Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Pakai Masker Wajah yang Benar agar Manfaatnya Lebih Optimal

Tahapan untuk perawatan kulitmu agar lebih optimal

Wahyu Fitri Utami

Masker wajah menjadi salah satu cara perawatan wajah yang digemari oleh perempuan karena mudah diaplikasikan. Meskipun mudah, pemakaian masker wajah harus dilakukan dengan benar agar kandungannya bisa bekerja secara maksimal dan memberikan manfaat baik untuk kulit wajah.

Apakah kamu masih bingung cara pakai masker wajahmu selama ini sudah benar apa belum? Berikut 8 cara pakai masker wajah yang benar sesuai yang bisa kamu terapkan.

1. Kenali jenis masker wajah yang hendak dipakai

pexels.com/Miriam Alonso

Sebelum memakai masker pada wajah, kamu harus mengenali jenis-jenis masker yang bisa kamu aplikasikan di kulit wajahmu. Masker wajah memiliki jenis yang beragam sesuai kebutuhan dan kenyamanan penggunanya. Mulai dari sheet mask, clay mask, mud mask, peel of mask, wash off mask, exfoliating mask, hingga sleeping mask. Pilihlah masker wajah sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

2. Pilih jenis masker sesuai kondisi kulit wajah

pexels.com/Karolina Kaboompics

Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Untuk tipe kulit normal, kamu bisa menggunakan masker wajah jenis apa pun, baik sheet mask, clay mask, exfoliating mask, maupun lainnya karena aman dan cocok.

Jika kondisi kulit wajahmu sedang berminyak atau berjerawat, sebaiknya gunakan masker wajah jenis clay mask atau mud mask. Masker tersebut mengandung mineral yang dapat membantu membersihkan segala kotoran dan minyak yang menyumbat di pori-pori.

Sementara untuk kulit kering, pilih jenis masker yang berkhasiat melembapkan seperti sheet mask, peel of mask, wash off mask, exfoliating mask, atau sleeping mask. Lalu, jika kulit kamu sedang kusam, cocok menggunakan masker jenis eksfoliasi karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Jenis masker juga akan berbeda untuk kondisi wajah sensitif yang mudah mengalami iritasi. Kamu sebaiknya memilih jenis masker yang mengandung bahan-bahan alami sehingga dapat mengurangi iritasi pada kulit.

3. Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka

pexels.com/Ron Lach

Membersihkan wajah dengan cuci muka menjadi langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebelum memakai masker wajah. Gunakan sabun pencuci muka atau face cleanser yang biasa kamu gunakan. Membersihkan wajah sebelum menggunakan masker dapat membuat kulit lebih bersih, sehingga kandungan masker bisa menyerap secara maksimal.

4. Gunakan uap steam untuk membuka pori-Pori

pexels.com/Lisa Burdeniuk

Cara pakai masker wajah yang benar selanjutnya yaitu menggunakan uap steam. Penggunaan uap steam dapat membantu membuka pori-pori kulit wajahmu agar nutrisi pada masker dapat diserap dengan baik oleh kulit wajah. Selain itu, penguapan dengan steam juga dapat mengeluarkan kotoran dan minyak yang tersumbat dalam pori-pori.

Kalau kamu tidak memiliki steamer di rumah, menggunakan uap dari air hangat bisa jadi pilihan terbaik. Kamu bisa mengarahkan wajah ke dalam baskom yang berisi air hangat, lalu tutup kepalamu dengan kain. Lakukan selama kurang lebih 5 menit.

5. Aplikasikan masker dengan alat khusus

pexels.com/Ivan Samkov

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan masker pada kulit wajah. Menggunakan alat khusus saat pengaplikasian menjadi cara pakai masker wajah yang tepat.

Kalau kamu menggunakan masker gel atau krim, gunakan kuas khusus masker atau brush untuk mengaplikasikan masker ke seluruh permukaan kulit wajah. Hindari menggunakan tangan secara langsung karena bisa saja ada bakteri yang menempel di permukaan tanganmu.

Jika kamu menggunakan masker berbentuk sheet mask, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan sabun agar lebih bersih dan terbebas dari bakteri, ya.

6. Diamkan sampai mengering lalu bersihkan

pexels.com/Anna Shvets

Setelah meratakan masker ke seluruh wajah, diamkan masker hingga setengah mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan pastikan tidak ada sisa masker yang masih menempel di kulit wajah.

Selanjutnya, keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk pelan. Hindari cara mengeringkan wajah dengan handuk secara kasar karena dapat berpotensi merusak lapisan kulit dan membuat iritasi.

7. Gunakan toner setelahnya

pexels.com/Shiny Diamond

Cara pakai masker wajah yang benar berikutnya yaitu menggunakan toner. Toner dapat membantu melembapkan kulit dan mengunci semua manfaat yang diberikan masker. Selain itu, toner juga akan membuat kulit wajah kamu menjadi lebih halus dan bersih.

8. Pakai masker secara rutin

pexels.com/Monstera Production

Pemakaian masker wajah yang dilakukan sesekali tidak akan memberikan khasiat yang nyata pada kulit. Oleh karena itu, kamu harus mengunakannya secara rutin agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

Kamu bisa menggunakan masker wajah tiap 2-3 kali dalam seminggu. Penggunaan yang berlebihan atau terlalu sering juga tidak baik untuk kulit lho, Bela.

Demikian delapan cara pakai masker wajah yang benar. Jangan sampai ada step yang terlewat, ya!

IDN Channels

Latest from Skin