Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tretinoin Cream: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penggunaan

Obat oles untuk mengatasi jerawat

Wahyu Fitri Utami

Tretinoin cream merupakan salah satu produk perawatan kulit yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Krim ini termasuk dalam golongan retinoid, yakni turunan dari vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Mulai dari merangsang produksi kolagen, mempercepat pergantian sel kulit mati, mengatasi jerawat, dan sebagainya. 

Apakah di antara kamu masih bingung terkait penggunaan tretinoin cream? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Apa itu tretinoin cream?

freepik.com

Krim tretinoin adalah bentuk obat topikal yang mengandung tretinoin, suatu turunan vitamin A. Vitamin A menjadi nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan kulit, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh.

Tretinoin bekerja dengan cara mempercepat proses pergantian sel-sel kulit. Artinya, kulit lama yang sudah mati atau rusak akan lebih cepat digantikan dengan sel-sel kulit yang baru dan sehat.

Krim tretinoin biasanya hadir dalam berbagai dosis, seperti 0,025%, 0,05%, dan 0,1% yang bisa disesuikan dengan kondisi kulit. Penggunaan tretinoid perlu disertai oleh resep dokter sehingga kamu tidak boleh sembarangan dalam memakainya ya, Bela.

2. Manfaat tretinoin cream

freepik.com

Krim tretinoin memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, antara lain:

  • Mengatasi jerawat

Salah satu penggunaan utama tretinoin ialah untuk mengatasi jerawat. Tretinoin membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengurangi peradangan di kulit. Selain itu, tretinoin dapat membantu mengurangi jerawat dan komedo serta memperbaiki tekstur kulit.

  • Mengurangi kerutan dan garis halus

Tretinoin juga dikenal karena kemampuannya dalam meremajakan kulit. Lewat peningkatan pergantian sel kulit dan merangsang produksi kolagen, tretinoin dapat membantu mengurangi munculnya kerutan dan garis halus. Hal Ini membuat kulitmu akan terlihat lebih halus dan kencang.

  • Menyamarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi

Tretinoin dapat membantu meratakan warna kulit dengan mengurangi produksi melanin di area yang mengalami hiperpigmentasi. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki bintik hitam akibat paparan sinar matahari atau perubahan hormon.

  • Memperbaiki tekstur kulit

Melalui proses pengelupasan lapisan kulit atas yang cepat, tretinoin dapat membantu memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata dan membuatnya terlihat lebih cerah serta bersih. Kulitmu pun akan tampak halus.

  • Mencegah penuaan dini

Penggunaan tretinoin secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Hal ini termasuk mengurangi kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan menjaga kekenyalan kulit.

3. Cara penggunaan tretinoin cream

freepik.com

Sebelum mengaplikasikan krim tretinoin, jangan lupa untuk selalu mengikuti anjuran dokter dan baca petunjuk yang ada pada kemasan. Berikut ini cara menggunakan krim tretinoin yang benar:

  • Cuci tangan dan bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun ringan sebelum mengaplikasikan tretinoin cream.
  • Mengeringkan bagian kulit yang akan diolesi dan tunggu sekitar 20-30 menit hingga kulit benar-benar kering.
  • Ambil krim secukupnya menggunakan ujung jari, lalu oleskan secara merata pada area yang hendak diobati.
  • Hindari menggunakan tretinoin cream pada area kulit yang terbakar maupun luka terbuka. Selain itu, kamu juga harus hati-hati, jangan sampai obat mengenai bagian mata, hidung, ataupun dalam mulut. 
  • Selesai mengoleskan tretinoin cream, ada baiknya kamu mencuci tangan kembali sampai bersih.
  • Simpan produk dalam suhu ruangan dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, jangan lupa untuk menjauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Nah, sudah lebih tahu tentang manfaat dan penggunaan krim tretinoin, kan. Tretinoin umumnya aman untuk tipe kulit berminyak, kering, kombinasi, maupun sensitif. Tapi, pastikan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya ya, Bela.

IDN Channels

Latest from Skin