Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Retinol Tidak Boleh Digabung dengan Apa Saja? Ini 5 Bahannya

Hati-hati dalam menggunakan retinol

Wahyu Fitri Utami

Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang paling populer dalam produk perawatan kulit. Bahan ini terkenal akan kemampuannya dalam mengurangi kerutan hingga memperbaiki tekstur kulit.

Sayangnya, tidak semua bahan skincare dapat dipakai bersama retinol. Beberapa kombinasinya malah bisa mengurangi efektivitas retinol, bahkan menyebabkan iritasi pada kulit.

Jika kamu ingin menambahkan retinol dalam perawatan kulitmu, penting untuk memperhatikan bahan-bahan lain yang ada di produk skincare-mu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal dan terhindar dari masalah kulit.

Berikut ini, Popbela sajikan penjelasan terkait retinol tidak boleh digabung dengan apa saja. Simak dan catat ya, Bela!

1. AHA dan BHA

freepik.com

Pertama ada AHA dan BHA yang tidak boleh digabung dengan retinol. AHA/BHA merupakan bahan eksfoliator yang berperan dalam mengangkat lapisan kulit mati. Jika kamu menggabungkan retinol dengan kedua bahan tersebut, tidak hanya membuat kulitmu tipis, namun juga kering dan rentan terkena iritasi.

Eksfoliasi gandanya akan membuat kulitmu mengalami pengelupasan berlebih dan berujung pada sensitivitas ataupun kemerahan. Sebaiknya kamu bisa menggunakan AHA/BHA bergantian dengan retinol agar tidak menimbulkan iritasi.

2. Vitamin C

freepik.com

Vitamin C dianggap sebagai salah satu bahan yang sulit untuk diformulasikan karena akan efektif di lingkungan pH asam. Di sisi lain, retinol akan bekerja pada pH yang lebih tinggi. Oleh karena itu, jika penggunaannya digabung tentunya tidak akan maksimal.

Supaya lebih optimal, kamu bisa menggunakan retinol pada malam hari dan vitamin C di pagi hari. Vitamin C akan berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari sinar UV.

3. Benzoil Peroksida

freepik.com

Retinol merupakan bahan yang cukup kuat dalam mengatasi masalah jerawat. Bahan ini bekerja dengan cara membantu pengelupasan kulit untuk mencegah terjadinya pori-pori yang tersumbat.

Sayangnya, retinol tidak bisa digabung dengan benzoil peroksida. Hal ini karena bahan tersebut dapat menonaktifkan molekul retinol. Jika ingin tetap menggunakan keduanya, kamu bisa menggunakan retinol di malam hari dan benzoil peroksida pada pagi hari. Jangan gunakan dua bahan tersebut bersamaan ya!

4. Salicylic Acid

freepik.com

Sama seperti AHA/BHA, salicylic acid merupakan bahan yang bekerja dengan cara eksfoliasi. Mencampur bahan ini dengan retinol dapat membuat kulitmu kering dan iritasi. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan produk dengan presentase salicylic acid yang rendah dan dapat digunakan secara bergantian.

5. Niacinamide

freepik.com

Meskipun ada yang mengatakan bahwa retinol dan niacinamide aman saat dipakai bersamaan, tapi tidak ada salahnya kamu berhati-hati saat menggunakannya.

Kombinasi retinol dan niacinamide sebenarnya kurang disarankan jika kedua bahan tersebut sama-sama mengandung konsentrasi yang tinggi, sebab dapat meningkatkan iritasi, apalagi bagi kamu pemilik kulit sensitif. 

Dilansir dari Healthline, jika kamu ingin tetap menggabungkan skincare retinol dan niacinamide, sebaiknya aplikasikan niacinamide terlebih dahulu, lalu disusul dengan retinol. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan niacinamide pada pagi hari dan retinol malam hari.

Sekarang, kamu sudah tahu bukan, retinol tidak boleh digabung dengan apa. Selanjutnya, jangan lupa berhati-hati ya dalam memilih bahan suatu produk. Pastikan kamu tidak menggabungkan penggunaan retinol dengan bahan yang disebutkan di atas.

IDN Channels

Latest from Skin