Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Menggunakan Toner Tanpa Kapas, Praktis!

Sudah pernah mencobanya?

Wahyu Fitri Utami

Penggunaan toner dalam rutinitas perawatan kulit menjadi langkah yang sangat krusial untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah. Toner membantu menyeimbangkan pH kulit, serta mengangkat sisa kotoran dan minyak yang masih tertinggal setelah mencuci muka.

Selain itu, toner juga berfungsi untuk mempersiapkan kulit wajah sebelum melakukan skincare routine. Tekstur yang cair membuat toner biasanya diaplikasikan menggunakan kapas.

Tapi, ada juga lho, cara menggunakan toner tanpa kapas yang lebih praktis. Berikut penjelasannya.

1. Pilih toner pads

freepik.com

Cara menggunakan toner tanpa kapas yang bisa kamu pertimbangkan ialah dengan toner pads. Toner pads merupakan inovasi baru produk skincare hasil gabungan dari toner dan kapas. Produk ini berbentuk pads yang direndam dalam cairan toner dan memiliki dua sisi dengan fungsi berbeda.

Sisi kasar toner pads berfungsi untuk mengeksfoliasi, sedangkan sisi lembutnya untuk menghidrasi kulit wajah. Jadi, pilihlah toner pads dengan fungsi yang sesuai jenis dan permasalahan kulitmu, ya,

2. Menggunakan reusable pads

freepik.com

Jika kamu ingin menggunakan kapas yang eco friendly, reusable pads bisa jadi pilihannya. Selain ramah lingkungan, produk ini hemat biaya karena dapat digunakan terus-menerus. Sesuai namanya, reusable pads dapat digunakan kembali setelah dicuci bersih dan dikeringkan.

Kamu hanya perlu menuangkan toner secukupnya ke reusable pads, kemudian aplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Kamu bisa pilih produk reusable pads dari bahan kain yang lembut, misalnya bambu atau microfiber

3. Manfaatkan botol semprot

freepik.com

Memindahkan toner ke botol semprot bisa jadi cara yang praktis. Pertama, tuangkan toner favoritmu ke dalam botol semprot bersih. Setelah itu, semprotkan toner pada jarak 20-30 cm dari wajah agar toner dapat tersebar merata dan tidak menetes.

Terakhir, tepuk-tepuk kulit secara perlahan agar toner meresap dengan baik. Pastikan tanganmu bersih agar tidak ada bakteri yang menempel di kulit wajah, ya. Penggunaan toner dengan metode ini cukup digemari karena mudah dan memberi efek menyegarkan.

4. Menggunakan washcloth

freepik.com

Mengaplikasikan toner menggunakan washcloth atau handuk kecil mungkin jarang dilakukan. Hal ini karena bahan washcloth memiliki daya serap tinggi, sehingga kadar toner yang terserap oleh kulit menjadi berkurang.

Cairan toner akan meresap pada washcloth sehingga terasa terbuang sia-sia. Meskipun bisa menjadi alternatif penggunaan toner tanpa kapas, namun cara ini tidak disarankan karena kurang efektif.

5. Aplikasikan langsung ke wajah

freepik.com

Cara menggunakan toner tanpa kapas yang paling banyak dilakukan adalah dengan mengaplikasikannya langsung ke wajah menggunakan tangan. Pastikan untuk mencuci bersih tanganmu terlebih dahulu dan keringkan.

Setelah itu, tuang toner secukupnya ke telapak tangan dan ratakan. Aplikasikan langsung ke seluruh kulit wajah sembari ditepuk-tepuk secara perlahan. Tujuannya agar toner dapat meresap sempurna ke dalam kulit wajah. Cukup gampang, kan?

Itulah lima cara menggunakan toner tanpa kapas yang mudah dilakukan. Selain menjaga kesehatan kulit wajah, penggunaan toner tanpa kapas juga merupakan upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Tertarik untuk mencobanya?

IDN Channels

Latest from Skin