Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Titik Pijat Asam Lambung pada Tangan, Sudah Tahu?

Cara alami untuk meredakan asam lambung

Wahyu Fitri Utami

Apakah kamu pernah mengalami asam lambung atau GERD? Kondisi ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti rasa tidak nyaman pada bagian perut dan sensasi terbakar pada bagian kerongkongan.

Gejala tersebut disebabkan karena kenaikan kadar asam lambung yang melebihi batas normal. Asam lambung yang naik dapat menyebabkan rasa mual dan membahayakan kesehatan jika dibiarkan begitu saja.

Selain minum obat-obatan, terdapat cara alami untuk mengatasi asam lambung yaitu menggunakan pijat refleksi. Metode pijat refleksi, terutama pada bagian tangan diyakini dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

Namun, tidak semua orang memahami titik pijat asam lambung pada tangan yang benar. Oleh karena itu, simak 4 titik pijat asam lambung berikut ini agar tidak salah kaprah!

1. Titik perikardium-6 (P6)

freepik.com

Titik pijat asam lambung yang pertama adalah titik P6 (Perikardium 6). Titik ini merupakan titik pijat yang letaknya paling dekat dari bawah garis pergelangan tangan.

Pijatan pada bagian perikardium-6 diyakini dapat membantu merangsang saraf yang berpengaruh pada sistem pencernaan, sehingga mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat asam lambung.

Selain itu, memijat titik P6 juga dapat meredakan mual, mengurangi rasa sakit kepala, dan membantu mengurangi radang pada organ tubuh bagian dalam. Melakukan pijatan pada titik ini juga dapat membantu meredakan gejala malaria, asma, epilepsi, sesak dada, cegukan, pusing, dan muntah.

2. Titik hegu

freepik.com

Titik pijat asam lambung yang kedua adalah titik hegu. Lain halnya dengan titik pijat sebelumnya, titik hegu berada di cekungan antara ibu jari dan jari telunjuk. Kamu bisa melakukan pijatan secara perlahan pada titik hegu ketika merasakan gejala asam lambung.

Selain mengurangi gejala asam lambung, pijatan-pijatan kecil pada titik hegu juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit lain. Misalnya, membantu mengurangi nyeri ulu hati dan maag.

Selain itu, memijat titik hegu juga dapat meringankan gejala flu, seperti demam, sinus, dan sakit kepala. Bahkan, nyeri akibat sakit gigi juga dapat diredakan dengan memijat titik ini.

3. Telapak tangan

freepik.com

Gejala asam lambung juga dapat diatasi dengan memijat bagian telapak tangan secara keseluruhan. Pijat telapak tangan bagian tengah secara perlahan dengan gerakan memutar. Kemudian, tarik napas tiga kali dan embuskan. Refleksi sederhana tersebut diyakini dapat meredakan berbagai kondisi serta membantu mengatur emosi.

Telapak tangan merupakan bagian paling krusial pada tubuh. Melakukan pijatan pada titik ini akan memberikan banyak manfaat. Pijatan pada telapak tangan dapat memberikan pengaruh positif pada organ-organ penting pada tubuh.

4. Titik Samping Ibu Jari

freepik.com

Titik pijat asam lambung pada tangan juga dapat dilakukan pada titik samping ibu jari. Posisinya kurang lebih berada pada bagian tengah dekat ibu jari. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan pijatan pada kedua tanganmu.

Cara melakukan pijatan pada titik ini sedikit berbeda dengan titik-titik lainnya karena kamu harus melakukan pijatan dengan cukup kuat. Titik refleksi pada bagian ini cukup dalam. Maka dari itu, kamu diperbolehkan untuk melakukan pijatan menggunakan alat bantu seperti stik pijat atau benda tumpul lain untuk memijat.

Akan tetapi, kamu tetap harus berhati-hati agar stik pijat tersebut tepat mengenai titik refleksi. Jadi, pijatannya akan semakin terasa. Jika diperlukan, kamu juga dapat meminta bantuan profesional yang lebih mengerti posisi dan titik-titik pijat yang tepat.

Meskipun gejala asam lambung tergolong ringan, namun kamu harus menanganinya dengan baik. Nah, pahami titik-titik pijat asam lambung pada tangan agar kamu dapat melakukan pertolongan pertama apabila asam lambung tiba-tiba naik.

Namun, jika gejala asam lambung tidak kunjung mereda, jangan ragu untuk mencari pertolongan medis, ya!

IDN Channels

Latest from Skin