Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penyebab Leher Hitam, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius  

Jangan anggap remeh, ya

Shavira Annisa

Seringkali area lipatan di tubuh terlewat dalam perhatian, termasuk leher. Ya, salah satu kondisi yang sering dialami orang adalah leher hitam, dimana kondisi kulit di area leher tampak lebih gelap dibandingkan dengan area kulit di sekitarnya.

Kondisi ini seringkali mengurangi kepercayaa diri, karena warna kulit yang menghitam dianggap sebagai tanda kurang menjaga kebersihan. Namun, ada berbagai faktor penyebab leher hitam dan tidak semuanya berhubungan dengan kebersihan. 

Lewat artikel ini, Popbela akan membahas penyebab leher hitam. Simak baik-baik, ya! 

1. Kurangnya kebersihan dan perawatan kulit

herzindagi.com

Salah satu penyebab utama leher hitam adalah kurangnya kebersihan dan perawatan kulit. Area leher sering diabaikan saat mandi atau membersihkan wajah, sehingga kotoran dan sel-sel kulit mati menumpuk. Hal ini bisa menyebabkan warna kulit leher menjadi lebih gelap dibandingkan area lainnya. 

Untuk itu, sebaiknya selalu bersihkan leher dengan sabun setiap kali mandi menjadi langkah yang penting. Eksfoliasi secara rutin juga jangan lupa dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Gunakan scrub dengan butiran lembut minimal seminggu sekali. 

2. Paparan sinar matahari

nivea.co.uk

Paparan sinar matahari secara langsung tanpa perlindungan seperti sunscreen dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit, termasuk di area leher. Kulit di leher lebih rentan terkena sinar UV karena sering terbuka, sehingga bisa menyebabkan produksi melanin berlebih yang menyebabkan kulit menggelap.

Untuk itu, penting menggunakan sunscreen 15 menit sebelum beraktivitas. Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen di leher. Pilih jenis sunscreen dengan SPF minimal 30 agar perlindungan lebih optimal.

3. Gesekan dengan pakaian atau aksesori

ounass.ae

Leher yang sering bergesekan dengan pakaian atau aksesori seperti kalung juga bisa menjadi penyebab kulit leher menghitam. Gesekan yang berulang dapat menyebabkan iritasi dan akhirnya menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap.

Kamu bisa pilih pakaian yang longgar dan nyaman, serta hindari penggunaan aksesori yang dapat menyebabkan iritasi pada leher. Bahan pakaian yang lembut seperti katun bisa mengurangi gesekan pada kulit leher. 

4. Acanthosis nigricans

byrdie.com

Acanthosis nigricans adalah kondisi medis yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap di area tertentu, termasuk leher. Biasanya, kondisi ini dikaitkan dengan resistensi insulin, obesitas, atau masalah hormonal. Kondisi ini membutuhkan penanganan medis karena terkait dengan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Jangan lupa untuk menerapkan diet yang seimbang, ya. Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian, dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

5. Kondisi hormon yang tidak seimbang

seedwellness.co.uk

Ketidakseimbangan hormon, seperti yang terjadi pada orang dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS), juga dapat menyebabkan perubahan warna kulit, termasuk di leher. Hormon yang tidak seimbang bisa memicu peningkatan produksi melanin, yang akhirnya membuat kulit di area tertentu menjadi lebih gelap, termasuk leher.

6. Diabetes

verywellhealth.com

Penyakit diabetes dapat menyebabkan perubahan pada kulit, termasuk munculnya leher hitam. Kondisi ini sering terjadi pada penderita diabetes tipe dua atau pada yang berisiko mengalami resistensi insulin.

Oleh karena itu, sebaiknya segera hindari konsumsi gula berlebih, terutama jika memiliki risiko diabetes, karena dapat memicu resistensi insulin yang bisa memperburuk kondisi leher hitam. Jika leher hitam tidak juga membaik, segera kunjungi dokter untuk dapat penanganan lebih lanjut, ya. 

Leher hitam adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Untuk itu, penting menyadari penyebab leher hitam agar kita bisa menghindarinya! 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin