Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak, Ampuh Kontrol Minyak!

Pemilik kulit berminyak tak perlu khawatir lagi

Wahyu Fitri Utami

Kulit berminyak sering kali menjadi masalah bagi banyak orang. Apalagi dapat menyebabkan kilau berlebih dan pori-pori tersumbat yang bisa memicu timbulnya masalah jerawat. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih skincare dengan kandungan yang cocok untuk kulit berminyak.

Penggunaan produk skincare yang tepat mampu mengontrol produksi minyak berlebih dan menjaga kulit agar tetap sehat, serta segar sepanjang hari. Nah, berikut tujuh kandungan skincare untuk kulit berminyak yang bisa menjadi pertimbanganmu saat memilih produk perawatan kulit.

1. Hyaluronic Acid

freepik.com

Kandungan skincare untuk kulit berminyak yang pertama ialah hyaluronic acid. Hyaluronic acid berguna dalam melembapkan kulit. Meskipun kulitmu berminyak, bukan berarti kamu tidak membutuhkan produk yang melembapkan.

Kulitmu tentunya tetap membutuhkan hidrasi yang cukup. Oleh karena itu, penggunaan skincare yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembap tanpa memicu minyak berlebih.

2. Niacinamide

pexels.com/Ron Lach

Niacinamide dikenal sebagai kandungan skincare untuk mencerahkan dan mengatasi jerawat. Kandungan ini mampu menyerap minyak alami yang menjadi salah satu faktor utama penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, niacinamide juga membantu merangsang produksi kolagen sehingga kulit akan terasa lebih halus, kencang, dan kenyal. Sifat antioksidan yang dimilikinya akan melindungi kulitmu dari radikal bebas juga, lho!

3. Retinol

pexels.com/Tima Miroshnichenko

Retinol merupakan turunan vitamin A yang biasanya ditemui pada formulasi antipenuaan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi maupun kerutan halus. Penggunaan retinol yang tepat mampu merangsang produksi kolagen, sehingga kulit akan tampak lebih kencang dan awet muda.

Sayangnya, kandungan ini cukup sensitif pada sinar ultraviolet. Jika malam sebelumnya menggunakan retinol, pakailah sunscreen dengan SPF minimal 30 di pagi harinya. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, memilih skincare dengan kandungan retinol bisa jadi pilihan yang tepat.

4. Dimethicone

pexels.com/cottonbro studio

Sama halnya dengan hyaluronic acid, dimethicone juga bermanfaat dalam melembapkan kulit. Zat emollient dalam dimethicone dapat mengontrol sebum, memperkuat lapisan kulit, membantu regenerasi sel kulit baru, hingga mencegah tanda-tanda penuaan dini. Beragam manfaatnya tersebut membuat dimethicone cocok dijadikan sebagai kandungan skincare untuk kulit berminyak.

5. Salicylic Acid

freepik.com

Kandungan skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah salicylic acid. Kandungan ini merupakan tipe BHA yang bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Salicylic acid bersifat anti-inflamasi yang menenangkan, sehingga juga aman diaplikasikan pada kulit yang berjerawat.

6. Aloe Vera

freepik.com

Aloe vera dikenal memiliki sifat yang menenangkan dan melembapkan pada kulit. Penggunaan skincare yang mengandung aloe vera dapat mengontrol produksi sebum dan menjaga kulit agar tetap lembap, sehingga cocok digunakan untuk kulit berminyak. Selain itu, aloe vera juga mampu meredakan peradangan pada kulit.

7. Glycolic Acid

pexels.com/Polina Kovaleva

Glycolic acid merupakan zat yang banyak digunakan dalam skincare untuk eksfoliasi dan mencerahkan kulit. Kandungan ini merupakan turunan dari AHA yang aman jika digunakan setiap hari. Bahan aktifnya terbuat dari kombinasi susu, gula alami, dan ekstrak buah-buahan.

Selain bermanfaat dalam mengontrol minyak pada kulit, gycolic acid juga mampu melembapkan, menyamarkan garis halus, dan mencegah munculnya jerawat. Pemilik kulit berminyak tentu tidak akan rugi menggunakan skincare dengan kandungan ini karena beragam manfaatnya tersebut.

Demikian tujuh kandungan skincare untuk kulit berminyak yang bisa jadi pertimbanganmu. Memilih skincare dengan kandungan yang tepat akan membuat produk tersebut bekerja lebih efektif dalam mengatasi masalah kulitmu.

IDN Channels

Latest from Skin