Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Perbedaan Body Lotion dan Body Serum, Apa Saja?

Sudah tahu perbedaannya?

Wahyu Fitri Utami

Berbicara tentang perawatan kulit, body lotion dan body serum sering menjadi dua pilihan utama yang membingungkan banyak orang. Meskipun berfungsi untuk melembapkan kulit, keduanya memiliki formula dan manfaat yang berbeda.

Body lotion umumnya memiliki tekstur lebih kental dan dirancang untuk memberikan kelembapan yang tahan lama. Di sisi lain, tekstur body serum lebih ringan dan berguna dalam mengatasi masalah spesifik, seperti pigmentasi.

Perbedaan tersebut membuat kamu harus bisa memilih produknya bergantung pada kebutuhan kulit dan tujuan perawatan yang ingin dicapai. Jika masih bingung yuk, simak perbedaan body lotion dan body serum berikut supaya kamu tidak salah membeli.

1. Tekstur

pexels.com/Karolina Kaboompics

Perbedaan body lotion dan body serum yang pertama terkait dengan tekstur. Body lotion dirancang dengan tekstur yang lebih kental, namun tetap lebih ringan dibandingkan produk krim.

Sementara itu, body serum memiliki tekstur yang lebih ringan dan cair. Perbedaan ini dapat kamu kenali secara langsung saat melihat produknya dituang ke tangan.

2. Kandungan

pexels.com/Sadia Taz Oyshi

Dari segi kandungan, kedua produk ini juga berbeda. Body lotion dengan teksturnya yang cair biasanya tidak banyak mengandung minyak dibandingkan jenis pelembap kulit lainnya.

Di sisi lain, body serum sebagai produk water-based dikenal memiliki berbagai kandungan dengan formulanya yang ringan. Di dalam produknya tersebut terkandung bahan-bahan lain yang bagus untuk perawatan kulit, seperti glycolic acid, lactic acid, vitamin, hingga antioksidan.

3. Manfaat

pexels.com

Secara umum, body lotion memiliki kegunaan dalam menghidrasi kulit seseorang dan melindungi kulit dari sinar UV. Sementara body serum bermanfaat tidak hanya melembapkan, namun juga mengatasi berbagai masalah kulit, seperti meremajakan, menghaluskan, maupun memperbaiki skin barrier. Meskipun begitu, bukan berarti kehadiran body serum bisa menggantikan tugas body lotion ya, Bela!

Menggunakan body lotion sebenarnya sudah cukup untuk kamu yang memang hanya ingin menjaga dan memberi kelembapan pada kulit. Namun, jika kamu punya masalah tertentu pada kulit dan ingin segera diatasi, body serum bisa menjadi pilihanmu.

4. Cara kerja

pexels.com/Karolina Kaboompics

Perbedaan body lotion dan body serum selanjutnya dapat dilihat dari cara kerjanya. Body lotion biasanya akan membuat kulitmu lebih lengket selama beberapa saat. Hal ini dikarenakan produk tersebut berperan dalam menghidrasi kulit.

Sedangkan body serum memiliki molekul yang lebih kecil sehingga tidak terlalu lengket dan mudah menyerap ke dalam kulit. Tak hanya itu, body serum juga bisa membentuk skin barrier untuk melindungi kulit dari faktor luar yang buruk.

5. Cara pemakaian

pexels.com/Sora Shimazaki

Kamu juga bisa menemukan perbedaan body lotion dan body serum ketika memakainya. Formulanya yang ringan membuat body lotion dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Produk ini bisa digunakan kapan saja untuk melembapkan kulitmu.

Sementara itu, body serum bisa kamu gunakan jika memiliki masalah tertentu pada kulit, seperti kulit yang terlalu kering atau kasar. Body serum juga bisa digunakan untuk kamu yang memiliki kondisi kulit bersisik, sensitif, ataupun ingin mencegah penuaan dini.

6. Harga

pexels.com/Aljona Ovtsinnikova

Dibandingkan body serum, body lotion memiliki harga yang lumayan lebih murah. Body serum dengan kandungan bahan aktifnya yang lebih tinggi, umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Demikian, enam perbedaan body lotion dan body serum. Setelah mengetahui perbedaan dari kedua produk di atas, manakah yang akan kamu pilih sebagai produk perawatan kulitmu?

IDN Channels

Latest from Skin