Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Bahan untuk Eksfoliasi Wajah Alami, Bisa Ditemukan di Dapur!

Nggak perlu keluar budget mahal

Wahyu Fitri Utami

Eksfoliasi merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Saat ini, banyak produk skincare khusus eksfoliasi di pasaran dengan klaim efektivitasnya yang menggiurkan.

Meski begitu, kamu juga bisa mendapatkan hasil eksfoliasi yang memuaskan menggunakan bahan-bahan alami, seperti kopi dan tomat. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk produk eksfoliasi mahal.

Kira-kira bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi wajah alami? Berikut Popbela sajikan rekomendasinya.

1. Kopi

pexels.com/Diana

Tidak hanya menjadi minuman andalan di kala kantuk melanda, kopi ternyata juga memiliki manfaat eksfoliasi yang bagus untuk kulit. Dilansir dari Healthline, biji kopi yang digiling dapat berfungsi sebagai scrub alami yang mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain itu, kopi mengandung tinggi antioksidan yang membantu melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, serta memperbaiki tekstur kulit.

Kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit minyak kelapa, madu, dan gula, kemudian aplikasikan ke wajah. Lalu, bilas dengan air dingin. Jangan lupa gunakan pelembap setelah scrub eksfoliasi kopi.

2. Tomat dan Gula

freepik.com

Tomat merupakan buah kaya vitamin C dan asam sitrat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah. Sementara itu, gula menjadi agen scrub untuk proses eksfoliasi.

Kamu bisa menghaluskan satu atau dua buah tomat dan tambahkan sedikit gula pasir. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan pijat melingkar secara perlahan. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

3. Oatmeal

pexels.com/MART PRODUCTION

Oatmeal dikenal sebagai menu sarapan yang menyehatkan. Nggak hanya itu, oatmeal ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi wajah alami.

Oatmeal memiliki efek menenangkan dan eksfoliasi lembut untuk kulit sensitif. Beta-glucan yang terkandung di dalam oatmeal bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan kulit.

Untuk membuat scrub eksfoliasi dari oatmeal, kamu bisa menghaluskannya hingga menjadi bubuk halus. Tambahkan madu, aplikasikan ke kulit wajahmu, dan bilas dengan air dingin.

4. Baking Soda dan Madu

pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Baking soda dan madu dapat kamu gunakan sebagai bahan untuk eksfoliasi wajah alami. Kombinasi keduanya mampu menjaga pH kulit dan mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Selain itu menurut Medical News Today, kedua bahan tadi juga dapat digunakan pada wajah berjerawat, asalkan memperhatikan intensitas penggunaannya.

5. Pepaya

pexels.com/Any Lane

Pepaya mengandung enzim papain sebagai eksfoliasi alami yang efektif. Enzim ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga kulit baru mudah untuk teregenerasi.

Selain itu, pepaya juga mampu mengurangi masalah jerawat dan meningkatkan elastisitas kulit. Kamu bisa menghaluskan pepaya yang masih muda atau matang kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit.

6. Jeruk Nipis dan Yogurt

pexels.com/Pixabay

Berikutnya, kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis dan yogurt untuk eksfoliasi wajah. Sama seperti tomat, jeruk nipis juga diperkaya asam sitrat dan vitamin C yang efektif dalam menghempas sel-sel kulit mati.

Sementara yogurt mengandung asam laktat yang membantu merangsang regenerasi kulit baru. Kamu bisa blender atau haluskan jeruk nipis dan yogurt hingga teksturnya cukup lembut. Setelah itu, aplikasikan pada wajah secara perlahan.

7. Kulit Pisang

pexels.com/Vanessa Loring

Kulit pisang dikenal mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kulit, seperti vitamin C, karotenoid, antioksidan, dan polifenol. Kandungannya tersebut terbukti mampu mengurangi kelebihan sebum yang menjadi penyebab jerawat, serta membuat kulit lebih lembut.

Jika ingin menggunakan kulit pisang sebagai bahan eksfoliasi, kamu bisa memotong kecil-kecil kulit pisang, lalu campur dengan madu, bubuk kunyit, dan sedikit gula. Gunakan pada wajah secara merata, pijat lembut selama 30-60 detik, lalu bilas dengan air bersih.

Memiliki kulit wajah sehat dan bercahaya tidak harus dengan perawatan mahal. Kamu bisa memanfaatkan bahan eksfoliasi wajah alami yang mudah ditemukan di dapur sebagai rangkaian perawatan wajah.

Kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasinya baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Meski begitu, tetap perhatikan intensitas pemakaiannya, ya.

IDN Channels

Latest from Skin