Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Double Cleansing Berapa Kali Sehari? Intip Tahapannya

Pastikan kamu membersihkan wajahmu dengan baik

Wahyu Fitri Utami

Selain terpapar polusi atau kotoran dari lingkungan sekitar, penggunaan makeup sehari-hari juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika hal tersebut tidak ditangani dengan baik, tentu akan memunculkan masalah kulit lain seperti jerawat serta komedo.

Oleh karena itu, penting menjaga kebersihan kulit dengan metode yang tepat. Salah satunya dengan double cleansing.

Double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah dengan dua langkah pembersihan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup secara menyeluruh. Apakah kamu masih bingung double cleansing berapa kali sehari? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, Bela.

Apa itu double cleansing?

freepik.com

Double cleansing adalah metode pembersihan wajah yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama menggunakan pembersih berbasis minyak dan tahap kedua menggunakan pembersih berbasis air.

Pembersih berbasis minyak efektif dalam mengangkat makeup, minyak, dan kotoran yang terperangkap di permukaan kulit. Kamu bisa menggunakan produk seperti cleansing oil, milk cleanser, micellar water, makeup remover, dan sebagainya.

Sementara itu, pembersih berbasis air membantu menghilangkan sisa-sisa yang masih tertinggal setelah tahap pertama. Pembersih berbahan dasar air yang bisa digunakan ialah facial foam atau facial wash. Melalui dua langkah ini kulitmu akan terasa lebih bersih, segar, dan siap untuk menerima produk perawatan selanjutnya.

Double cleansing berapa kali sehari?

freepik.com

Mungkin masih ada yang bingung, sebaiknya double cleansing dilakukan berapa kali sehari? Meskipun banyak manfaat dari double cleansing, frekuensi penggunaannya dapat bervariasi tergantung jenis kulit dan aktivitas harian.

Umumnya, double cleansing disarankan hanya satu kali sehari yaitu pada malam hari. Hal ini saat siang hari, karena kulit mendapat lebih banyak paparan polusi atau riasan yang menumpuk di wajah, sehingga malam merupakan waktu tepat untuk membersihkan secara menyeluruh. 

Namun, ada beberapa kondisi di mana kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk melakukan double cleansing dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Kamu bisa melakukan double cleansing di pagi hari apabila merasa kulit terlalu berminyak. Produk water-based cleanser bisa kamu pilih untuk membersihkan sebum di pagi hari.

Tahapan double cleansing

freepik.com

Dilansir dari Cleveland Clinic, ada beberapa tahapan double cleansing yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  1. Oleskan pembersih berbasis minyak pada telapak tanganmu, kemudian mulai lakukan pijatan lembut ke wajah. Kamu juga bisa menggunakan kapas untuk membersihkan wajah di tahap pertama double cleansing ini.
  2. Gunakan waslap atau tangan untuk membilas wajah dengan air hangat. Pastikan air yang kamu gunakan tidak terlalu panas karena akan membuat kulitmu malah kering.
  3. Jika sudah dibilas, kamu tidak perlu menggunakan handuk untuk mengeringkan wajahmu. Biarkan kulitmu tetap terasa lembap alami.
  4. Oleskan pembersih berbasis air dan pijat lembut ke kulit wajahmu. Lalu, bilas wajah dan keringkan wajahmu menggunakan handuk yang lembut.

Sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi double cleansing berapa kali sehari, deh! Double cleansing menjadi langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit untuk membantu menjaga kulitmu tetap bersih dan sehat.

Pastikan gunakan toner, serum, ataupun pelembap untuk menghidrasi kulit kembali setelah melakukan double cleansing, ya.

IDN Channels

Latest from Skin