadian membuat semua orang tahu kekuatan asli Krisna. Kini, dirinya mulai diburu oleh sekelompok orang tak dikenal.

Itulah sepuluh film Bollywood bertemakan superhero dengan genre aksi laga dan petualangan. Kalau kamu, tertarik menonton judul yang mana dulu, nih?

IDN Channels

Latest from Inspiration